"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Senin, 08 November 2010

BANGAU : BURUNG PENGHUNI RAWA

    Bangau merupakan nama umum bagi kelompok burung dari bangsa Ciconiiformes yang memiliki kaki, leher dan paruh panjang.Kelompok hewan ini mencakup enam suku yaitu Ardeidae (cangkak, koak malam dan kuntul), Scopidae, Baleaniciptidae, Ciconiidae, Threskionithidae (Ibis) dan Phoenicopteridae (flamingo).
    Tubuh bangau umumnya berukuran besar dengan leher jenjang serta tungkai dan paruh yang panjang. Burung ini tersebar di hampir seluruh wilayah dunia, kecuali di Arktik dan Antartika. Bangau menyukai tempat yang dekat dengan air tawar, meskipun bangau putih (Ciconia ciconia) hidup di tanah kering.
Flamengo
Penerbang Ulung
    Bangau mampu beradaptasi untuk mengarungi air dangkal dan rawa-rawa dengan jari kakinya yang berselaput. Burung ini termasuk penerbang ulung yang gemar menjulurkan lehernya ke depan dan tungkai kakinya ke belakang ketika terbang. Pakan bangau berupa katak, ikan, siput, serangga dan mamalia kecil. Untuk menangkap mangsa, bangau biasanya diam tidak bergerak sampai mangsanya datang. Secara cepat, mangsa tersebut akan ditangkap dengan bagian paruhnya. Bangau umumnya bersarang di atas pohon. Hewan ini hidup secara berkelompok. Telurnya berjumlah 3-6 butir. Ketika menetas, anak bangau hampir tidak berbulu. Induk jantan maupun betina selanjutnya mengasuh anak-anaknya.

Kelompok Bangau
    Suku Ardeidae, terdiri dari sekitar 60 spesies, antara lain cangak ungu (Andea purpurea), koak malam hitam (Nycticorax nycticdaorax) dan kuntul putih besar (Egretta alba). Kelompokbangau ini memiliki badan ramping, paruh lurus dan tajam dan kaki panjang. Suku Scopidae hanya terdiri dari satu spesies, yaitu bangau kepala palu (Scopus umbretta). Burung yang berwarna cokelat ini memiliki paruh yang lebih pendek serta jambul yang berjuntai ke belakang. Suku Balaeniciptidae juga beranggota satu spesies yaitu bangau paruh paus (Balaeniceps rex). Burung yang berwarna abu-abu ini memiliki kepala yang besar dan paruh yang berbentuk unik. Suku Ciconiidae mencakup 19 spesies antara lain bangau hitam (Ciconia nigra), bangau maguari (Euxenura maguari) dan marabu besar (Leptoptilos crumeniferus). Adapun anggota suku Threskiornithidae berjumlah 29 spesies,di antaranya ibis hitam (Plegadis falcinellus), Ibis merah (Eudocimus ruber) dan ibis keramat (Threskiornis aethiopica). Selain memiliki paruh yang panjang dan melengkung ke bawah, kelompok bangau ini juga memiliki ekor yang pendek.
 Bangau Hitam
Bangau Putih Siberia

Flamingo
    Flamingo (suku Phoenicoptendae) terdiri dari 4 spesies yaitu flamingo besar Amerika (Phoenicopterus ruber), flamingo andes )Phoenicoparrus andinus), flamingo gunung (Phoenicornus jamasi) dan flamingo kecil (Phoenicoperrus minor). Leher dan tungkai kaki burung ini sangat panjang dan ramping. Adapun bulu flamingo umumnya berwarna putih atau merah muda.
 Flamingo Danau Nakuru, Afrika Tengah
Flamingo Danau Great Sand, Meksiko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.