"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Kamis, 31 Desember 2015

JENIS-JENIS IKAN HIAS AIR LAUT : IKAN KORAL TROPIS

   Permukaan Bumi yang sebagian besar merupakan samudera (73%) merupakan habitat dan tempat tinggal berjuta-juta ekor biota laut diantaranya adalah Ikan. Kekayaan Ikan Laut yang berlimpah dimanfaatkan manusia untuk kebutuhan ekonomi baik sebagai Ikan Konsumsi maupun Ikan Hias yang di perdagangkan untuk kegemaran atau Hobbies. Dari seluruh bagian samudera di permukaan Bumi zona yang menjadi habitat favorit kehidupan Ikan adalah wilayah beriklim Tropis. Di bagian terumbu karang, koral maupun pesisir laut pada zona Lithoral dan Neritis keberlimpahan jenis Ikan Tropis bisa ditemukan disini. Warna , corak dan bentuk yang menarik menjadi incaran para Hobies Ikan Hias untuk mendapatkannya. Ikan Hias Air Laut Tropis yang semula hidup di terumbu karang dan koral dipindahkan kedalam wadah Aquarium sehingga bisa dinikmati keindahannya setiap saat.
   Ikan Hias air laut yang sering dipelihara dalam Aquariun dan penampilannya paling menarik antara lain :
1. Kelas Angel Fish atau biasa disebut Ikan Angel
2. Kelas Batterfly Fish atau biasa disebut Ikan Kepe-kepe
3. Kelas Surgeon Fish atau biasa disebut Ikan Tang
4. Kelas Clown Fish atau biasa disebut Ikan Badut
5. Kelas Damsel Fish atau biasa disebut Ikan Betok
   Diantara ke lima Kelas Ikan Hias air laut yang habitatnya di daerah Terumbu Karang daerah Tropis ini mungkin yang paling populer adalah Ikan Clown Fish atau Ikan Badut, Kepopuleran Ikan Clown ini karena Booming Film Animasi berjudul Finding NEMO beberapa tahun yang lalu, sehingga hampir semua orang dari segala lapisan usia mengenal Ikan Karang ini terutama anak-anak. Perairan Laut Tropis di Indonesia juga menyimpan kekayaan dan keanekaragaman ke lima Kelas Ikan Hias air laut ini termasuk Ikan Clown. Daerah Terumbu Karang dan Taman Laut Indonesia yang sekaligus dijadikan tempat rekreasi Diving seperti Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara, Nusa Panida (Bali), Raja Ampat (Papua), Banda (Maluku) Kakaban (Kalimantan Timur) Kepulauan Seribu (Jakarta), Tangkebonarete (Sulawesi Selatan) Sabang (Aceh) Anambas (Riau Kepulauan) dan beberapa wilayah terumbu Karang lainnya di Indonesia adalah surga bagi kehidupan Angel Fish, Battefly Fish, Surgeon Fish, Clown Fish dan Damsel Fish.
   Namun sebenarnya dari kelima Kelas Ikan Hias air laut tersebut yang terbanyak jenis, spesies maupun populasinya adalah Ikan Hias dari kelas Angel Fish. Ikan ini memiliki corak, bentuk dan warna yang beraneka ragam selain ukurannya lebih besar dibandingakan Kelas yang lain. Ikan Angel merupakan Ikan yang sangat kuat dan dapat bertahan hidup cukup lama apabila dirawat dengan baik. Bahkan ada beberapa jenis Ikan Angel yang mampu bertahan hidup sampai 30 tahun. Semua Ikan jenis Angel termasuk Protogynous Hermaphrodites yang artinya secara seksual pada awal hidupnya berstatus Ikan betina dan kemudian setelah ukurannya bertambah besar menjadi jantan.Ikan Angel lebih senang hidup menyendiri pada perairan dangkal dengan kedalaman antara 2 sampai 20 meter dari permukaan laut. Walaupun ada beberapa jenis Ikan Angel yang hidup dalam perairan sedalam 50 meter, karena itu ada Ikan Angel yang hidupnya bersifat Teritorial. Ada banyak sekali jenis Ikan angel ini, di Indonesia diperkirakan ada 47 jenis Ikan Angel dari sekitar 86 jenis yang sudah diidentifikasi diseluruh wilayah perairan Tropis di dunia. Berikut ini adalah beberapa jenis Ikan Koral baik dari Kelas Angel, Batterfly, Surgeon, Clown dan Damsel.
Angel Annular Pomacanthus
Angel Fish Porter
Gerombol Ikan Angel Baterfley Fish
Betok Ambon
Blue Face Mayestic Angel Fish
Blue Letter Siz Angel Fish
Breeding Nemo
Brighty Colored Angel Fish
Batterfly Yellow Fish
Candy Baslet Fish
Cardinal Fish
Clown Fish di terumbu Karang
Clown Fish di dalam Anemon
Coral Cod Red Seranidae
Kawanan Coral dan Reef Fish Tropis
Double Saddley Batterfly Fish
Flame Red Angel Fish
French Angel Fish
Leopard White Angel Fish
Genera Marine Angel Fish
Rabbit Seganus Fish
Grey Angel Fish
Grey Black Angel Fish
Harley Quintin Fish
Blue Parrot Angel Fish
Juvenil Emperor Angel Fish
Juvenil Frenc Angel Fish
Kepe-Kepe Botana Angel Fish
Leopar Blenny Fish
Leopard Tropicl Chelapolie Fish
Verde Reef Fish
Meleagris Leopard Angel Fish
Mandarin Fish
Groper Miniatus Fish
Parrot Angel Fish
Keper Maron Clown Fish
Kawanan Pink Coral Fish
Pomachantus Paru Angel Fish
Emperor Blue Angel Fish
Queen Angel Fish
Salt Water Fish
Schrible Angel Fish
The Pepermint Angel Fish
Tropical Discus-Angel Fish
Watcman Gobies Fish
Yellow Mask Angel Fish
Yellow Box Fish
Yellow Tail Tang Fish
Yellow Tail Damsel Fish
Emperor Angel Fish
Yellow Tang Fish

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.