"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Minggu, 13 Desember 2015

TANAMAN PERTANIAN BUAH-BUAHAN DI INDONESIA (BAGIAN 3)

    Pada bagian 2 sudah diperkenalkan tanaman buah-buahan yang di budidayakan di Indonesia dari Alphabet J sampai dengan N, maka pada bagian ketiga ini kami perkenalkan kembali tanaman buah-buahan yang dibudidayakan di Indonesia mulai dari Alphabet P yaitu Pepaya, Pisang, Rambutan, Salak, Sawo, Semangka, Sirsak, Strawberry, buah sukun, dan buah Tin . Sebagian besar tanaman buah-buahan ini bukan berasal dari Indonesia, namun sudah beratus-ratus tahun ditanam dan dibudidayakan di Indonesia.
   Pepaya, Pisang dan Rambutan adalah jenis tanaman buah-buahan yang sangat familiar dan merakyat disamping harganya terjangkau dan murah namun memiliki citra rasa yang manis dan legit. Jenis Pepaya yang ditanam di Indonesia adalah Pepaya Bangkok, Pepaya Kalifornia dan Pepaya Hawai. Sedangkan Pepaya Gunung adalah Pepaya asli Indonesia yang tumbuh liar di daerah pegunungan Pulau Jawa, Sumatra dan Kalimantan. Tanaman Pepaya dapat menetralisir asam lambung disamping juga baik untuk dikonsumsi penderita penyakit Hati/Liver. Daunnya bisa disayur dan dibuat jamu tradisional penambah nafsu makan.
  Buah Pisang adalah buah yang tumbuh tak mengenal musim, pertumbuhannya luar biasa cepat dan setelah berbuah akan digantikan anakannya yang muncul disekitarnya dalam jumlah banyak. Buah asal Amerika ini biasanya disantap sebagai makanan penutup dan bisa diolah menjadi berbagai macam sajian, bisa digoreng, direbus, dikeripik, dibuat sale, atau dibakar sesuai dengan jenis pisangnya. Ada banyak varitas Pisang diantaranya yang terkenal manis adalah Pisang Ambon dan Pisang Barangan. Ada juga pisang Tanduk, Pisang raja dan banyak varitas lainnya. Namun yang unik adalah Pisang Belalai Gajah yang tandan Pisangnya tumbuh panjang membentuk belalai berjumlah puluhan sisir. Karena begitu panjang dan berat sudah barang tentu induk batangnya akan roboh kalau tidak ditopang dengan bambu atau kayu.
   Buah Rambutan juga sangat familiar karena harganya sangat murah dan terjangkau. Ada 7 Varitas Rambutan unggul Indonesia diantaranya adalah Rambutan Rapiah, Kapulasan, Antalagi, Lebak bulus, Sinyonya, Narmada, Binjai dan Batukganal. Namun mengkonsumsi buah rambutan jangan terlalu banyak karena bisa menyebabkan batuk-batuk. Buah Rambutan ini memang lebih banyak dibudidayakan di Indonesia Barat terutama di dataran rendah P.Jawa dan P.Sumatra sedangkan di Indonesia Timur tidak dibudidayakan. Hal ini disebabkan faktor iklim dan jenis tanah dan mungkin budaya setempat.
   Tanaman Buah yang hanya tumbuh di daerah dataran tinggi dan pegunungan adalah Strawberry yang banyak dibudidayakan pada ketinggian antara 1000 - 2500 m dari permukaan laut. Tanaman ini banyak di budidayakan di Pulau Jawa terutama Jawa Barat dan Jawa Timur. Rasa buah Strawberry sebenarnya tidak terlalu manis malah lebih dominan asam, namun kalau diolah dalam bentuk Jus tentu rasanya sangat lezat.
  Tanaman buah lain yaitu Sirsak dan srikaya diduga dapat menetralisir menjalarnya sel-sel kanker dan sudah dicoba secara ilmiah dan terbukti lumayan ampuh. Ada juga tanaman buah Tin tanaman yang tumbuh di Arab ini ternyata dapat juga tumbuh di Indonesia meskipun membutuhkan perawatan yang serius. Serta Buah Semangka yang menjadi kegemaran admin blog ini yang rasanya manis dan segar terutama dikonsumsi pada siang hari yang terik. Dan ada juga tanaman buah Indonesia yang menggerombol dikelilingi duri-duri yang tajam yaitu Buah Salak dengan Varitas yang unggul yaitu Salak Condet, Salak Bali, Salak Pondoh, dan Salak Madu.
Perkebunan Pepaya
Pepaya Gunung
Pepaya Hawai
Pepaya Bangkok
Pepaya Kalifornia
Pepaya Golden
Pepaya Gunung menggerombol di batangnya
Pisang Lemak Manis
Pisang Tanduk
Pisang Udang
Pisang Kepok
Pisang Lampung
Pisang Manggala
Pisang Emas
Pisang Merah
Pisang Awak Kepek
Pisang Batu
Pisang Belalai Gajah
Pisang Berangan Hijau
Pisang Berangan Kuning
Pisang Bulin
Pisang Ambon Putih
Pisang Kepok Kuning
Pisang Nangka
Pisang Raja
Pisang Raja Bulu
Pisang Ungu
Gerombol Buah Rambai
Buah Rambai
Rambutan Aceh
Rambutan Sibatuk Ganal
Rambutan Simacan
Rambutan Binjai
Rambutan Antalagi
Rambutan Lebak bulus
Rambutan Garuda
Rambutan Harvesting/Parakan
Rambutan Kapulasan
Rambutan Narmada
Rambutan Nona
Rambutan Rapiah
Rambutan Sinyonya
Buah Rassbery
Salak gading Merapi
Salak Madu asli
Salak Nglumut
Salak Pondoh
Salak Wedi
Salak Bali
Salak Condet
Salak Sidetan
Sawo Manila
Sawo Kecik
Sawo Mentega
Buah Semangka
Buah Sirsak
Buah Srikaya

Buah Strawberry
Buah Sukun
Buah Sukun muda
Kebun budidaya Timun
Buah Tin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.