"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Selasa, 22 Desember 2015

MINERAL PEMBENTUK BATUAN

   Kerak Bumi disusun oleh sekitar 90 jenis unsur kimia. Dengan berbagai cara beberapa unsur dapat bergabung membentuk salah satu diantara 3000 persenyawaan yang kita kenal dengan nama mineral. Contoh mineral yang khas adalah kwarsa dan kalsit. Kwarsa dibentuk dari unsur silika dan oksigen. Rumus kimianya adalah SiO2, yang menyatakan tiap molekul kwarsa terdiri dari gabungan satu atom silika dengan dua atom Oksigen. Kwarsa selalu mempunyai susunan yang sama, SiO2. dimanapun dan bagaimanapun cara pembentukannya. Nama kimianya yang sesungguhnya adalah Silikon dioksida. Kalsit juga selalu mempunyai susunan yang sama CaCO3, Nama Kimianya adalah Kalsium Karbonat.
   Setiap mineral selalu terbentuk dari unsur-unsur yang sama dengan perbandingan yang tertentu. Batuan tidak demikian halnya. Dua keping granit mungkin terdiri dari mineral-mineral yang sama yaitu Kwarsa, Felspar dan Mika. Tetapi perbandingan banyak mineral yang dikandungnya tidak selalu sama. Karena besarnya jumlah ragam mineral maka pengenalan maupun penggolongannya merupakan pekerjaan yang sulit. Sifat-sifat seperti bentuk, ukuran dan warna dapat menyesatkan. Warna kuning mengkilat dari Pyrit  sering menipu pengamat lapangan yang menyangka menemukan emas. Karena itu Pyirit mendapat julukan Emas orang tolol.
   Sebagaimana halnya dengan tanaman dan hewan, mineral terdiri dari berbagai jenis, warna dan daya tarik. Manusia memenfaatkan sejumlah besar mineral yang digali dari dalam tanah, untuk bermacam keperluan. Namun karena banyaknya mineral yang serupa, maka pengenalan salah satu diantara 3.000 mineral pembentuk kerak Bumi bukanlah tugas yang mudah.
   Kekerasan mineral dinyatakan dalam skala kekerasan yang dikemukakan oleh seorang ahli mineral Jerman, Friedrich Mohs. Dengan menentukan 10 mineral menurut urutan kekerasannya, disusun suatu standar yang dipakai sebagai pembanding terhadap mineral-mineral lain. Mineral paling lunak yaitu Talkum, diberi skala 1 dan skala 10 diberikan kepada mineral paling keras yaitu Intan. Mineral dalam skala ini dapat menoreh mineral yang lebih lunak yang terdapat dibawahnya dan kalah ditoreh oleh mineral lebih keras yang terletak disebelah atasnya dalam daftar.
   Berikut ini adalah urutan kekerasan Mineral menurut Mohs :
 1. Talk dapat dihancurkan dengan kuku
 2. Gipsum dapat ditoreh dengan kuku
 3. Kalsit dapat ditoreh dengan uang perunggu
 4. Fluorit dapat ditoreh dengan kaca
 5. Apatit dapat ditoreh dengan pisau saku
 6. Felspar dapat ditoreh dengan Kwarsa
 7. Kwarsa dapat ditoreh dengan kikir baja
 8. Topas
9. Korundum
10 Intan, Mineral paling keras

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.