"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Minggu, 13 Desember 2015

TANAMAN PERTANIAN BUAH-BUAHAN DI INDONESIA (BAGIAN 2)

   Pada bagian pertama telah ditampilkan beberapa jenis tanaman Buah-buahan yang dibudidayakan di Indonesia dari Alphabet A sampai J, maka pada bagian kedua ini kami lanjutkan dengan memperkenalkan Tanaman Buah-buahan di Indonesia jenis Jeruk , Kecapi, Kedebik, Kelengkeng, Kesemek, Kemunting, Kersen, Labu, Leci, Mahkota Dewa, Mangga, Manggis, Matoa, Melon, Nanas , buah Naga dan Nangka.
   Jenis buah-buahan ini tidak semua berasal dari Indonesia namun sudah bertahun-tahun ditanam dan dibudidayakan di Indonesia. Mereka ditanam pada beberapa vegetasi dan lahan mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi. Kersen adalah buah ceri asli Indonesia yang tumbuh liar di dataran rendah dan menjadi buah-buahan kesukaan anak-anak karena rasanya manis sedikit masam dan mungkin juga karena pohon buah kersen ini relatif rendah bisa dijangkau oleh anak-anak. Buah Mangga terdiri  atas beberapa jenis varitas dan memiliki citra rasa manis berbeda-beda, jenisnya antara lain Mangga Manalagi, Arum manis, Indramayu, Nokdomai asal Thailand, Mangga Gading dan sebagainya.
   Tanaman buah yang beracun rasanya pahit namun dapat menjadi obat antioksidan adalah Mahkota Dewa. Buahnya dipercaya bisa menetralisir dan menghambat perkembangan jaringan sel kanker dalam tubuh sekaligus juga bisa meredakan penyakit darah tinggi. Di Halaman rumah orang tua saya di Larangan Inpres kami menanam tumbuhan mahkota Dewa, dan beberapa jenis tanaman buah lain seperti Jambu Biji Merah, Belimbing wuluh, Belimbing, Mangga Gading, Pisang Lampung, tanaman obat seperti Sirih, Handeuleum, Cabe Rawit dan Lidah buaya. Jadi pada dasarnya buah-buahan juga berfungsi sebagai obat-obatan herbal yang mudah di dapat dan aman di konsumsi.
   Beberapa jenis tanaman lain ditanam pada daerah dataran tinggi atau pegunungan misalnya Leci dan Lengkeng. Kedua jenis tanaman berbuah kecil dan manis ini sebenarnya bisa juga tumbuh di dataran rendah asalkan tanahnya cocok dan cukup mendapat siraman hujan. Hanya saja buah ini kalau dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan batuk dan mungkin juga menyebabkan penderita Diabetes gulanya semakin naik.
    Buah Jeruk adalah buah-buahan populer dan banyak dikonsumsi penduduk Indonesia. Rasanya yang manis sedikit asam disukai banyak orang terutama anak-anak. Jenisnya bermacam-macam dari yang ukurannya kecil yaitu Jeruk Nipis sampai yang ukurannya besar yaitu Jeruk Bali. Di Indonesia juga dibudidayakan Jeruk Mandarin dan Jeruk Sankist Oranye yang oleh warga Indonesia etnis Tionghoa dijadikan buah-buahan wajib pada perayaan Imlek tahun baru Cina. Buah ini berkembang menjadi banyak varietas sesuai daerah yang membudidayakan, dan hampir semua wilayah di Indonesia bisa dibudidayakan tanaman Jeruk ini.
Jeruk Manis Lokal Banyuwangi

Jeruk Nagami
Jeruk Nipis
Jeruk Sukade
Jeruk Bali
Jeruk Citrun
Jeruk Hijau
Jeruk Jari Budha
Jeruk Kalamansi
Jeruk Karo
Jeruk Keprok Batu
Jeruk Lemon
Jeruk Oranye Kecil
Jeruk Pamelo
Jeruk Pepaya
Jeruk Purut
Buah Kecapi
Buah Kedebik
Buah Kedondong
Buah Kelengkeng
Buah Kemunting
Buah Kersen
Buah Kesemek
Buah Labu Botol
Labu Kuning
Buah Leci
Tanaman Leci berbuah lebat
Buah Letup
Buah Lobi Lampung
Buah Magnolia
Mahkota Dewa
Mangga Manalagi
Mangga Chokanan
Mangga endok
Mangga Okyong
Mangga Gedong Gincu
Mangga Golek
Mangga Kemang
Mangga Lali Jiwo
Mangga Madu
Mangga Merah
Mangga Apel
Mangga Arum Manis
Mangga Indramayu
Mangga Chokbabun
Mangga Nomdokmai
Mangga Yuwen
Buah Manggis
Buah Manggoas bulat
Buah Motoa
Buah Motoa Hijau
Buah Melon
Buah Melon Madu
Buah Melon Golden Honey
Buah Melon Kuning
Buah Melon lonjong bergaris
Buah Murbai
Buah Naga
Nanas Merah
Nanas Kuning
Buah Nangka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.