"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Senin, 11 April 2011

ARMADILLO, MAMALIA BERPERISAI

 
    Armadillo adalah satu-satunya mamalia yang berperisai. Hewan ini masih termasuk dalam ordo Edentata dan merupakan kerabat dari hewan pemakan semut. Meskipun nama ordo ini berarti tanpa gigi, namun sebenarnya armadillo memiliki gigi geraham. Gigi armadillo adalah yang paling primitif di antara mamalia.
    Armadillo mencakup 8 genus dan lebih dari 20 spesies yang besarnya beragam. Armadillo raksasa dapat mencapai berat 60 kg dengan panjang keseluruhan 150 cm. Adapun armadillo terkecil panjangnya hanya mencapai 15 cm. Armadllo memiliki telinga yang kecil, lidah yang menjulur panjang, penciuman dan pendengaran yang relatif baik, dan cakar yang kokoh pada bagian tungkai depannya. 
 Armadillo dari Amerika Selatan
Perisai Kulit
    Armadillo dapat ditemukan sendiri-sendiri, berpasangan atau dalam kelompok kecil. Mereka biasanya aktif pada malam hari maupun pada siang hari. Jika merasa terganggu, reaksi pertama mereka adalah melarikan diri ke liangnya atau dengan cepat menggali lubang dan bersembunyi di dalamnya. Namun jika tertatangkap sebelum sempat melakukan salah satu cara penyelamatan diri itu, maka armadillo akan menggunakan perisai kulit kerasnya sebagai tameng dengan cara menggulung diri seperti bola.
Armadillo dari Amerika Tengah
Reproduksi
    Armadillo berkembang biak dengan melahirkan anak. Masa kehamilan armadillo selama 120 hari. Biasanya anak yang dilahirkan 2-4 ekor, namun sering kali hanya seekor setiap kelahiran. Bayi Armadillo yang baru lahir memiliki kulit yang lunak dan liat, akan tetapi kulit tersebut makin lama makin kaku seiring bertambahnya usia.
Bayi Armadillo
Habitat
    Daerah penyebaran armadillo meliputi Amerika Serikat, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di benua ini armadillo digolongkan sebagai salah satu binatang aneh. Umumnya hewan ini terdapat di daerah yang terbuka, seeperti sabana dan kawasan kering berbatu-batu. Namun hewan ini juga dapat dijumpai pada aneka habitat, seperti padang rumput, rawa-rawa, dan hutan lebat.

Armadillo menggulung diri untuk bertahan
    Armadillo dapat hidup sampai 16 tahun. Dalam kehidupannya hewan ini menyendiri, namun ada pula armadillo yang hidup dalam kelompok kecil. Umumnya mereka tinggal di dalamliang yang digali dengan kukunya yang tajam. Armadillo merupakan hewan penggali dan penggaruk yang hebat. Hewan ini menggali tanah untuk mencari makananya, seperti serangga, reptil kecil, dan cacing. Saat berjalan mereka bertopang pada ujung cakar dan keseluruhan tapak kaki. 
    Lubang persembunyian armadilo bisa mencapai panjang lebih 6 meter, sedalam 1,5 meter dan bisa memiliki hingga 12 jalan masuk. Tiap jenis armadillo membuat lubang persembunyian yang berbeda-beda lokasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.