"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Jumat, 26 Februari 2016

LAPISAN ATMOSFER BUMI

 
 Lapisan Atmosfer (Lapisan Udara) terdiri dari gas-gas yang menyelimuti bumi. Lapisan tersebut melekat di bumi karena pengaruh gaya tarik bumi. Tinggi lapisan Atmosfer sekitar 1.000 Km. Lapisan Atmosfer yang terdekat dengan permukaan Bumi lebih padat dan semakin ke atas semakin renggang. Susunan lapisan atmosfer adalah sebagai berikut :
1. Troposfer
Troposfer merupakan lapisan atmosfer paling bawah dengan ketinggian rata-rata sekitar 0-10 Km dari permukaan air laut didaerah tropika dan 0 - 8 Km di daerah Kutub. Suhu di lapisan ini berkisar antara 20oC hingga -50oC. Lapisan ini mengandung gas-gas yang ideal untuk mendukung keberlangsungan kehidupan di Bumi karena terlindungi dari radiasi matahari atau hantaman dari benda-benda langit lainnya. Di lapisan ini pula berbagai fenomena cuaca dan iklim dapat kita rasakan.
2. Stratosfer
Stratosfer adalah lapisan atmosfer yang terdapat di atas troposfer dimulai dari ketinggian 11-50 Km. Suhu di lapisan stratosfer paling bawah relatif stabil dan sangat dingin yaitu berkisar -50oC hingga 20oC.
3. Mesosfer
Mesosfer adalah lapisan diatas stratosfer yang berada di ketinggian dengan ketebalan 51-90 Km dengan suhu sekitar 20oC hingga -80oC. Disini tidak terdapat Ozon dan jauh dari pantulan permukaan Bumi. Lapisan stratosfer dan mesosfer dipisahkan oleh lapisan stratopause yang jauhnya 24 Km dari permukaan Bumi.
4. Termosfer
Termosfer adalah lapisan diatas mesosfer yang berada di ketinggian sekitar 91 sampai 300 Km di atas permukaan Bumi, dan termasuk lapisan Ionesfer dibawahnya. Pada lapisan ini terdapat banyak peristiwa pemantulan yang berasal dari Bumi sehingga terjadi Ionisasi. Ionisasi terjadi sejak matahari terbit dan semakin tinggi matahari akan semakin besar intensitasnya. Di sore hari, proses Ionisasi semakin berkurang.
5. Eksosfer
Eksosfer merupakan lapisan terluar yang menyatu dengan ruang hampa udara di angkasa luar dan berketinggian antara 800 - 1.000 Km.

Sebagai media lingkungan, lapisan Atmosfer merupakan bagian terpenting dari kehidupan manusia serta mahluk hidup lainnya. Dalam lapisan Atmosfer terkandung gas Oksigen O2 (21%), Nitrogen N2 (78%), Karbon Dioksida CO2, (0,01%), Argon Ar (1%), Uap air H2O 0-7%, Ozon O3 (0,01%) dan gas lai yang berguna dalam Proses fotosintesis. Lapisan Atmosfer juga yang menyebabkan pemandangan kearah langit di siang hari berwarna Biru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.