Rabu, 13 Oktober 2010

AFRIKA : THE BLACK CONTINENT

    Benua Afrika adalah benua terbesar kedua di dunia dalam hal wilayah dan jumlah penduduk setelah Asia. Wilayahnya meliputi seperlima daratan dunia. Gurun pasir terbesar di dunia, yakni Sahara, terbentang di Afrika bagian utara. Gurun pasir ini hampir seluas negara Amerika Serikat (AS). Di Afrika juga terdapat sungai terpanjang di dunia, yakni Sungai Nil.
Gajah Afrika, mamalia darat terbesar di muka bumi
    Penduduk Afrika mencapai sekitar 900 juta orang, dengan populasi terbanyak (75%) berasal dari keturunan Afrika kulit hitam. Sisanya berasal dari keturunan Arab, Berber, Eropa dan Asia. Sebagian besar penduduk kulit hitam menempati bagian selatan Sahara, bagian utaranya ditempati keturunan Arab dan Berber. Keturunan Eropa menempati bagian selatan Afrika.
    Lebih dari 800 bahasa digunakan di Afrika, namun yang paling luas penggunaannya adalah bahasa Arab, Swahili dan Hausa. Ratusan agama tradisional terdapat di Afrika karena masing-masing etnik memiliki kepercayaannya sendiri. Sekitar 150 juta penduduknya beragama Islam. Agama Kristen dianut oleh sekitar 130 juta penduduk.

Gurun Sahara di Afrika Utara
Sejarah Afrika
    Afrika sering disebut tempat kelahiran ras manusia. Beberapa fosil tertua berbentuk manusia ditemukan di Afrika bagian Timur dan Selatan. Para ahli berkesimpulan bahwa manusia sudah hidup di Afrika bagian timur dua juta tahun yang lalu. Tanah subur di lembah Nil menunjang pertumbuhan masyarakat Afrika yang kemudian berkembang menjadi negara kecil dan menjadi satu peradaban besar dengan Menes sebagai raja Mesir pada tahun 3100 SM.
    Pada tahun 500 M agama kristen memasuki Afrika bagian utara. Masuknya Islam merupakan salah satu perkembangan terpenting dalam sejarah Afrika. Bangsa Arab dan Islam berhasil membangun kekhalifahan yang terbentang dari Timur Tengah melintasi Afrika bagian utara hingga Spanyol pada tahun 710 M.
    Sejak tahun 1400-an Eropa memasuki Afrika dan menjadikan orang kulit hitam Afrika sebagai budak mereka. Pada awal tahun 1900-an Afrika telah terbagi dalam beberapa daerah koloni Eropa. Banyak masyarakat Afrika melakukan perlawanan terhadap pemerintahan kolonial. Baru pada pertengahan 1960-an hampir seluruh bangsa Afrika memperoleh kemerdekaan dari Eropa.

Karavan Unta melintasi Gurun Sahara, di Afrika Utara
Ekonomi
    Perekonomian Afrika ditunjang oleh sektor pengolahan hasil pertanian (agrikultur), seperti kakao, kopi, pisang, kapas, kacang, karet, gula, dan teh. Sektor pertambangan mencapai setengah nilai ekspor Afrika. Namun kekayaan mineral ini tidak tersebar secara merata. Afrika Selatan, Libya, Nigeria, Aljazair, dan Zambia adalah pengekspor terbesar mineral Afrika.

Suku Tuareg di Afrika Barat laut
Afrika Utara
    Afrika Utara terletak di sepanjang laut Mediterania sehingga kawasan ini lebih dekat hubungannya dengan Eropa dan Timur Tengah. Kawasan ini meliputi Mauritania, Maroko, Aljazair, Tunisia, Libya dan Mesir. Pada masa lalu wilayah Afrika Utara dikenal dengan nama Magrribi.
    Sekitar setengah populasi penduduk Afrika Utara tinggal di pedesaan. Banyak penduduk pedesaan dan sebagian penduduk perkotaan di Afrika Utara mengenakan pakaian tradisional. Laki-laki memakai pakaian seperti jubah panjang yang longgar dan sorban (penutup kepala). Kaum perempuan memakai pakaian panjang dengan semacam kerudung kepala dan banyak diantaranya memakai penutup muka (burqa) sehingga hanya matanya saja yang terlihat.

Suku Bushmen, di Kalahari, Afrika Barat Daya

Kalahari
    Kalahari adalah nama gurun pasir terbesar di Afrika bagian selatan. Permukaan gurun ini tertutup tanah yang pada umumnya berupa pasir lunak berwarna merah. Gurun Kalahari berbentuk cekung mirip piring. Karena itu oleh para ahli geografi gurun ini disebut sebagai cekungan Kalahari.
Suku Masai di Kalahari dan Afrika Tenggara

Sahara Selatan
    Sebagian besar penduduk di selatan sahara adalah orang Afrika kulit hitam. Mereka umumnya hidup di pedesaan dan bekerja sebagai petani dan peternak. Pertaniannya meliputi gandum, jagung, kacang, pisang, dan beras. Petani juga berternak ayam, kambing, domba dan Unta.
    Benua Afrika memiliki ribuan spesies hewan liar mamalia, reptil, amfibi, ikan dan serangga. Kawanan kerbau, jerapah, dan zebra menempati padang rumput kawasan timur dan selatan. Gajah hidup di bagian timur dan tenggara. Buaya dan kuda nil hidup di sungai dan rawa tropis. Kera dan simpanse tinggal di hutan. Burung Flamengo, pelikan dan angsa dapat ditemukan di Afrika bagian selatan dan timur. Burung unta hidup di barat Sahara.

Suku Zulu, Afrika Selatan
Negara Terbesar dan Terkecil.
    Negara terbesar di Afrika sebelumnya adalah Sudan dengan luas wilayah mencapai lebih dari 2,5 juta km2, namun semenjak Sudan selatan memperoleh kemerdekaan terpisah dari Sudan, maka negara terluas di Afrika adalah Aljazair dengan luas wilayah mencapai 2,4 juta Km2. Sedangkan negara terkecil di benua ini adalah Seychelles di samudera Hindia yang hanya memiliki wilayah seluas 455 km2. Rata-rata jumlah penduduk di negara-negara Afrika adalah sekitar 5 juta orang sedangkan Nigeria dan Mesir merupakan negara berpenduduk tertinggi di Afrika.

Suku Surma, di Sahara Selatan

Sungai Kongo
    Sungai terpanjang di Afrika adalah sungai Nil (6.500 km), namun sungai yang memiliki aliran lebih luas di benua ini adalah sungai Kongo yang disebut juga sungai Zaire. Lembah sungai ini merupakan terbesar kedua di dunia setelah lembah sungai Amazon di Amerika Selatan. Di bagian tengah daeah aliran sungai ini terdapat salah satu hutan basah tropis yang paling luas dan paling lebat di dunia. Garis Khatulistiwa melintasi bagian tengah hutan basah ini. Berbagai jenis flora maupun fauna hidup di sini, seperti gorila dan antelop.

Sungai Kongo, jantungnya Afrika
Luas dan Bagian Terjauh
    Total luas wilayah benua Afrika diperkirakan sebesar 30.365.000 km2. Panjang dari Utara ke Selatan sekitar 8.000 km, sedangkan dari timur ke barat sekitar 7.400 km. Bagian paling utara adalah daerah Abyad, Tunisia, bagian paling selatan adalah Cape agulhas, Afrika Selatan. Adapun bagian paling timur adalah daerah Xaafun, di negara Somalia dan bagian paling barat adalah daerah Almadi di negara Senegal.

Sumber : Ensiklopedi Umum Untuk Pelajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.