"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Selasa, 01 Desember 2015

KELUARGA BURUNG PARUH BENGKOK DI INDONESIA (BAGIAN 2)

   Pada bagian pertama telah ditampilkan foto-foto Spesies Burung Paruh Bengkok di Indonesia dari Jenis Betet, Kakatua, Serindit dan Kringking. Maka pada bagian ke dua ini kami tampilkan keluarga Burung Paruh Bengkok dari jenis Nuri dan Perkici. Spesies Burung Nuri atau yang sering kita kenal dengan nama lain Beo adalah jumlah spesies dengan jumlah jenis yang paling banyak.Wilayah Indonesia yang berada di sekitar garis Khatulistiwa dan beriklim tropis menjadi surga bagi jenis burung berparuh bengkok ini. Apalagi wilayah Indonesia yang terdiri atas Kepulauan yang dikelilingi oleh laut, selat, teluk dan samudera menjadi habitat yang sangat ideal bagi spesies ini. Oleh karena itu spesies ini banyak sekali ditemukan di wilayah Timur Indonesia khususnya Maluku.
   Pada saat ini keberadaan populasi fauna Burung berparuh bengkok masih aman dan jumlahnya masih cukup banyak, namun adanya perburuan dan perdagangan ilegal jenis burung ini merupakan ancaman serius apabila eksploitasi penangkapan burung ini dilakukan terus menerus. Keuntungan yang didapat para pedagang dan pemburu liar dari penjualan Burung ini di dalam dan di luar negeri cukup besar karena burung ini bernilai ekonomis dan mudah diperjual belikan. Apabila perdagangan gelap dan penangkapan spesies burung ini tidak segera dihentikan, jelas kelangsungan hidup beberapa jenis burung berparuh bengkok benar-benar terancam.Oleh karena itu Pemerintah harus benar-benar melakukan pengawasan terhadap perdagangan jenis Burung ini agar terhindar dari ancaman kepunahan.
Nuri Kepulauan Aru
Nuri Coklat
Nuri Kalung Ungu
Nuri Kelam
Nuri Macan
Nuri Maluku
Nuri Raja Kembang
Nuri Sayap Hitam
Nuri Talaud
Nuri Tanimbar
Nuri Telinga Biru
Nuri Ara Besar
Nuri Ara Halmahera
Nuri Ara Mata Ganda
Nuri Ara Pipi Kuning
Nuri Kate Dada Merah
Nuri Kate Gelvink
Nuri Kate Pusio Papua
Nuri Kate Topi Kuning
Nuri Raja Sayap Ambon
Nuri Raja Sayap Kuning
Perkici Arfak Papua
Perkici Biak
Perkici Dagu Merah
Perkici Dora
Perkici Flores
Perkici Garis
Perkici Iris
Perkici Josephina
Perkici Kepala Merah
Perkici Kerdil
Perkici Kuning Hijau
Perkici Oranye Fortis
Perkici Otto Papua
Perkici Paruh Jingga
Perkici Pelangi Pulau Buru
Perkici Pipi Merah
Perkici Timor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.