"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Rabu, 23 Maret 2011

EL NINO : GEJALA NAIKNYA TEMPERATUR BUMI

    El Nino adalah arus panas di Samudera Pasifik yang mengalir ke selatan di sepanjang pantai barat Amerika Selatan. Arus ini menghangatkan perairan dingin di lepas pantai Ekuador dan Peru. Arus ini disebut El Nino, yang dalam bahasa spanyol bermakna "sang bayi kristus", karena sering muncul di sekitar hari Natal.
    Suhu panas yang ditimbulkan El Nino dapat mematikan banyak ikan dan burung laut karena menghambat naiknya perairan dingin yang kaya nutrisi ke permukaan. Gerakan udara El Nino dapat membawa uap air yang mengakibatkan banjir dan topan, sementara gerakan udara panasnya mengakibatkan kekeringan dan meningkatkan suhu di beberapa tempat.

Gelombang El Nino di awali di Samudera Pasifik
Proses El Nino
    El Nino merupakan interaksi antara atmosfer tropis dan samudera tropis setiap dua hingga tujuh tahun sekali. Perubahan tekanan udara di atas Samudera Pasifik tropis menyebabkan angin tropis bertiup menuju khatulistiwa dari timur laut di belahan bumi utara atau dari tenggara di belahan bumi selatan. Hal ini mengakibatkan perairan hangat permukaan samudera bergerak dari Pasifik tropis barat menuju Pasifik tropis timur. Arus El Nino mengakibatkan suhu permukaan laut lebih rendah dari biasanya di Pasifik tropis barat dan menjadi lebih tinggi dari biasanya di Pasifik tropis timur.
 El Nino Mendatangkan Badai
    Perubahan suhu permukaan laut mengubah sirkulasi atmosfer pada kawasan lintang tengah tropis sehingga menimbulkan cuaca ekstrem. Hujan lebat membasahi daratan pesisir barat Amerika Selatan yang biasanya kering, musim kemarau berlangsung di Hawai dan Australia Timur, dan musim dingin lebih basah dari biasanya di sepanjang pesisir Teluk Meksiko.

 Perbandingan situasi normal dan pada saat terdampak El Nino

Proses terjadinya El Nino

La Nina
    La Nina adalah kebalikan dari El Nino, yaitu gejala menurunnya suhu permukaan laut di Samudera Pasifik. Pada umumnya El Nino selalu diikuti oleh La Nina. Arus La Nina mengakibatkan curah hujan menjadi tinggi dan dapat menimbulkan banjir. La Nina dalam bahasa Spanyol bermakna " gadis kecil ".
El Nino selalu diikuti dengan La Nina

Dampak El Nino dan La Nina
    Dampak fenomena El Nino dan La Nina tidak terbatas hanya pada daerah pantai Ekuador tetapi secara berkaitan akan mempengaruhi kondisi cuaca global. Gangguan terhadap pola cuaca lokal dapat memberikan konsekuensi yang merugikan perekonomian. Dampak lansung maupun tidak langsung dari El Nino dan La Nina adalah bertambahnya curah hujan dan kekeringan, terganggunya aktivitas transportasi darat, laut dan udara, terganggunya kegiatan pertanian, industri, lingkungan biotik dan abiotik, rusaknya infrastuktur serta terganggunya kondisi kesehatan.

Dampak kerugian akibat El Nino

    Intensitas dampak tergantung pada intensitas El Nino dan La Nina. Dampak El Nino yang paling buruk terjadi pada tahun 1982 dan 1983 yang mengakibatkan kemarau luar biasa panjang di Australia dan Indonesia. Selain itu juga, El Nino pernah juga menimbulkan badai dahsyat di California, Amerika Serikat pada tahun 1983.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.