"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Rabu, 24 Maret 2010

IKAN MAS : UNTUK DIKONSUMSI DAN IKAN HIAS

    Ikan Mas bertubuh langsing. Sisiknya ada yang berwarna keperakan, merah, kuning keemasan, cokelat, abu-abu, hitam, dan putih. Ikan mas merupakan ikan air tawar yang berasal dari suku Crprindae. Selain dimakan, ikan ini juga berfungsi sebagai ikan hias. Jenis ikan mas paling populer adalah ikan mas biasa (Cyprinus carpio).
 Ikan Mas Koki
    Panjang ikan mas bervariasi, mulai dari 8 cm sampai lebih dari 30 cm. Ikan ini mempunyai mata yang berukuran kecil. Marga Cyprinus memiliki ciri khas berupa dua buah sungut di ujung mulutnya. Ciri ini tidak dimiliki oleh marga Carassius. Umur ikan mas dapat mencapai 15 tahun, sedangkan ikan yang dipelihara di akuarium dapat hidup sampai 5 tahun.

 Ikan Mas biasa (Cyprinus carpio)
  Budi Daya Ikan Mas
    Budi daya ikan mas pertama kali dilakukan di Cina pada masa Dinasti Sung (960-1279). Pada mulanya, ikan mas hanya berwarna cokelat. Bangsa Cina kemudian mengembangbiakkan ikan ini agar menghasilkan ikan yang berwarna terang dan berbentuk unik. Ikan mas diperkenalkan di Inggris dan Perancis pada abad ke 18. Saat ini ikan mas telah menyebar ke seluruh dunia. Ikan mas biasa (ikan karper atau tombro) sangat dikenal di Indonesia sebagai ikan konsumsi. Ikan ini banyak dipelihara di kolam yang berarus.

Budi daya Ikan Mas
Masa Bertelur
    Ikan mas bereproduksi dengan cara bertelur. Masa bertelur terjadi pada awal musim hujan. Ketika musim bertelur tiba, warna ikan mas menjadi lebih cerah. Perut ikan betina membesar, sedangkan insang dan sirip ikan jantan mengembang. Telur yang dikeluarkan oleh ikan betina kemudian menempel pada tumbuhan air. Telur tersebut akan menetas setelah berumur seminggu. Telur ikan mas berbentuk bulat dengan diameter sekitar 1,5 - 1,8 mm dan berat sekitar 0,1-0,2 mg. Setelah menetas, telur berkembang menjadi larva. Larva ikan mas memiliki kantong kuning telur yang berfungsi sebagai cadangan makanan. Kantong kuning telur akan hilang dalam 2-4 hari.

Ikan Mas bisa dikonsumsi dan sebagai ikan hias
Perawatan Ikan Mas
    Perawatan ikan mas lebih mudah daripada ikan budi daya lainnya. Ikan ini dapat dipelihara di kolam atau di akuarium. Akuarium yang mempunyai sisi tegak akan memberikan permukaan yang lebih luas untuk pemasukan udara dibandingkan dengan sisi yang berlekuk. Air akuarium atau kolam sebaiknya mempunyai temperatur sekitar 18o C. Selain itu, air harus bersih dan bebas dari zat kimia beracun. Perubahan temperatur air yang terlalu besar akan mengakibatkan kematian bagi ikan ini. Pakan ikan mas biasanya berupa cacing, bubuk roti, serangga air, dan tumbuhan air. Pakan ini sebaiknya diberikan sehari sekali.

Masakan Gulai Ikan Mas disukai banyak orang

Ikan Mas Koki
    Ikan mas koki (Carassius auratus) adalah keturunan ikan mas yang bentuk badannya telah menyimpang dari bentuk aslinya. Sejak 1.000 tahun lalu, di Cina telah dihasilkan berbagai bentuk ikan mas koki dengan warna dan bentuk yang sangat bervariasi. Badan ikan mas koki umumnya pendek membulat dengan sirip ekor pipih melebar dan terbelah dua di tengah-tengah. Umumnya sirip ikan mas koki lebih panjang daripada ikan mas biasa.
Pepes Ikan Mas Majalaya yang mengundang selera makan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.