"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Kamis, 21 April 2011

ZEBRA : MAMALIA BERKULIT POLA GARIS-GARIS HITAM PUTIH

 

   Zebra pelari cepat
Zebra adalah kelompok hewan dari suku Equidae yang kulitnya memiliki pola garis-garis hitam dan putih. Anggota Perissodactyla ini mencakup tiga spesies yaitu zebra burchell (Equus burchelli), zebra gunung (Equus Zebra) dan zebra grevy (Equus grevyi). Zebra hidup di wilayah padang rumput dan semak belukar di Afrika, terutama di wilayah padang rumput  Kenya, Ethiopia, Somalia, dan Namibia. Karena populasinya terancam punah akibat perburuan, maka zabra dilindungi oleh pemerintah setempat dan habitatnya dijadikan sebagai kawasan konservasi.

Kawanan Zebra bermigrasi beramai-ramai
    Zebra umumnya hidup secara berkelompok. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi serangan beberapa hewan karnivora seperti singa dan hiena. Selain itu, zebra mengandalkan ketajaman pendengaran dan kecepatan larinya untuk menghindari predator. Pada musim kemarau, kelompok zebra berkelana di padang rumput untuk mencari rumput segar dan sumber air. Zebra burchell membutuhkan air setiap hari sehingga jenis ini tidak pernah tinggal jauh dari sumber air. Oleh sebab itu, setiap kelompok zebra burchell memiliki seekor zebra pemandu yang memastikan agar kelompok tersebut tidak pergi jauh dari sumber air. Zebra gunung dan zebra grvy dapat bertahan hidup tanpa air untuk beberapa hari. Hal ini disebabkan karena kedua jenis zebra ini tinggal di daerah yang lebih kering daripada zebra burchell.
Kelompok zebra minum bersama
Kehidupan Berkelompok
    Hewan ini hidup berkelompok dengan jumlah maksimum 16 ekor dalam wilayah yang luasnya antara 80-120 km2. Kelompok utama ini terdiri dari keluarga (satu jantan serta beberapa betina dan anak-anaknya) dan zebra bujangan. Kelompok-kelompok terutama satuan keluarga bersifat permanen, Zebra dewasa tetap hidup bersama selama bertahun-tahun, bahkan ada yang seumur hidup. Apabila zebra jantan mati, maka jantan lain akan menggantikan kedudukannya dan melindungi seluruh keluarga.
Zebra Grevy
Zebra Grevy
    Secara umum, zebra memiliki bentuk yang mirip dengan kuda. Meskipun demikian, zebra bertubuh lebih kecil dan berekor lebih pendek daripada kuda. Zebra gunung merupakan spesies terkecil dengan tinggi bahu sekitar 1,2 m. Zebra burchell memiliki tinggi bahu sekitar 1,4 m, sedangkan zebra grevy merupakan spesies terbesar dengan tinggi bahu sekitar 1,5 m. Bobot zebra burchell dan zebra gunung berkisar antara 290-340 kg. Adapun zebra grevy memiliki bobot badan yang hampir sama dengan kuda biasa, yaitu sekitar 450 kg.

Zebra Gunung
Pola Garis Hitam Putih
    Masing-masing zebra mempunyai pola garis yang berbeda-beda. Zebra gunung umumnya memiliki garis hitam putih yang lebih lebar dari zebra grevy. Adapun zebra burchell memiliki garis hitam putih yang paling lebar di antara ketiga spesies. Para ahli zoologi berpendapat bahwa pola garis hitam putih pada zebra digunakan sebagai kamuflase untuk mengecoh predator dan sebagai ciri identitas kelompoknya.
Zebra Burchel
Masa Menyusui
    Kematangan organ reproduksi pada zebra betina tercapai pada umur 3 tahun. Adapun zebra jantan mencapai kedewasaannya pada umur 5-6 tahun. Setelah mengalami masa hamil selama 12 bulan, zebra betina akan melahirkan seekor anak. Anak zebra yang baru lahir selanjutnya menyusu kepada induknya selama setahun. Periode menyusui ini merupakan masa yang paling berbahaya bagi zebra karena anak zebra sering dimangsa oleh predator.

Rombongan Zebra berpapasan dengan rombongan Weldebeest

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.