"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Selasa, 15 Maret 2011

KUCING : KARNIVORA RUMAHAN

 
     Kucing Rumahan
     Kucing adalah kelompok hewan karnivora (mamalia pemakan daging) dari suku Felidae yang bergigi dan bercakar tajam serta berambut tebal. Mamalia bercakar ini terdiri dari 35 spesies antara lain singa, harimau, macan tutul, jaguar, citah, links,puma dan kucing piaraan. Saat ini , beberapa spesies kucing mengalami penurunan populasi akibat perburuan dan kerusakan habitat. Akan tetapi spesies kucing piaraan benyak dipelihara dan dikembangbiakan oleh manusia sebagai binatang kesayangan.
 Kucing Abesina
     Menurut fosilnya, kucing diperkirakan hidup sejak periode Eosen akhir, sekitar 45-35 juta tahun yang lalu. Ciri fisik yang paling menonjol dari hewan ini adalah bagian gigi dan cakarnya. Gigi taring kucing digunakan untuk menikam dan mencabik mangsa, sedangkan gigi geraham digunakan untuk memotong makanan. Hampir semua jenis kucing (kecuali citah) memiliki cakar yang tajam dan retraktif (dapat ditarik kembali). Selain gigi dan cakar, hewan ini juga memiliki lima jari pada kaki depan dan empat jari pada kaki belakangnya.
Kucing Siam
Pelari Cepat
    Meskipun sebagian besar kucing berburu pada malam hari, namun beberapa spesies kucing seperti citah aktif berburu pada siang hari. Pada umumnya, kucing berburu secara sendiri-sendiri. Setelah mengintai mangsanya dengan cara mengendap-endap, kucing menerkam mangsa tersebut dengan gerakan cepat. Sebagai pelari cepat, kucing mampu berlari dengan kecepatan 100-110 km per jam.

Kucing manx
Kehidupan
    Kucing memiliki kemampuan untuk memanjat pohon. Beberapa spesies kucing seperti macan tutul, jaguar, dan oselot bahkan tinggal di atas pohon untuk beristirahat dan tidur. Kucing dapat hidup sendiri, berpasangan atau berkelompok. Hewan jantan umumnya lebih panjang dan lebih besar dibandingkan hewan betina. Sebagian besar kucing memiliki satu pasangan selama hidupnya dan menghasilkan 1-6 keturunan.
Kucing Persia
Pembiakan
    Kucing betina hamil sekitar 9 minggu. Ia bisa melahirkan hingga 10 ekor anak kucing, namun rata-rata 2-5 ekor. Anak kucing baru bisa merangkak setelah dua minggu. Mereka hidup dari susu ibunya hingga sekitar 8 minggu. Setelah satu bulan, induk kucing siap untuk kawin lagi.

Kucing anggora
Indera Penglihatan
    Selain indera pendengaran dan penciuman, indera penglihatan kucing sangat tajam. Pada kondisi terang, pupil mata kucing akan berkontraksi secara vertikal. Adapun pada kondisi gelap, pupil akan membulat dan membesar sehingga hewan ini dapat melihat lebih jelas. Ketika terkena cahaya, mata kucing dapat bersinar karena bagian retina hewan ini dilengkapi dengan lapisan guanin yang sensitif terhadap cahaya.
Kucing Burma
Kucing Piaraan
    Kucing piaraan (Felis catus) merupakan hasil domestikasi beberapa jenis kucing liar seperti kucing liar libya (Felis lybia), kucing liar eropa (Felis silvestris) dan kucing liar asia (Felis manu). Kucing piaraan diperkirakan telah ada sejak masa Mesir Kuno pada tahun 2500 SM.
Saat ini, lebih dari 40 varietas kucing piaraan tersebar ke seluruh dunia. Secara garis besar, kucing piaraan dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kucing piaraan berambut pendek dan kucing piaraan berambut panjang. Beberapa varietas kucing piaraan berambut pendek antara lain kucing burma, kucing manx, kucing abesina dan kucing siam. Adapun beberapa varietas kucing berambut panjang antara lain kucing angora dan kucing persia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.