"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Kamis, 31 Desember 2015

JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR MAS KOKI, CUPANG DAN ARWANA

   Jenis Ikan Air tawar yang paling populer dan sering dijadikan ikan kesayangan dalam Aquarium adalah Ikan Mas Koki, Ikan Cupang Hias dan Ikan Arwana. Ikan-Ikan ini relatif mudah dipelihara dan berkembang biak dan harganya terjangkau oleh sebagian masyarakat. Mungkin yang sedikit agak Prestisius nilai dan harganya adalah Ikan Hias jenis Arwana. Di Indonesia sebenarnya Ikan ini mulai langka dan sudah mulai dilindungi, namun keberadaannya di alam liar terutama sungai-sungai di Sumatera dan Kalimantan serta Papua sudah mulai berkurang oleh karena itu pemeliharaan Ikan Arwana yang dilakukan dengan tujuan Budidaya dan penangkaran oleh perorangan atau kelompok tidak dilarang bahkan didukung pemerintah, karena dengan adanya budidaya Ikan Arwana ini jelas akan menambah dan meningkatkan populasi Ikan Arwana.
  Ikan Arwana selain keindahan dan kecantikannya juga menjadi saksi sejarah serta bukti ilmiah bahwa sungai-sungai di Sumatera dan Kalimantan pernah menyatu pada Zaman pleistosen dahulu. Ikan Arwana ditemukan di sungai Musi, Batang Hari, Indragiri, Kampar yang merupakan hulu dan bagian anak sungai yang menyambung dengan dungai-sungai di Kalimantan Barat misalnya sungai Kapuas, sungai Polmas dan sungai Landak yang akhirnya bermuara ke laut Natuna. Kedua Tipe Ikan Arwana ditemukan juga disungai-sungai Kalimantan. Demikian pula Jenis Ikan Arwana Irian juga ditemukan di sungai-sungai sebelah Utara Australia sebelum akhirnya Sunda Plat dan Sahul Plat tergenang oleh air laut dan memisahkan kedua daratan tersebut.
   Ikan Arwana selain cantik dengan corak dan warna sisiknya terutama Ikan Arwana Super Red, Ikan Arwarna yang berasal dari Indonesia tepatnya sungai Kapuas dan Danau Sentarum, Kalimantan Barat ini memunculkan mitos di sebagian masyarakat, apabila memelihara Ikan ini di rumahnya, maka orang tersebut akan selalu mendapat rejeki yang banyak, namun sekali lagi ini hanya mitos jangan dipercaya. Namun memelihara Ikan Arwana sebagai bagian pada kecintaan pada Fauna yang kita miliki tidak salah dan seharusnya dikembangkan selain rasa memiliki juga muncul kesadaran untuk ikut menjaga dan melestarikan kelangsungan hidup ikan ini di alam liar.
   Ikan Kedua yang populer dan banyak dipelihara adalah Ikan Mas Koki, selain warna dan coraknya yang menarik juga bentuknya yang aneh dan menakjubkan sehingga ikan ini di dalam aquarium kelihatannya sangat lamban berenang dan menjadi bulan-bulanan jenis ikan lainnya. Sebenarnya Ikan Mas Koki yang asli tidak semarik seperti Jenis Ikan Mas Koki yang kita lihat sehari-hari . Ikan Mas asli sebenarnya bentuknya biasa-biasa saja namun kemudian dikembangkan oleh beberapa ahli penangkaran di Cina dan Jepang sehingga menghasilkan strain-strain baru dengan varietas yang berbeda-beda baik bentuk, corak, sirip maupun warnanya. Di cina sendiri sebagai negara asal Ikan ini sudah dikembangkan strain-strain baru Ikan Mas Koki yang jumlahnya sudah melebihi 126 varietas jenis Ikan Mas Koki baru.
   Jenis ketiga Ikan Hias air tawar yang dikenal masyarakat adalah Ikan Cupang yang sebenarnya di masyarakat lebih populer dikenal sebagai Ikan Aduan. Namun disini Ikan Cupang sebenarnya bukan untuk di adu tapi dilihat keindahannya sebagai Ikan Hias. Memang sebenarnya Ikan Cupang dikenal sebagai Ikan petarung , agresif dan suka menyerang namun karena keindahan warnanya, keindahan bentuk siripnya, gerakan berenangnya yang tenang dan berwibawa, Ikan ini juga dipelihara sebagai Ikan Hias.Habitat asli Ikan Cupang berada di wilayah Asia Tenggara meliputi Thailand, Vietnam, Kamboja , Malaysia, Brunei dan Indonesia. Ikan ini banyak ditemukan di Sungai-sungai, Danau, Rawa-rawa, lubuk, sawah dan air yang menggenang. Beberapa Ikan Cupang mendapat nama dan julukan yang indah seperti Bulan setengah (Halfmoon), Serit (Crwon Tail), Petarung (Plakat) Cagak (Double Tail) dan beberapa julukan lainnya. Namun perlu diketahui jenis-jenis Ikan Cupang yang memiliki corak keindahan yang berbeda-beda adalah hasil dari proses silangan Ikan Cupang yang ada di alam.
Arwana Merah Banjar
Arwana Jardini
Arwana Afrika
Arwana Black Golden
Arwana Croos Black Golden
Arwana Golden Pino
Arwana Irian Panca Warna
Arwana Red Banjar
Arwana Red Tail Golden
Arwana Silver
Arwana Super Red
Cupang Betta Orange
Cupang Giant
Cupang Platinum Rose Tail
Cupang Halfmoon
Cupang Plakat Red
Cupang Red Blue Combo
Cupang Serit Green
Cupang Plakat Blue Sea
Cupang Blue Hwak Dragon
Cupang Crown Betta
Cupang Double Tail
Cupang Plakat Gold
Cupang Petko Betta
Cupang Plakat Dragon
Cupang White Betta
Cupang Yellow Batterfly
Arwana Golden Red Mahato
Mas Koki Buttefly Tail
Mas Koki Choten Colestial
Mas Koki Lion Head
Mas Koki Panda Moor
Mas Koki Ranchu
Mas Koki Sisik Mutiara
Mas Koki Wakin
Mas Koki Fan Tail
Mas Koki Biasa
Mas Koki Black Moor
Mas Koki Buble Eye
Mas Koki Calacio
Mas Koki Comet Golden Tail
Mas Koki Common Goldfish
Mas Koki Fantail Fish
Mas Koki Teleskop Moor
Mas Koki Oranda
Mas Koki Pearscale
Mas Koki Pompoms
Mas Koki Yukin
Mas Koki Sakura
Kawanan Mas Koki Shunbunkin dan Mas Koki Komet
Mas Koki Tosakin
Mas Koki Ventail Goldfish
Mas Koki Watonai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.