"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Minggu, 13 Desember 2015

TANAMAN PERTANIAN BUAH-BUAHAN DI INDONESIA (BAGIAN 1)

    Sebagai  negara beriklim Tropis, Indonesia diuntungkan dengan keadaan iklim dan cuaca yang stabil dengan curah hujan sepanjang tahun karena adanya pergerakan angin Muson Barat Laut dari arah Benua Asia yang mendatangkan uap air sehingga Indonesia mengalami musim hujan antara Oktober - April dan angin Muson Tenggara dari arah benua Australia yang sedikit membawa uap air sehingga Indonesia mengalami musim kemarau antara April - Oktober. Disamping curah hujan yang cukup besar Indonesia juga diuntungkan dengan kondisi lapisan tanah dan jenis tanahnya yang subur seperti jenis tanah Aluvial, tanah humus dan tanah vulkanik. Gunung berapi di Indonesia yang jumlahnya lebih dari 150 an ikut menyumbang kesuburan tanah Indonesia dengan sisa-sisa erupsi letusan yang meninggalkan lapisan tanah  vulkanik yang sangat subur.
   Kondisi inilah yang menyebabkan berbagai jenis tumbuhan bisa hidup dengan subur di Indonesia, termasuk tanaman-tanaman introduksi yang berasal dari benua lain terutama tanaman buah-buahan yang berasal dari Benua Amerika. Usaha-usaha budidaya tanaman buah-buahan di Indonesia cukup berhasil walaupun memang tetap sebatas memenuhi kebutuhan dalam negeri. Namun seandainya usaha intensifikasi maupun Diversifikasi pertanian dilakukan dengan maksimal maka Indonesia akan menjadi negara pengekpor Buah-buahan ke manca negara. Impian ini bisa saja diraih walaupun harus kita akui Indonesia masih sangat tertinggal dalam masalah teknologi pertanian maupun kualitas sumber daya manusia yang jauh tertinggal dibandingkan negara-negara maju termasuk negara tetangga Thailand yang cukup berhasil di bidang pertanian.
   Pada bagian pertama ini akan saya tampilkan foto-foto komoditas pertanian buah-buahan yang sudah begitu kita kenal sebagai bagian suplemen tambahan diluar makanan pokok penduduk Indonesia baik yang berasal dari tanaman asal benua lain dan asli Indonesia sebagai gambaran ilustrasi betapa kayanya Indonesia dengan hasil pertanian. Coba anda bandingkan apakah tanaman buah-buahan ini dapat tumbuh di Australia misalnya ? Atau dapatkah tanaman ini tumbuh di negara-negara Arab yang iklimnya kering dan panas ? Tidak mungkin bukan. Seperti lagu Group Band Koesplus yang berjudul Kolam Susu, dalam salah satu liriknya dikatakan tanah kita adalah tanah surga, lempar batu dan tongkat jadi tanaman. Betapa lirik ini menggambarkan kesuburan tanah di Indonesia yang harus kita syukuri sebagai karunia dari Allah, Tuhan semesta alam.
   Buah-buahan selain rasanya manis dan segar juga dapat digunakan untuk menyembuhakan penyakit atau paling tidak membantu mengobati misalnya Belimbing dan Belimbing Wuluh dapat meredakan penyakit darah tinggi, Jambu batu dan Jambu Biji merah bisa mengurangi efek serangan penyakit Demam berdarah termasuk daunnya bisa digunakan untuk meredakan diare atau buang-buang air. Kolang-kaling bisa meredakan asam lambung, Blewah dapat menjadi pembuka di bulan ramadhan sebagai buah segar pengganti Kurma dan tentu buah-buahan lain juga memiliki kasiat masing-masing dan tentu ahli gizi dan dokter yang mengetahuinya.
   Karena begitu banyaknya jenis tanaman buah-buahan ini maka pada postingan kali ini kami tampilkan beberapa jenis buah-buahan berdasarkan urutan Alphabet bukan berdasarkan pada rumpun atau keluarga jenis buah-buahan. Postingan ini tidak memberikan diskripsi lengkap tapi hanya sekedar memperkenalkan jenis buah-buahan yang ada dan dibudidayakan di Indonesia. Kali ini kami tampilkan jenis Buah dari keluarga Alpukat, Anggur, Apel, Belimbing,Blewah, Buni, Cempedak, Cerry, Durian, Jamblang dan Jambu-jambuan.
Alpukat
Anggur Hitam
Anggur Putih
Anggur Ungu
Anggur Hijau
Anggur Merah
Tanaman Buah Apel
Apel Merah
Apel Hijau
Apel Merah yang menggerombol di ranting pohon
Apel Merah Malang yang segar siap petik
Buah Aren (Kolang-Kaling)
Buah Bangkuang
Belimbing
Buah Belimbing Wuluh
Belimbing Wuluh yang menggerombol di dahan pohon
Blackberry
Blewah Organik
Blueberry
Buah Nasi Nasi
Buah Buni menggerombol di ranting
Buah Buni Kalimantan
Buah Cempedak
Buah Ceri
Ceri Sakura

Buah Cerry pegunungan
Buah Delima Hitam
Buah Delima Merah
Buah Duku Palembang
Durian Merah
Durian Belanda
Durian Petruk
Durian Bawor
Durian Monthong
Durian Musang King
Durian Petruk
Buah Gandaria
Buah Jamblang
Jambu Air Merah
Jambu Air Nasi-nasi
Jambu Biji Merah
Jambu Kristal
Jambu Madu Deli
Jambu Mawar
Jambu Monyet
Jambu Bol
Jambu Air Apel
Jambu Air Putih
Jambu Air Citra
Jambu Air Hijau
Jambu Air Susu
Jambu Arang
Jambu Bola
Jambu Golok
Jambu Keling
Jambu Kemang
Jambu Klutuk
Jambu Mawar
Jambu Air Putih Warda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.