"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Kamis, 24 Desember 2015

KEANEKARAGAMAN BIOTA LAUT INDONESIA

   Biota laut adalah semua mahluk hidup yang ada di laut baik hewan maupun tumbuhan ataupun karang. Secara umum Biota laut dibagi menjadi tiga kelompok besar yaitu plankton, Nekton dan Bentos. Pembagian ini tidak ada kaitannya dengan klasifikasi ilmiah, ukuran, hewan atau tumbuhan tapi berdasarkan pada kebiasaan hidup secara umum seperti gerak berjalan, pola hidup dan sebaran secara Ekologi.
1. Plankton adalah sejenis organisme hanyut yang hidup dalam zone bagian atas samudera, laut dan air tawar (Danau,Sungai). Plankton menjadi makanan utama kebanyakan mahluk laut dan biasanya terdiri dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan laut. Walaupun termasuk sejenis mahluk hidup dan ukurannya kecil plankton tidak mempunyai kekuatan untuk melawan kekuatan arus, air pasang atau angin yang menghanyutkannya. Plankton hidup dipesisir pantai dimana dia mendapat garam mineral dan cahaya matahari yang mencukupi.Karena plankton menjadi makanan ikan, tidak mengherankan ikan banyak ditemukan dipesisir pantai sehingga kegiatan nelayan menangkap Ikan banyak dilakukan di kawasan itu. Selain sisa-sisa hewan plankton juga tercipta dari tumbuhan dan itu dapat dilihat menggunakan mikroskop ada unsur tumbuhan alga pada plankton. Plankton sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu Fitoplnkton yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan Zooplankton yang berasal dari hewan. Hewan yang memangsa plankton selain Ikan adalah Koral atau karang, Kerang dan Paus.
2. Nekton adalah sekelompok organisme yang hidup di kolam air baik air tawar maupun air laut. Nekton berasal dari bahasa Yunani yang artinya berenang. Nekton adalah hewan-hewan laut yang dapat bergerak sendiri kesana kemari seperti Ikan bertulang rawan, Ikan bertulang sejati, Kelomang, Molusca, sotong, cumi-cumi , kuda laut dan semua jenis invertebrata laut lainnya. Nekton merupakan organisme laut yang sangat bermanfaat bagi manusia terutama untuk perbaikan gizi dan peningkatan ekonomi.Tumpukan bangkai nekton seperti koral, karang,moluska,foraminifera merupakan bahan dasar terbentuknya mineral laut seperti gas dan minyak Bumi setelah mengalami proses panjang dalam jangka waktu ribuan bahkan jutaan tahun.
3. Bentos merupakan sebuah organisme yang tinggal didalam atau di dasar laut dan dikenal sebagai zone Bentik. Mereka tinggal didekat laut atau endapan lingkungan dari pasang surut disepanjang tepi kolam dan pantai, dan kemudian ke zone Neritis, zone Bathial dan zone kedalaman laut yaitu Abysal.Karena cahaya tidak menembus ke dasar laut , sumber energi yang mendalam untuk ekosistem bentik memiliki organik yang lebih tinggi pada air yang letaknya jauh di kedalaman. Contoh kehidupan bentos yang sering kita lihat adalah jenis kelomang dan Kepiting laut yang ukuran dan coraknya sangat beragam. Ubur-ubur juga memiliki jenis yang beragam dan ada ubur-ubur yang beracun apabila terkena sengatannya dapat menimbulkan kematian. Sedangkan didasar laut sering kita menjumpai kehidupan Bintang laut dan Koral hewan berbentuk karang yang sesungguhnya merupakan hewan pemakan plankton dan fosilnya dapat membentuk gundukan yang semakin tinggi sehingga setelah muncul kepermukaan laut membentuk Pulau Karang atol.
Bintang laut Pasir berduri
Bintang Laut Merah
Sportozoa laut
Foraminifera tumbuhan
Foraminifera kerang-kerangan
Foraminifera Cangkang
Bintang Laut Merah Putih
Bintang Laut Merah Totol
Kima di dasar laut Teluk Toli-toli
Sepasang Kuda Laut Hijau
Kuda Laut Kuning Emas
Fitoplankton Biru
Foraminifera batuan
Kelomang Biru Riau
Kelomang Coklat
Kelomang Ungu
Kelomang Merah biasa
Kelomang Biru
Kelomang Keriput
Kelomang Petapa
Kelomang Strawberry
Kelomang Sunset
Kelomang Sunrise
Kelomang Ungu
Kerang Raksasa Hijau
Ketam Kenari
Terumbu Karang/Koral
Koral Kuning Pecture
Koral Ruby
Koral Masroom
Koral merah Berduri
Koral Tantakel
Koral aneka warna
Koral Merah
Koral Otak
Kriil, Makan kesukaan Paus
Koral Payung,Raja Ampat
Molusca Citton
Moluska Hitam
Molusca Merah
Ubur-Ubur Beracun
Ubur-Ubur Api
Ubur-Ubur Kotak
Ubur-Ubur Raksasa
Plankton
Zooplankton
Zooplankton Biru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.