ULANGAN
HARIAN I PLKJ KELAS VIII |
TAHUN PELAJARAN
2013/2014 |
|
|
|
|
Pilihlah
jawaban dibawah ini yang kamu anggap benar |
1 |
Pejabat pertama yang menjadi walikota |
13 |
Dalam pasal 31 ayat 1 Dewan Perwakilan Daerah |
|
Jakarta periode 1945-1951 adalah … |
|
meminpin di bidang …. |
|
a. Syamsurizal
b. Sudiro |
|
a. Eksekutif b. Legislatif |
|
c. Suwiryo d. Sumarno |
|
c. Yudikatif d. Edukatif |
2 |
Semenjak kota jakarta berubah menjadi Pro- |
14 |
Undang-undang No 22 tahun 1999 berisi tentang |
|
vinsi DKI Jakarta, Gubernur yang menjabat … |
|
Otonomi daerah maka Gubernur dan Wakilnya |
|
a. Syamsurizal
b. Sudiro |
|
dipilih oleh DPRD dalam … |
|
c. Suwiryo d. Sumarno |
|
a. pemilihan langsung
b.pmilihan tidak langsung |
3 |
Berdasarkan
keputusan Menteri dalam negeri tgl 16 |
c. satu paket pemilihan
d. Penunjukkan Presiden |
|
Maret 1950 Pemerintah kotapraja Jakarta, terdiri |
15 |
Lembaga yang bertugas membantu penyelenggaraan |
|
atas sbb, kecuali … |
|
pemerintah daerah adalah … |
|
a. Dewan Perwakilan Kota Sementara (DPS) |
|
a. Dinas-dinas Derah tingkat tinggi propinsi |
|
b. Dewan Pemerintah Harian (BPH) |
|
b. Badan pengawas Daerah |
|
c. Walikota |
|
c. Sekretaris Wilayah Daerah |
|
d. Kabupaten |
|
d. Badan perencanaan Pembangunan daerah |
4 |
Lambang DKI Jakarta yang menggambarkan gelora |
16 |
Lembaga yang bertugas melakukan pengawasan u- |
|
semangat
segala kegiatan diJakarta sebagai Ibukota |
mum atas
penyelenggaraan pemerintah daerah |
|
negara ditujnjukkan dengan slogan … |
|
dan pelaksanaan tugas Departemen dalam negeri |
|
a. Jayaraya b. Jayawijaya |
|
di daerah adalah … |
|
c. Jayabaya d. Jayakarta |
|
a. Dinas-dinas Derah tingkat tinggi propinsi |
5 |
Ombak lautan yang terlukis dalam lambang kota |
|
b. Badan pengawas Daerah |
|
Jakarta menggambarkan … |
|
c. Sekretaris Wilayah Daerah |
|
a. Jakarta merupakan kota metropolitan |
|
d. Badan perencanaan Pembangunan daerah |
|
b. Menjadi pusat perindustrian dan perdagangan |
17 |
Bertugas membantu Gubernur dalam menentukan |
|
c. Kota pelabuhan dan negara Kepulauan |
|
kebijakan dalam perencanaan pembangunan dae- |
|
d. Pusat perbankan dan jasa |
|
rah dan memberi penilaian atas pelaksanaannya … |
6 |
Gubernur DKI yang paling lama menjabat sebagai |
|
a. Dinas-dinas Derah tingkat tinggi propinsi |
|
Kepala Daerah adalah …. |
|
b. Badan pengawas Daerah |
|
a. H. Ali Sadikin b. R. Suprapto |
|
c. Sekretaris Wilayah Daerah |
|
c. Wiyoga Atmodarminto
d.Sutiyoso |
|
d. Badan perencanaan Pembangunan daerah |
7 |
Siapakah nama walikota yang masa jabatannya |
18 |
Berikut ini adalah kecamatan yang terletak di kota |
|
tersingkat adalah … |
|
madya Jakarta Selatan, kecuali … |
|
a. Syamsurizal
b. Sudiro |
|
a. Mampang Prapatan
b. Jagakarsa |
|
c. Suwiryo d. Sumarno |
|
c. Cilandak d. Cengkareng |
8 |
Lambang kota Jakarta berbentuk perisai … |
19 |
Pengurusan KTP dan Kartu keluarga dilayani me- |
|
a. Segitiga b. Segiempat |
|
lalui dinas … |
|
c. Segilima d. Segienam |
|
a. Kependudukan
b. Kesehatan |
9 |
Penyerahan
kekuasaan pemerintahan dari Gubernur |
c. Pendidikan d. Tata kota |
|
Distrik Federal kepada walikota Jakarta disertai |
20 |
Pembentukan dewan kota sebagai lembaga …. |
|
perubahan wilayah yaitu sbb, kecuali …. |
|
a. Eksekutif b. Legislatif |
|
a. Pulau Seribu |
|
c. Yudikatif d. Konsultatif |
|
b. Onderdistrik Cengkareng |
21 |
Tujuan pembentukkan dewan kota di Provinsi DKI |
|
c. Sebagian Onderdistrik Kebayoran |
|
Jakarta adalah untuk membantu … |
|
d. Onderdistrik Bandung |
|
a. walikota dalam penyelenggaraan pemerintahan |
10 |
Gubernur DKI yang sekarang menjabat adalah … |
|
kota agar tercipta
penyelenggaraan pemerintah |
|
a. Sutiyoso
b. Fauzi Bowo |
|
yang demokratis dan
transparan |
|
c. Joko Widodo
d. R. Suprapto |
|
b. Gubernur dalam menyelenggarakan pemerintah |
11 |
Pada
zaman Reformasi masa bakti Gubernur hanya |
yang bersih dan
demokratis |
|
satu
periode, dan diangkat melalui DPRD, tapi sejak |
c. warga masyarakat dalam memperoleh informasi |
|
tahun 2007 pemilihan gubernur melalui PILKADA |
|
dan pelayanan yang
baik dari pemerintah |
|
dan bisa dipilih sebanyak … |
|
d Lembaga swadaya
masyarakat untuk memperoleh |
|
a. Satu periode
b. dua periode |
|
data yang akurat
dan akuntabel. |
|
c. tiga periode
d empat periode |
22 |
Yang tidak termasuk persyaratan menjadi anggota |
12 |
Dalam pasal 31 ayat 1 menyatakan kepala daerah |
|
Dewan kota adalah … |
|
sebagai Gubernur memimpin dibidang … |
|
a. Warga negara Indonesia berusia sekurangnya |
|
a. Eksekutif b. Legislatif |
|
21 tahun |
|
c. Yudikatif d. Edukatif |
|
b. Berpendidikan serendah-rendahnya Sekolah Lan- |
|
|
|
jutan tingkat atas
atau sederajat |
|
|
|
d. Menciptakan sarana dan kondisi transpirasi |
|
|
|
penyelenggaraan
pelayanan pendidikan. |
23 |
Masa bakti dewan kota/kabupaten adalah … |
33 |
Tidak termasuk fungsi dewan pendidikan |
|
a. 4 tahun b. 5 tahun |
|
a. Mendorong agar tumbuh pendidikan yang ber- |
|
c. 6 tahun d 7 tahun |
|
mutu. |
24 |
Yang tidak termasuk
tugas dewan kota adalah … |
|
b. Menolak aspirasi ide dari masyarakat |
|
a.
menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat |
c. Memberi usulan dan pertimbangan kepada pe- |
|
kepada pemerintah
kotamadya. |
|
merintah dan DPRD |
|
b. memberikan masukan kepada pemerintah kota |
|
d. Melakukan evaluasi,
pengawasan dan kebijakan |
|
dalam penetapan
kebijakan. |
|
program
pendidikan. |
|
c. tidak ikut mengawasi penyelenggaraan pemerintah |
34 |
Peran serta Dewan Pendidikan adalah memberi |
|
kotamadya. |
|
pertimbangan dalam kebijakan pendidikan disebut |
|
d. membantu menjelaskan kebijakkan pemerintah |
|
a. Advisary body
b. Supporting agency |
|
kepada masyarakat. |
|
c. Controling agency
d. Mediasi agency |
25 |
Hak dan wewenang anggota dewan Anggota dewan |
35 |
Peran serta dewan pendidikan sebagai pengontrol |
|
kota adalah sbb, kecuali … |
|
untuk menjaga transpirasi dan akuntabilitas … |
|
a. Hak mengajukan pertanyaan |
|
a. Advisary body
b. Supporting agency |
|
b. hak mengajukkan anggaran kepada pemerintah |
|
c. Controling agency
d. Mediasi agency |
|
c. hak mengajukan pernyataan pendapat |
36 |
Peran serta dewan pendidikan sebagai pendukung |
|
d. hak mengajukkan usul |
|
baik finansial maupun tenaga disebut … |
26 |
Kewajiban anggota dewan kota antara lain … |
|
a. Advisary body
b. Supporting agency |
|
a. mendorong partisipasi masyarakat kelurahan |
|
c. Controling agency
d. Mediasi agency |
|
dalam
penyelenggaraan pemerintahan kotamadya |
37 |
Bantuan pemerintah dalam menciptakan prasarana |
|
b. bertempat tinggal dikelurahan sekurang-kurang |
|
sekolah dinamakan … |
|
nya 3 tahun
berturut-turut |
|
a. BOP b. BOS |
|
c. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha esa |
|
c. School Grant
d. SSN |
|
d. Warga negara Indoneia yang telah berusia |
38 |
Bantuan dari pemerintah Daerah
untuk sekolah- |
|
sekurang-kurangnya
21 tahun. |
|
Negeri baik SSN maupun sekolah reguler … |
27 |
Pemberhentian dan penggantian antar waktu |
|
a. BOP b. BOS |
|
disebabkan oleh sbb, kecuali
…. |
|
c. School Grant
d. SSN |
|
a. permintaan sendiri secara tertulis |
39 |
Bantuan dari Pemerintah Pusat untuk Sekolah Ne- |
|
b.
Tidak lagi bertempat tinggal diwilayah kecamatan |
geri dan Swasta untuk operasional sekolah … |
|
yang diwakilinya. |
|
a. BOP b. BOS |
|
c. masih memenuhi persyaratan yang ditetapkan |
|
c. School Grant
d. SSN |
|
d. Meninggal dunia. |
40 |
Tujuan dibentuknya Komite sekolah adalah Sbb, |
28 |
Sekretariat
dewan kota dipimpin oleh seorang sekre- |
kecuali … |
|
taris yang diangkat oleh Gubernur dari …. |
|
a. Mewadahi dan menyalurkan aspirasi masyara- |
|
a. TNI -AD b. PNS |
|
kat dalam dunia
pendidikan. |
|
c. Tokoh
masyarakat d. pemuka adat |
|
b. Meningkatkan
tanggung jawab masyarakat |
29 |
Biaya yang diperlukan dalam penyelenggaraan |
|
terhadap
pendidikan. |
|
kegiatan dewan kota dibebankan kapada … |
|
c. Menciptakan situasi dan kondisi yang transparan |
|
a. APBD b. APBN |
|
d. ikut campur dalam penanganan siswa bermasa- |
|
c. Pajak masyarakat
d. bantuan luar negeri |
|
lah di sekolah. |
30 |
Persyaratan keanggotaan dewan kelurahan adalah |
41 |
Lambang (Landmark) kota Jakarta adalah… |
|
a. warga negara Indonesia |
|
a. Monumen nasional
b. patung pemuda |
|
b. Berpendidikan minimal SD sederajat |
|
c. Patung selamat datang
d. Kemayoran |
|
c. Tidak mewakili partai politik tertentu. |
42 |
Pelabuhan pertama kota Jakarta adalah … |
|
d. anggota masyarakat yang dipilih dari RW |
|
a. Tanjung priuk b. Sunda Kelapa |
31 |
UU No 2 tahun 1989 berisi tentang …. |
|
c. Tanjung perak d. Tanjung emas |
|
a. sistem pendidikan nasional |
43 |
Museum yang menyimpan kasanah angkatan ber- |
|
b. peran serta masyarakat dalam pendidikan |
|
senjata dan sejarah TNI adalah
museum … |
|
c. kewenangan pemerintah daerah otonomi |
|
a. satria mandala
b. Geeologi |
|
d. sistem pemerintahan daerah. |
|
c. Batik dan wayang
d. Museum pusat |
32 |
Yang tidak termasuk
tujuan dewan pendidikan … |
44 |
Provinsi DKI Jakarta terbagi dalam …. Kotamadya. |
|
a.
Mewadahi dan menyalurkan aspirasi prakarsa ma- |
a. 4 b. 5 c. 6 d. 7 |
|
syarakat melakukan
kebijakan program pendidikan. |
45 |
Kepanjangan BPD adalah …. |
|
b.
Meningkatkan tanggung jawab dan peran aktif dari |
a. Badan perencanaan Daerah |
|
seluruh
penyelenggaraan pendidikan. |
|
b. Badan pengawas Daerah |
|
c.
membubarkan komite sekolah yang sudah dibentuk |
c. Badan Pembangunan
Daerah |
|
d. Meningkatkan
tanggung jawab masyarakat |
|
d. Badan Pengembangan
Daerah |
|
terhadap
pendidikan. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
* Good Luck
* |
|
|
|
|
|
|
|
|
ULANGAN HARIAN KE 1
PLKJ KELAS VIII |
TAHUN PELAJARAN
2012/2013 |
|
|
|
|
Pilihlah
jawaban dibawah ini dengan benar ! |
|
|
1 |
Warga Jakarta terdiri berbagai lapisan masyarakat |
|
b. lingkungan budaya |
|
yang berbeda baik suku, budaya, dan agama dina- |
|
c. lingkungan kultural historis |
|
makan masyarakat yang … |
|
d. lingkungan alam sekitar |
|
a. pluralitis b. homogen |
10 |
Di Jakarta berkembang berbagai jenis agama, |
|
c. Heterogen d. majemuk |
|
tempat ibadah umat Budha adalah …. |
2 |
Akibat arus urbanisasi dari desa ke kota berdam- |
|
|
|
pak pada pemukiman penduduk adalah …. |
|
c. Masjid d. Klenteng |
|
a. lahan tempat tinggal terlalu sempit |
11 |
Norma yang mengacu pada kesempurnaan moral |
|
b. timbul berbagai kejahatan,dan perampokan |
|
untuk tidak diabaikan dan dilanggar disebut … |
|
c. timbul tawuran antar kelompok etnis |
|
a. norma hukum
b. Norma sopan santun |
|
d.Bertambahnya penggangguran |
|
c.Norma keagamaan d.
norma adat |
3 |
Dampak bertambahnya penduduk
kota pada |
12 |
Norma yang harus dijaga dalam pergaulan dan |
|
keamanan di masyarakat adalah …. |
|
dibudayakan kesopanan sebagai bentuk rasa |
|
a. lahan tempat tinggal terlalu sempit |
|
hormat menghormati dinamakan …. |
|
b. timbul berbagai kejahatan,dan perampokan |
|
a. norma hukum
b. Norma sopan santun |
|
c. timbul tawuran antar kelompok etnis |
|
c.Norma keagamaan d.
norma adat |
|
d. Bertambahnya pengangguran |
13 |
Pada saat kita makan berbicara dan tertawa-tawa |
4 |
Kejadian yang tidak merusak kehdupan di masya- |
|
termasuk melanggar norma …. |
|
rakat adalah … |
|
a. norma hukum
b. Norma sopan santun |
|
a. Tawuran antar pelajar sekolah |
|
c.Norma keagamaan d.
norma adat |
|
b. bentrok antar warga masyarakat di satu wilayah |
14 |
Pendaki gunung yang berkata-kata kotor dan meru- |
|
c. perkelahian antar anggota Dewan |
|
sak kelestarian hutan larangan di wilayah suku |
|
d. Pertandingan tinju di gelanggang olahraga |
|
Badui dalam dianggap melanggar …. |
5 |
Pernyataan dibawah ini yang benar adalah …. |
|
a. norma hukum
b. Norma sopan santun |
|
a. Manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan |
|
c.Norma keagamaan d.
norma adat |
|
dalam hidup dan tak
bisa hidup mandiri tanpa |
15 |
Sepasang remaja yang bermesraan ditempat ke- |
|
bantuan orang lain. |
|
ramaian dapat dikatakan melanggar … |
|
b. Akibat urbanisasi menyebabkan menurunnya |
|
a. norma susila
b. Norma sopan santun |
|
tingkat pengangguran
dikota besar. |
|
c.Norma keagamaan d.
norma adat |
|
c. Dalam memenuhi kehidupan sehari-hari manu- |
16 |
Suatu keadaan yang mencerminkan kesadaran ma- |
|
sia bisa langsung
menikmati hasil kerjanya sen- |
|
syarakat dalam mentaati peraturan perundang- |
|
diri |
|
undangan dan norma yang berlaku di masyarakat |
|
d. Sebagai mahluk ciptaan Tuhan, manusia memili- |
|
dinamakan … |
|
ki kodrat yang sama
dengan mahluk Tuhan lain. |
|
a. Tertib sosial |
6 |
Untuk menciptakan kehidupan di masyarakat yang |
|
b. tertib lingkungan pekerjaan |
|
harmonis dan mencegah terjadinya tawuran maka |
|
c. tertib lingkungan pendidikan |
|
sikap yang kita lakukan adalah …. |
|
d. tertib tempat bersejarah dan ibadah |
|
a. saling mempertahankan pendapat |
17 |
Lingkungan pendidikan disebut juga dengan …. |
|
b. menghargai pendapat orang lain |
|
a. wawasan nusantara |
|
c. saling mempertahankan kelompok dan golongan |
|
b. wiyata mandala |
|
d. saling mempertahankan pendapat sendiri |
|
c. lingkungan kultural historis |
7 |
Apabila ada perbedaan pendapat di masyarakat |
|
d. Lingkungan sosial
budaya |
|
sebaiknya dilakukan …. |
18 |
Tempat bersejarah yang digunakan untuk menyim- |
|
a. musyawarah untuk mufakat |
|
pan alutsita dan replika perjuangan bangsa Indo- |
|
b. diadakan voting suara terbanyak |
|
nesia melawan penjajahan adalah museum …. |
|
c. diselesaikan dengan cara adat setempat |
|
a. Fatahillah b. Bahari |
|
d. dituntaskan dengan cara represif |
|
c. Tugu proklamator
d. Satria mandala |
8 |
Kehidupan yang tidak nyaman di masyarakat akan |
19 |
Lingkungan sosial budaya yang positif antara lain: |
|
terjadi apabila …. |
|
a. pergaulan bebas yang cenderung meninggalkan |
|
a. menghargai kepercayaan orang lain |
|
norma-norma agama |
|
b. menghargai pendapat orang lain |
|
b. obat-obatan dan minuman terlarang, yang meru- |
|
c. saling mempertahankan kelompok dan golongan |
|
gikan kehidupan
manusia |
|
d. Pengendalian emosi |
|
c. memakai pakaian yang tidak sopan sehingga |
9 |
Keadaan sistem nilai budaya, adat istiadat, dan |
|
memancing orang lain
berbuat jahat |
|
cara hidup masyarakat yang mengelilingi kehidu- |
|
d. Hidup gotong royong, yang merupakan salah sa- |
|
pan seseorang dinamakan …. |
|
tu kegiatan untuk
meringankan beban kehidupan |
|
a. Lingkungan sosial budaya |
|
di masyarakat. |
|
|
|
|
|
|
|
|
20 |
Penduduk yang tidak memiliki pekerjaan |
30 |
Bentuk-bentuk kepedulian pemerintah terhadap |
|
dinamakan …. |
|
pembinaan masyarakat yang tinggal di rumah sing- |
|
a. Tuna rungu
b. tuna wisma |
|
gah, diantaranya dibidang pendidikan …. |
|
c. Tuna karya
d. Tuna netra |
|
a. pembinaan mental spiritual |
21 |
Penduduk yang tidak memilik tempat tinggal |
|
b. pembinaan kelanjutan studi |
|
dinamakan …. |
|
c. pembinaan ketrampilan |
|
a. Tuna rungu
b. tuna wisma |
|
d. pembinaan seni dan olahraga |
|
c. Tuna karya
d. Tuna netra |
31 |
Kerukunan bermasyarakat dapat terwujud di Jakarta |
22 |
Cara yang diakukan bila melihat teman kita yang |
|
dibidang agama dengan adanya sikap …. |
|
sudah menyimpang dari nilai-nilai budaya positif |
|
a.tidak adanya pola hidup yang individualistis |
|
adalah dengan melakukan …. |
|
b. toleransi dalam kehidupan beragama |
|
a. memberinya pujian dan dukungan |
|
c. mengadopsi pengaruh asing yang negatif |
|
b. menegur dan menasehatinya |
|
d. gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat |
|
c. ikut-ikutan dengan perbuatannya yang salah |
32 |
Unsur yang ada dilingkungan pendidikan adalah…. |
|
d. menghakiminya beramai-ramai |
|
a. Kepala Sekolah, Guru, Siswa, Tata Usaha |
23 |
Suatu keadaan yang menggambarkan terciptanya |
|
b. KepalaSekolah, Komite, Dewan pendidikan, LSM |
|
situasi yang dikehendaki dengan tidak memandang |
|
c. Guru, Siswa, Pengawas, warga masyarakat |
|
perbedaan-perbedaan di masyarakat disebut… |
|
d. Guru, Siswa, Kantin, LSM Pendidikan |
|
a. kerukunan bermasyarakat |
33 |
Kepentingan umum harus
didahulukan dari ke- |
|
b. pembinaan hidup bermasarakat |
|
pentingan pribadi , contohnya adalah …. |
|
c. Penyesuaian diri dengan lingkungan masyarakat |
|
a. memberikan kesempatan duduk ibu-ibu dan anak- |
|
d. ruang lingkup lingkungan sosial budaya |
|
anak di dalam bis
kota |
24 |
Suatu bentuk bangunan yang telah disediakan oleh |
|
b. menyerobot antrian ketika membeli tiket |
|
pemerintah yang berfungsi untuk menampung ma- |
|
c. tidak memberikan bantuan kepada korban yang |
|
syarakat yang tidak jelas identitas dan tempat |
|
mengalami musibah
kebanjiran. |
|
tinggalnya dinamakan …. |
|
d. tidak pernah ikut dalam kegiatan kerja bakti |
|
a. tempat ibadah b. rumah jompo |
|
di lingkungan. |
|
c. panti asuhan
d. rumah singgah |
34 |
Sebagai mahluk ciptaan Tuhan, manusia mempunyai |
25 |
Katagori masyarakat yang tidak jelas identitas dan |
|
kelebihan dibandingkan dengan mahluk ciptaan |
|
tempat tinggal adalah
sbb, kecuali …. |
|
Tuhan yang lain, karena manusia dikaruniai … |
|
a. gelandangan dan pengemis |
|
a. naluri b. akal budi |
|
b. masyarakt yang tinggal di kolong jembatan |
|
c. akal sehat d. akal-akalan |
|
c. masyarakat yang tinggal di bantalan kali |
35 |
Didunia ini manusia tidak dapat hidup sendiri dan |
|
d. masyarakat yang tinggal di perumahan |
|
selalu berhubungan dengan manusia yang lain, |
26 |
Keberadaan rumah singgah berada dibawah |
|
karena manusia merupakan mahluk …. |
|
naungan … |
|
a. sosial b. individu |
|
a. Departemen Perumahan & Transmigrasi |
|
c. pribadi d. bermasyarakat |
|
b. Departemen Sosial |
36 |
Memberi bantuan dan mengunjungi panti asuhan |
|
c. Departemen pendidikan dan kebudayaan |
|
merupakan kegiatan …. |
|
d.Departemen perhubungan dan komunikasi |
|
a. kemasyarakatan
b. ekonomi |
27 |
Anak-anak mendapat kesempatan untuk melanjut- |
|
c. budaya d. sosial |
|
kan pendidikan sesuai tingkatannya termasuk …. |
37 |
Sikap seorang anak menjadi baik atau buruk sangat |
|
a. pembinaan mental spiritual |
|
dipengaruhi oleh …. |
|
b. pembinaan kelanjutan studi |
|
a. alam b. sosial |
|
c. pembinaan ketrampilan |
|
c. lingkungan
d. kebudayaan |
|
d.pembinaan seni dan olahraga |
38 |
Kehidupan yang aman, damai, tentram dan sejah- |
28 |
Memberikan pelatihan terhadap bakat yang dimiliki |
|
tera merupakan dambaan setiap orang. Dambaan |
|
sebagai modal dalam kehidupan di masa datang |
|
itu dapat terwujud apabila …. |
|
termasuk pembinaan … |
|
a. saling menjaga diri |
|
a. pembinaan mental spiritual |
|
b. saling menjaga keamanan |
|
b. pembinaan kelanjutan studi |
|
c. memelihara hidup pribadi sendiri |
|
c. pembinaan ketrampilan |
|
d. saling menjaga, menghargai dan menghormati |
|
d.pembinaan seni dan olahraga |
39 |
Pola pikir manusia yang satu dengan yang lain ber- |
29 |
Menyediakan para pembina untuk memberikan |
|
beda-beda. Pada umumnya dipengaruhi oleh …. |
|
bimbingan dan penyuluhan baik dari segi agama |
|
a. faktor pendidikan
b. faktor lingkungan |
|
sosial dan budaya dinamakan …. |
|
c. faktor kekayaan
d. faktor sosial |
|
a. pembinaan mental spiritual |
40 |
Kegiatan yang dapat melahirkan pola hidup keber- |
|
b. pembinaan kelanjutan studi |
|
samaan dalam kehidupan bermasyarakat adalah…. |
|
c. pembinaan ketrampilan |
|
a. Pesta ulang tahun
b. gotong royong |
|
d.pembinaan seni dan olahraga |
|
c. rekreasi bersama
d. tawuran antar warga |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.