ULANGAN
HARIAN I PLKJ KELAS VIII |
TAHUN PELAJARAN
2013/2014 |
|
|
|
|
Pilihlah
jawaban dibawah ini yang kamu anggap benar |
1 |
Pejabat pertama yang menjadi walikota |
13 |
Dalam pasal 31 ayat 1 Dewan Perwakilan Daerah |
|
Jakarta periode 1945-1951 adalah … |
|
meminpin di bidang …. |
|
a. Syamsurizal
b. Sudiro |
|
a. Eksekutif b. Legislatif |
|
c. Suwiryo d. Sumarno |
|
c. Yudikatif d. Edukatif |
2 |
Semenjak kota jakarta berubah menjadi Pro- |
14 |
Undang-undang No 22 tahun 1999 berisi tentang |
|
vinsi DKI Jakarta, Gubernur yang menjabat … |
|
Otonomi daerah maka Gubernur dan Wakilnya |
|
a. Syamsurizal
b. Sudiro |
|
dipilih oleh DPRD dalam … |
|
c. Suwiryo d. Sumarno |
|
a. pemilihan langsung
b.pmilihan tidak langsung |
3 |
Berdasarkan
keputusan Menteri dalam negeri tgl 16 |
c. satu paket pemilihan
d. Penunjukkan Presiden |
|
Maret 1950 Pemerintah kotapraja Jakarta, terdiri |
15 |
Lembaga yang bertugas membantu penyelenggaraan |
|
atas sbb, kecuali … |
|
pemerintah daerah adalah … |
|
a. Dewan Perwakilan Kota Sementara (DPS) |
|
a. Dinas-dinas Derah tingkat tinggi propinsi |
|
b. Dewan Pemerintah Harian (BPH) |
|
b. Badan pengawas Daerah |
|
c. Walikota |
|
c. Sekretaris Wilayah Daerah |
|
d. Kabupaten |
|
d. Badan perencanaan Pembangunan daerah |
4 |
Lambang DKI Jakarta yang menggambarkan gelora |
16 |
Lembaga yang bertugas melakukan pengawasan u- |
|
semangat
segala kegiatan diJakarta sebagai Ibukota |
mum atas
penyelenggaraan pemerintah daerah |
|
negara ditujnjukkan dengan slogan … |
|
dan pelaksanaan tugas Departemen dalam negeri |
|
a. Jayaraya b. Jayawijaya |
|
di daerah adalah … |
|
c. Jayabaya d. Jayakarta |
|
a. Dinas-dinas Derah tingkat tinggi propinsi |
5 |
Ombak lautan yang terlukis dalam lambang kota |
|
b. Badan pengawas Daerah |
|
Jakarta menggambarkan … |
|
c. Sekretaris Wilayah Daerah |
|
a. Jakarta merupakan kota metropolitan |
|
d. Badan perencanaan Pembangunan daerah |
|
b. Menjadi pusat perindustrian dan perdagangan |
17 |
Bertugas membantu Gubernur dalam menentukan |
|
c. Kota pelabuhan dan negara Kepulauan |
|
kebijakan dalam perencanaan pembangunan dae- |
|
d. Pusat perbankan dan jasa |
|
rah dan memberi penilaian atas pelaksanaannya … |
6 |
Gubernur DKI yang paling lama menjabat sebagai |
|
a. Dinas-dinas Derah tingkat tinggi propinsi |
|
Kepala Daerah adalah …. |
|
b. Badan pengawas Daerah |
|
a. H. Ali Sadikin b. R. Suprapto |
|
c. Sekretaris Wilayah Daerah |
|
c. Wiyoga Atmodarminto
d.Sutiyoso |
|
d. Badan perencanaan Pembangunan daerah |
7 |
Siapakah nama walikota yang masa jabatannya |
18 |
Berikut ini adalah kecamatan yang terletak di kota |
|
tersingkat adalah … |
|
madya Jakarta Selatan, kecuali … |
|
a. Syamsurizal
b. Sudiro |
|
a. Mampang Prapatan
b. Jagakarsa |
|
c. Suwiryo d. Sumarno |
|
c. Cilandak d. Cengkareng |
8 |
Lambang kota Jakarta berbentuk perisai … |
19 |
Pengurusan KTP dan Kartu keluarga dilayani me- |
|
a. Segitiga b. Segiempat |
|
lalui dinas … |
|
c. Segilima d. Segienam |
|
a. Kependudukan
b. Kesehatan |
9 |
Penyerahan
kekuasaan pemerintahan dari Gubernur |
c. Pendidikan d. Tata kota |
|
Distrik Federal kepada walikota Jakarta disertai |
20 |
Pembentukan dewan kota sebagai lembaga …. |
|
perubahan wilayah yaitu sbb, kecuali …. |
|
a. Eksekutif b. Legislatif |
|
a. Pulau Seribu |
|
c. Yudikatif d. Konsultatif |
|
b. Onderdistrik Cengkareng |
21 |
Tujuan pembentukkan dewan kota di Provinsi DKI |
|
c. Sebagian Onderdistrik Kebayoran |
|
Jakarta adalah untuk membantu … |
|
d. Onderdistrik Bandung |
|
a. walikota dalam penyelenggaraan pemerintahan |
10 |
Gubernur DKI yang sekarang menjabat adalah … |
|
kota agar tercipta
penyelenggaraan pemerintah |
|
a. Sutiyoso
b. Fauzi Bowo |
|
yang demokratis dan
transparan |
|
c. Joko Widodo
d. R. Suprapto |
|
b. Gubernur dalam menyelenggarakan pemerintah |
11 |
Pada
zaman Reformasi masa bakti Gubernur hanya |
yang bersih dan
demokratis |
|
satu
periode, dan diangkat melalui DPRD, tapi sejak |
c. warga masyarakat dalam memperoleh informasi |
|
tahun 2007 pemilihan gubernur melalui PILKADA |
|
dan pelayanan yang
baik dari pemerintah |
|
dan bisa dipilih sebanyak … |
|
d Lembaga swadaya
masyarakat untuk memperoleh |
|
a. Satu periode
b. dua periode |
|
data yang akurat
dan akuntabel. |
|
c. tiga periode
d empat periode |
22 |
Yang tidak termasuk persyaratan menjadi anggota |
12 |
Dalam pasal 31 ayat 1 menyatakan kepala daerah |
|
Dewan kota adalah … |
|
sebagai Gubernur memimpin dibidang … |
|
a. Warga negara Indonesia berusia sekurangnya |
|
a. Eksekutif b. Legislatif |
|
21 tahun |
|
c. Yudikatif d. Edukatif |
|
b. Berpendidikan serendah-rendahnya Sekolah Lan- |
|
|
|
jutan tingkat atas
atau sederajat |
|
|
|
d. Menciptakan sarana dan kondisi transpirasi |
|
|
|
penyelenggaraan
pelayanan pendidikan. |
23 |
Masa bakti dewan kota/kabupaten adalah … |
33 |
Tidak termasuk fungsi dewan pendidikan |
|
a. 4 tahun b. 5 tahun |
|
a. Mendorong agar tumbuh pendidikan yang ber- |
|
c. 6 tahun d 7 tahun |
|
mutu. |
24 |
Yang tidak termasuk
tugas dewan kota adalah … |
|
b. Menolak aspirasi ide dari masyarakat |
|
a.
menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat |
c. Memberi usulan dan pertimbangan kepada pe- |
|
kepada pemerintah
kotamadya. |
|
merintah dan DPRD |
|
b. memberikan masukan kepada pemerintah kota |
|
d. Melakukan evaluasi,
pengawasan dan kebijakan |
|
dalam penetapan
kebijakan. |
|
program
pendidikan. |
|
c. tidak ikut mengawasi penyelenggaraan pemerintah |
34 |
Peran serta Dewan Pendidikan adalah memberi |
|
kotamadya. |
|
pertimbangan dalam kebijakan pendidikan disebut |
|
d. membantu menjelaskan kebijakkan pemerintah |
|
a. Advisary body
b. Supporting agency |
|
kepada masyarakat. |
|
c. Controling agency
d. Mediasi agency |
25 |
Hak dan wewenang anggota dewan Anggota dewan |
35 |
Peran serta dewan pendidikan sebagai pengontrol |
|
kota adalah sbb, kecuali … |
|
untuk menjaga transpirasi dan akuntabilitas … |
|
a. Hak mengajukan pertanyaan |
|
a. Advisary body
b. Supporting agency |
|
b. hak mengajukkan anggaran kepada pemerintah |
|
c. Controling agency
d. Mediasi agency |
|
c. hak mengajukan pernyataan pendapat |
36 |
Peran serta dewan pendidikan sebagai pendukung |
|
d. hak mengajukkan usul |
|
baik finansial maupun tenaga disebut … |
26 |
Kewajiban anggota dewan kota antara lain … |
|
a. Advisary body
b. Supporting agency |
|
a. mendorong partisipasi masyarakat kelurahan |
|
c. Controling agency
d. Mediasi agency |
|
dalam
penyelenggaraan pemerintahan kotamadya |
37 |
Bantuan pemerintah dalam menciptakan prasarana |
|
b. bertempat tinggal dikelurahan sekurang-kurang |
|
sekolah dinamakan … |
|
nya 3 tahun
berturut-turut |
|
a. BOP b. BOS |
|
c. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha esa |
|
c. School Grant
d. SSN |
|
d. Warga negara Indoneia yang telah berusia |
38 |
Bantuan dari pemerintah Daerah
untuk sekolah- |
|
sekurang-kurangnya
21 tahun. |
|
Negeri baik SSN maupun sekolah reguler … |
27 |
Pemberhentian dan penggantian antar waktu |
|
a. BOP b. BOS |
|
disebabkan oleh sbb, kecuali
…. |
|
c. School Grant
d. SSN |
|
a. permintaan sendiri secara tertulis |
39 |
Bantuan dari Pemerintah Pusat untuk Sekolah Ne- |
|
b.
Tidak lagi bertempat tinggal diwilayah kecamatan |
geri dan Swasta untuk operasional sekolah … |
|
yang diwakilinya. |
|
a. BOP b. BOS |
|
c. masih memenuhi persyaratan yang ditetapkan |
|
c. School Grant
d. SSN |
|
d. Meninggal dunia. |
40 |
Tujuan dibentuknya Komite sekolah adalah Sbb, |
28 |
Sekretariat
dewan kota dipimpin oleh seorang sekre- |
kecuali … |
|
taris yang diangkat oleh Gubernur dari …. |
|
a. Mewadahi dan menyalurkan aspirasi masyara- |
|
a. TNI -AD b. PNS |
|
kat dalam dunia
pendidikan. |
|
c. Tokoh
masyarakat d. pemuka adat |
|
b. Meningkatkan
tanggung jawab masyarakat |
29 |
Biaya yang diperlukan dalam penyelenggaraan |
|
terhadap
pendidikan. |
|
kegiatan dewan kota dibebankan kapada … |
|
c. Menciptakan situasi dan kondisi yang transparan |
|
a. APBD b. APBN |
|
d. ikut campur dalam penanganan siswa bermasa- |
|
c. Pajak masyarakat
d. bantuan luar negeri |
|
lah di sekolah. |
30 |
Persyaratan keanggotaan dewan kelurahan adalah |
41 |
Lambang (Landmark) kota Jakarta adalah… |
|
a. warga negara Indonesia |
|
a. Monumen nasional
b. patung pemuda |
|
b. Berpendidikan minimal SD sederajat |
|
c. Patung selamat datang
d. Kemayoran |
|
c. Tidak mewakili partai politik tertentu. |
42 |
Pelabuhan pertama kota Jakarta adalah … |
|
d. anggota masyarakat yang dipilih dari RW |
|
a. Tanjung priuk b. Sunda Kelapa |
31 |
UU No 2 tahun 1989 berisi tentang …. |
|
c. Tanjung perak d. Tanjung emas |
|
a. sistem pendidikan nasional |
43 |
Museum yang menyimpan kasanah angkatan ber- |
|
b. peran serta masyarakat dalam pendidikan |
|
senjata dan sejarah TNI adalah
museum … |
|
c. kewenangan pemerintah daerah otonomi |
|
a. satria mandala
b. Geeologi |
|
d. sistem pemerintahan daerah. |
|
c. Batik dan wayang
d. Museum pusat |
32 |
Yang tidak termasuk
tujuan dewan pendidikan … |
44 |
Provinsi DKI Jakarta terbagi dalam …. Kotamadya. |
|
a.
Mewadahi dan menyalurkan aspirasi prakarsa ma- |
a. 4 b. 5 c. 6 d. 7 |
|
syarakat melakukan
kebijakan program pendidikan. |
45 |
Kepanjangan BPD adalah …. |
|
b.
Meningkatkan tanggung jawab dan peran aktif dari |
a. Badan perencanaan Daerah |
|
seluruh
penyelenggaraan pendidikan. |
|
b. Badan pengawas Daerah |
|
c.
membubarkan komite sekolah yang sudah dibentuk |
c. Badan Pembangunan
Daerah |
|
d. Meningkatkan
tanggung jawab masyarakat |
|
d. Badan Pengembangan
Daerah |
|
terhadap
pendidikan. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
* Good Luck
* |
|
|
|
|
|
|
|
|
ULANGAN HARIAN KE 1
PLKJ KELAS VIII |
TAHUN PELAJARAN
2012/2013 |
|
|
|
|
Pilihlah
jawaban dibawah ini dengan benar ! |
|
|
1 |
Warga Jakarta terdiri berbagai lapisan masyarakat |
|
b. lingkungan budaya |
|
yang berbeda baik suku, budaya, dan agama dina- |
|
c. lingkungan kultural historis |
|
makan masyarakat yang … |
|
d. lingkungan alam sekitar |
|
a. pluralitis b. homogen |
10 |
Di Jakarta berkembang berbagai jenis agama, |
|
c. Heterogen d. majemuk |
|
tempat ibadah umat Budha adalah …. |
2 |
Akibat arus urbanisasi dari desa ke kota berdam- |
|
|
|
pak pada pemukiman penduduk adalah …. |
|
c. Masjid d. Klenteng |
|
a. lahan tempat tinggal terlalu sempit |
11 |
Norma yang mengacu pada kesempurnaan moral |
|
b. timbul berbagai kejahatan,dan perampokan |
|
untuk tidak diabaikan dan dilanggar disebut … |
|
c. timbul tawuran antar kelompok etnis |
|
a. norma hukum
b. Norma sopan santun |
|
d.Bertambahnya penggangguran |
|
c.Norma keagamaan d.
norma adat |
3 |
Dampak bertambahnya penduduk
kota pada |
12 |
Norma yang harus dijaga dalam pergaulan dan |
|
keamanan di masyarakat adalah …. |
|
dibudayakan kesopanan sebagai bentuk rasa |
|
a. lahan tempat tinggal terlalu sempit |
|
hormat menghormati dinamakan …. |
|
b. timbul berbagai kejahatan,dan perampokan |
|
a. norma hukum
b. Norma sopan santun |
|
c. timbul tawuran antar kelompok etnis |
|
c.Norma keagamaan d.
norma adat |
|
d. Bertambahnya pengangguran |
13 |
Pada saat kita makan berbicara dan tertawa-tawa |
4 |
Kejadian yang tidak merusak kehdupan di masya- |
|
termasuk melanggar norma …. |
|
rakat adalah … |
|
a. norma hukum
b. Norma sopan santun |
|
a. Tawuran antar pelajar sekolah |
|
c.Norma keagamaan d.
norma adat |
|
b. bentrok antar warga masyarakat di satu wilayah |
14 |
Pendaki gunung yang berkata-kata kotor dan meru- |
|
c. perkelahian antar anggota Dewan |
|
sak kelestarian hutan larangan di wilayah suku |
|
d. Pertandingan tinju di gelanggang olahraga |
|
Badui dalam dianggap melanggar …. |
5 |
Pernyataan dibawah ini yang benar adalah …. |
|
a. norma hukum
b. Norma sopan santun |
|
a. Manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan |
|
c.Norma keagamaan d.
norma adat |
|
dalam hidup dan tak
bisa hidup mandiri tanpa |
15 |
Sepasang remaja yang bermesraan ditempat ke- |
|
bantuan orang lain. |
|
ramaian dapat dikatakan melanggar … |
|
b. Akibat urbanisasi menyebabkan menurunnya |
|
a. norma susila
b. Norma sopan santun |
|
tingkat pengangguran
dikota besar. |
|
c.Norma keagamaan d.
norma adat |
|
c. Dalam memenuhi kehidupan sehari-hari manu- |
16 |
Suatu keadaan yang mencerminkan kesadaran ma- |
|
sia bisa langsung
menikmati hasil kerjanya sen- |
|
syarakat dalam mentaati peraturan perundang- |
|
diri |
|
undangan dan norma yang berlaku di masyarakat |
|
d. Sebagai mahluk ciptaan Tuhan, manusia memili- |
|
dinamakan … |
|
ki kodrat yang sama
dengan mahluk Tuhan lain. |
|
a. Tertib sosial |
6 |
Untuk menciptakan kehidupan di masyarakat yang |
|
b. tertib lingkungan pekerjaan |
|
harmonis dan mencegah terjadinya tawuran maka |
|
c. tertib lingkungan pendidikan |
|
sikap yang kita lakukan adalah …. |
|
d. tertib tempat bersejarah dan ibadah |
|
a. saling mempertahankan pendapat |
17 |
Lingkungan pendidikan disebut juga dengan …. |
|
b. menghargai pendapat orang lain |
|
a. wawasan nusantara |
|
c. saling mempertahankan kelompok dan golongan |
|
b. wiyata mandala |
|
d. saling mempertahankan pendapat sendiri |
|
c. lingkungan kultural historis |
7 |
Apabila ada perbedaan pendapat di masyarakat |
|
d. Lingkungan sosial
budaya |
|
sebaiknya dilakukan …. |
18 |
Tempat bersejarah yang digunakan untuk menyim- |
|
a. musyawarah untuk mufakat |
|
pan alutsita dan replika perjuangan bangsa Indo- |
|
b. diadakan voting suara terbanyak |
|
nesia melawan penjajahan adalah museum …. |
|
c. diselesaikan dengan cara adat setempat |
|
a. Fatahillah b. Bahari |
|
d. dituntaskan dengan cara represif |
|
c. Tugu proklamator
d. Satria mandala |
8 |
Kehidupan yang tidak nyaman di masyarakat akan |
19 |
Lingkungan sosial budaya yang positif antara lain: |
|
terjadi apabila …. |
|
a. pergaulan bebas yang cenderung meninggalkan |
|
a. menghargai kepercayaan orang lain |
|
norma-norma agama |
|
b. menghargai pendapat orang lain |
|
b. obat-obatan dan minuman terlarang, yang meru- |
|
c. saling mempertahankan kelompok dan golongan |
|
gikan kehidupan
manusia |
|
d. Pengendalian emosi |
|
c. memakai pakaian yang tidak sopan sehingga |
9 |
Keadaan sistem nilai budaya, adat istiadat, dan |
|
memancing orang lain
berbuat jahat |
|
cara hidup masyarakat yang mengelilingi kehidu- |
|
d. Hidup gotong royong, yang merupakan salah sa- |
|
pan seseorang dinamakan …. |
|
tu kegiatan untuk
meringankan beban kehidupan |
|
a. Lingkungan sosial budaya |
|
di masyarakat. |
|
|
|
|
|
|
|
|
20 |
Penduduk yang tidak memiliki pekerjaan |
30 |
Bentuk-bentuk kepedulian pemerintah terhadap |
|
dinamakan …. |
|
pembinaan masyarakat yang tinggal di rumah sing- |
|
a. Tuna rungu
b. tuna wisma |
|
gah, diantaranya dibidang pendidikan …. |
|
c. Tuna karya
d. Tuna netra |
|
a. pembinaan mental spiritual |
21 |
Penduduk yang tidak memilik tempat tinggal |
|
b. pembinaan kelanjutan studi |
|
dinamakan …. |
|
c. pembinaan ketrampilan |
|
a. Tuna rungu
b. tuna wisma |
|
d. pembinaan seni dan olahraga |
|
c. Tuna karya
d. Tuna netra |
31 |
Kerukunan bermasyarakat dapat terwujud di Jakarta |
22 |
Cara yang diakukan bila melihat teman kita yang |
|
dibidang agama dengan adanya sikap …. |
|
sudah menyimpang dari nilai-nilai budaya positif |
|
a.tidak adanya pola hidup yang individualistis |
|
adalah dengan melakukan …. |
|
b. toleransi dalam kehidupan beragama |
|
a. memberinya pujian dan dukungan |
|
c. mengadopsi pengaruh asing yang negatif |
|
b. menegur dan menasehatinya |
|
d. gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat |
|
c. ikut-ikutan dengan perbuatannya yang salah |
32 |
Unsur yang ada dilingkungan pendidikan adalah…. |
|
d. menghakiminya beramai-ramai |
|
a. Kepala Sekolah, Guru, Siswa, Tata Usaha |
23 |
Suatu keadaan yang menggambarkan terciptanya |
|
b. KepalaSekolah, Komite, Dewan pendidikan, LSM |
|
situasi yang dikehendaki dengan tidak memandang |
|
c. Guru, Siswa, Pengawas, warga masyarakat |
|
perbedaan-perbedaan di masyarakat disebut… |
|
d. Guru, Siswa, Kantin, LSM Pendidikan |
|
a. kerukunan bermasyarakat |
33 |
Kepentingan umum harus
didahulukan dari ke- |
|
b. pembinaan hidup bermasarakat |
|
pentingan pribadi , contohnya adalah …. |
|
c. Penyesuaian diri dengan lingkungan masyarakat |
|
a. memberikan kesempatan duduk ibu-ibu dan anak- |
|
d. ruang lingkup lingkungan sosial budaya |
|
anak di dalam bis
kota |
24 |
Suatu bentuk bangunan yang telah disediakan oleh |
|
b. menyerobot antrian ketika membeli tiket |
|
pemerintah yang berfungsi untuk menampung ma- |
|
c. tidak memberikan bantuan kepada korban yang |
|
syarakat yang tidak jelas identitas dan tempat |
|
mengalami musibah
kebanjiran. |
|
tinggalnya dinamakan …. |
|
d. tidak pernah ikut dalam kegiatan kerja bakti |
|
a. tempat ibadah b. rumah jompo |
|
di lingkungan. |
|
c. panti asuhan
d. rumah singgah |
34 |
Sebagai mahluk ciptaan Tuhan, manusia mempunyai |
25 |
Katagori masyarakat yang tidak jelas identitas dan |
|
kelebihan dibandingkan dengan mahluk ciptaan |
|
tempat tinggal adalah
sbb, kecuali …. |
|
Tuhan yang lain, karena manusia dikaruniai … |
|
a. gelandangan dan pengemis |
|
a. naluri b. akal budi |
|
b. masyarakt yang tinggal di kolong jembatan |
|
c. akal sehat d. akal-akalan |
|
c. masyarakat yang tinggal di bantalan kali |
35 |
Didunia ini manusia tidak dapat hidup sendiri dan |
|
d. masyarakat yang tinggal di perumahan |
|
selalu berhubungan dengan manusia yang lain, |
26 |
Keberadaan rumah singgah berada dibawah |
|
karena manusia merupakan mahluk …. |
|
naungan … |
|
a. sosial b. individu |
|
a. Departemen Perumahan & Transmigrasi |
|
c. pribadi d. bermasyarakat |
|
b. Departemen Sosial |
36 |
Memberi bantuan dan mengunjungi panti asuhan |
|
c. Departemen pendidikan dan kebudayaan |
|
merupakan kegiatan …. |
|
d.Departemen perhubungan dan komunikasi |
|
a. kemasyarakatan
b. ekonomi |
27 |
Anak-anak mendapat kesempatan untuk melanjut- |
|
c. budaya d. sosial |
|
kan pendidikan sesuai tingkatannya termasuk …. |
37 |
Sikap seorang anak menjadi baik atau buruk sangat |
|
a. pembinaan mental spiritual |
|
dipengaruhi oleh …. |
|
b. pembinaan kelanjutan studi |
|
a. alam b. sosial |
|
c. pembinaan ketrampilan |
|
c. lingkungan
d. kebudayaan |
|
d.pembinaan seni dan olahraga |
38 |
Kehidupan yang aman, damai, tentram dan sejah- |
28 |
Memberikan pelatihan terhadap bakat yang dimiliki |
|
tera merupakan dambaan setiap orang. Dambaan |
|
sebagai modal dalam kehidupan di masa datang |
|
itu dapat terwujud apabila …. |
|
termasuk pembinaan … |
|
a. saling menjaga diri |
|
a. pembinaan mental spiritual |
|
b. saling menjaga keamanan |
|
b. pembinaan kelanjutan studi |
|
c. memelihara hidup pribadi sendiri |
|
c. pembinaan ketrampilan |
|
d. saling menjaga, menghargai dan menghormati |
|
d.pembinaan seni dan olahraga |
39 |
Pola pikir manusia yang satu dengan yang lain ber- |
29 |
Menyediakan para pembina untuk memberikan |
|
beda-beda. Pada umumnya dipengaruhi oleh …. |
|
bimbingan dan penyuluhan baik dari segi agama |
|
a. faktor pendidikan
b. faktor lingkungan |
|
sosial dan budaya dinamakan …. |
|
c. faktor kekayaan
d. faktor sosial |
|
a. pembinaan mental spiritual |
40 |
Kegiatan yang dapat melahirkan pola hidup keber- |
|
b. pembinaan kelanjutan studi |
|
samaan dalam kehidupan bermasyarakat adalah…. |
|
c. pembinaan ketrampilan |
|
a. Pesta ulang tahun
b. gotong royong |
|
d.pembinaan seni dan olahraga |
|
c. rekreasi bersama
d. tawuran antar warga |