"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Kamis, 31 Desember 2015

JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR MANFISH, BOTIA DAN PALMAS

    Ikan Hias air tawar memiliki daya tarik mempesona, terutama dari corak, warna dan bentuknya. Pada Postingan kali ini kami memperkenalkan 3 Jenis Ikan Hias air tawar Manfish, Botia dan Palmas.
Yang pertama Ikan hias Manfish atau yang juga dikenal dengan sebutan Angel Fish. Ikan ini berasal dari perairan sungai Amazon, Brazil, Amerika Selatan. Manfish (Pterophyllum tergolong kedalam famili Cichlidae memiliki ciri morfologis warna dan jenis yang bervariasi , bentuk tubuh pipih seperti anak panah, sirip perut dan sirip punggungnya membentang lebar kearah ekor , sehingga tampak seperti busur yang berwarna transparan. Pada bagian dadanya menjuntai dua sirip sampai ke bagian ekor,  bersifat omivora dan tergolong mudah menerima bentuk makanan apapun. Beberapa Ikan Manfish yang sudah terkenal dan berkembang di Indonesia adalah Jenis Diamond, Imperial, Marble dan Black-White.
   Ikan Botia adalah kelompok Ikan dari suku coptidae , yang secara ilmiah Ikan ini berubah genusnya menjadi Chromobotia, Syncrossus, Yasuhikotakia dan sebaginya sehingga penyebutan Ikan Botia hanya tinggal terjadi di dunia Ikan Hias. Ikan Botia yang dipelihara di Aquarium sebaiknya dengan jumlah 5 7 ekor per kelompoknya . Mereka akan berenang bergerombol mengelilingi aquariaum dan menunjukkan perilaku dan atraksi menarik bagi siapa saja yang melihatnya. Gerakkan ikan ini yang meliuk-liuk, bersentuhan dan bergesekan dengan sesamanya akan menjadi tontonan yang tidak membosankan. Kadang-kadang Ikan Botia ini diam tiduran pada sisi tubuhnya seolah-olah tidak bergerak sehingga nampak ikan ini seperti sakit atau malah mati, padahal sebenarnya ini adalah perilaku normal dari Ikan Botia.
   Ikan Palmas atau disebut juga Ikan Bichir, Ikan ini termasuk Ikan Predator yang bentuk fisiknya mirip dengan ikan jaman pra sejarah atau ikan purba namun kelihatan lebih eksotis. Kebiasaan ikan ini adalah berdiam di dasar Aquarium seperti kebiasaannya di alam bebas. Bahkan Ikan ini mampu bertahan hidup di luar air untuk beberapa waktu lamanya. Di daratan selama beberapa menit Ikan ini seolah-olah hidup dan berjalan menggunakan siripnya, sebelum kembali ke air. Ikan Palmas berasal dari sungai-sungai di Afrika tengah seperti Sungai Kongo dan Zambesi, ukuran tubuhnya antara 35 cm sampai dengan 75 cm dengan jenis terbesar adalah Palmas Endliceri yang berasaldari Kongo. Karena Ikan ini termasuk predator maka pakannya juga berasal dari Ikan-Ikan kecil lainnya .

Bichir Frankensfish
Black Ghost
Black Ghost Knife
Dragon Fish Ornate
Endicheri Palmas
Jack Knife Fish
Knife Medium Fish
Green Palmas Fish
Palmas Bactioferi Fish
Poly Palmas Fish
Bichir Albino Senegal
Grey Poly Palmas
Botia Blue Loach
Botia Balmoreae
Botia Kubotai
Botia Striata
Botia Angelicus Loach
Botia Chain Loach
Botia Darfw Moiase
Botia Gold Zebra Loach
Botia Ohachata
Botia Panda
Botia Red Tail
Chromo Botia Macracantus
Clown Botia Chromo Macracantus
Diamond Manfish
Fish Water Angel Fish
Angel Fish Zebra
Angel Fish Platinum
Black Angel Fish
White Man Fish
Manfish Black-White
Imperial Angel Fish
Angel Manfish
Manfish Layang-layang
Marble Manfish
Tri Colour Manfish

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.