"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Kamis, 22 April 2010

BURUNG PEMANGSA : PREDATOR DARI UDARA

    Bangsa burung pemangsa (Falconiformes) adalah sebutan bagi dua ordo burung yang hidup dengan cara memangsa hewan lain, yaitu ordo Falconiformes (burung pemangsa siang) dan ordo Strigiformes (burung pemangsa malam). Burung jenis ini memiliki ciri paruh yang kuat, tajam, dan berkait untuk mencabik daging mangsanya serta tungkai panjang yang kuat dengan cakar tajam untuk mencengkeram mangsa. Burung pemangsa juga disebut burung pemburu atau burung perampas.
 Burung Elang
    Ordo Falconiformes dibagi atas empat kelompok famili utama, yakni elang dunia baru yang terdiri dari 6 spesies, termasuk burung kondor, elang kalkun, dan elang bangkai raja, elang ikan, yang terdiri dari berbagai alap-alap, rajawali, dan elang bangkai dunia lama. Ketiga burung sekretaris dengan hanya satu spesies yang masih hidup yaitu Sagittarius serpanterius di padang rumput Afrika, dan keempat Falconidae, yang terdiri dari 60 spesies termasuk alap-alap milvago, falcon hutan, dan falcon sejati. Adapun ordo Strigiformes, mencakup semua spesies burung hantu.
Burung Elang sang predator

Pemburu Siang dan Pemburu Malam
    Falconiformes berburu pada siang hari, sedangkan Srtigiformes pada malam hari. Falconiformes mengandalkan kejelian mata dan kadang dibantu pendengaran. Mereka memiliki penglihatan sangat tajam yang membantu mereka untuk mengatur jarak sempurna saat menyerang mangsa. Adapun Strigiformes lebih bergantung kepada pendengaran. Mereka dapat menangkap tikus yang bergerak dalam gelap dengan mengandalkan ketajaman pendengaran.
Falcon
Falcon
    Falcon adalah burung pemangsa berukuran sedang. Kebanyakan termasuk genus Falco, suku Falconidae. Burung ini terkenal dengan kemampuan dan kecepatan terbangnya yang tinggi. Mereka tidak hanyamenerkam mangsa yang berada di tanah, seperti reptilia dan serangga, tetapi juga yang sedang berada di udara, seperti serangga terbang dan burung kecil. Burung ini mencengkeram mangsanya dalam satu cakar dan kemudian membunuhnya dengan cara mematahkan ruas tulang lehernya.
Kestrel

Kestrel
    Kestrel merupakan kelompok burung falcon yang berbeda dari kebanyakan burung falcon lainnya. Kestrel sering tampak melayang sambil mengintai mangsa di atas tanah. Burung ini selalu terbang dan diam seperti halikopter lalu turun mendekati mangsanya, bukannya menukik. Kestrel merupakan bagian terbesar dari genus Falco. Burung ini tersebar luas di seluruh dunia.
Burung Kondor menyerang Anjing liar
Burung Kondor
    Burung pemangsa besar yang termasuk famili Cathrartidae ini terdiri dari dua spesies, yaitu burung kondor California (Gymnogyps californianus) dan burung kondor Andes (Vultur gryphus). Burung ini merupakan salah satu burung peterbang terbesar. Bentang sayapnya dapat mencapai 3 meter yang berguna untuk terbang tinggi dan melayang berjam-jam. Makanan utamanya adalah bangkai hewan.
Elang Bangkai

Elang Bangkai
    Seperti burung kondor, elang bangkai juga terutama hidup dari bangkai hewan atau hewan yang sekarat. Kepala dan leher pada sebagian besar spesiesnya tidak berbulu. Burung ini terbang tinggi melayang di angkasa mencari makanan. Begitu melihat bangkai, ia menukik dan diikuti elang bangkai lainnya sehingga kemudian terkumpul puluhan ekor burung elang bangkai yang lalu menggerogoti bangkai tersebut.
Burung Elang yang gagah

Elang
    Elang mencakup empat kelompok utama, meskipun tidak berkerabat dekat, yakni rajawali laut, elang ular, rajawali harpa, dan kerabatnya, serta rajawali aquiline atau rajawali "bersepatu". Ada sekitar 280 jenis elang dan semuanya berpenglihatan sangat tajam. Ketika di udara, seekor elang dapat mengamati keadaan di permukaan tanah dengan sempurna. Ia mampu menangkap perubahan warna dan pergerakan yang sangat kecil di bawahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.