"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Senin, 14 Desember 2015

MENGENAL JENIS IKAN LAUT DALAM DAN IKAN BERACUN

   Pada Postingan kali ini kami akan memperkenalkan jenis-jenis Ikan di Laut dalam baik yang ada di Indonesia maupun di beberapa samudera di dunia. Wilayah Indonesia sendiri memiliki laut dalam berbentuk Basin atau lubuk laut seperti Laut Sulawesi, Laut Banda, Laut Sawu dan Laut Flores. Disamping itu wilayah Indonesia juga dikelilingi dua samudera yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Palung Jawa yang letaknya di selatan Jawa adalah titik terdalam disamudera Hindia dengan kedalaman lebih dari 7000 m dan masih masuk dalam laut Zone Ekonomi Eklusif (ZEE) indonesia. termasuk beberapa palung yang ada di samudera Pasifik misalnya palung Mindanau bagian selatan masuk dalam wilayah laut teritorial Indonesia.
   Pada zone laut dalam inilah ditemukan kehidupan laut yang masih misterius dengan bentuk fauna lautnya yang unik, aneh bahkan menyeramkan. Bahkan di Laut Sulawesi Indonesia masih memiliki jenis Ikan Laut Purba yang ditemukan pada awal abad ke 20 ini yaitu Ikan Coalacant. Ikan ini menjadi 1 diantara 2 fauna purba Indonesia yang masih hidup. Ikan ini sebenarnya hidup di laut dalam, namun kadang-kadang naik ke permukaan untuk menghiruf oksigen dan tanpa sengaja terjaring oleh jala nelayan di P.Menado Tua, Sulawesi Utara. Sekarang specimen Ikan Coalacant purba ini bisa dilihat di Museum Zoologi Bogor. Jumlah populasi Ikan Purba ini di Laut Sulawesi tidak diketahui jumlahnya namun diperkirakan tidak lebih dari 100 ekor. Ikan purba ini juga ditemukan di perairan samudera Hindia di wilayah Timur Madagaskar, Afrika suatu jarak wilayah yang cukup jauh dari kerabatnya di laut Sulawesi.
   Pada postingan ini kami tidak membuat diskripsi ikan-ikan laut dalam ini termasuk wilayah penyebarannya, hanya sekedar memperkenalkan bahwa Allah maha pencipta mahluknya begitu hebatnya dengan keunikan fauna yang ada di samudera dalam ini.
Angler Fish
Dangler Fish
Armoeded Sea Robin
AngelFish Atlantic
Black Dragon Fish
Blob Fish
Blue Dragon Fish
Box Jelly Fish
Buntal / Blow Fish
Coalacant purba di Laut Sulawesi
Crimson Jelly Fish
Dragon Fish
Fang Tail Fish
Fang Tooth Fish
Frilled Shark
Frilled Shark Abu-abu
Gulper Eel Fish
Gulper Eel Brown Fish
Gurita Raksasa
Jellywhite Fish
Cristal White Fish
Sopod Fish
Kawanan Jelly Fish
Sungut Gada
Ikan Lepu
Long Nosed Chemeira
Megamouth Sark
Moray Eel Teeth Putih
Moray Eel Teeth Kuning
Nautilus Fish
New Species
Dolm Fish
Urchin Sea
Sea Dragon Fish
Stargazer Fish
Stone Fish
Viper Fish Hitam
Viper Fish Coklat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.