"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Minggu, 01 Juli 2018

HARI BUAH SEDUNIA TAHUN 2018

  
   Hari ini Minggu, 1 Juli 2018 adalah hari dimana ditetapkan sebagai Hari buah Internasional yang diputuskan dalam pertemuan di Mauerpark Berlin, Jerman. International Fruit Day atau Hari Buah Internasional adalah hari perayaan internasional yang dirayakan setiap tanggal 1 Juli di tiap tahunnya. Hari Buah Internasional ditetapkan pada tahun 2007 di Berlin, Jerman.
Tujuan diadakannya Hari Buah Internasional adalah untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap konsumsi buah-buahan lokal.
  Setiap tahunnya, Hari Buah Internasional memiliki sebuah program yang bernama “Fruit of the Year”. Buah yang terpilih sebagai “Fruit of the Year” untuk tahun 2017  adalah buah quince. Buah quince yang memiliki nama Latin berupa Cydonia oblonga merupakan buah eksotis asal Turki yang masih “bersaudara” dengan buah apel dan buah pir. Untuk tahun 2018 ini buah yang terpilih sebagai "Fruit of the Year" adalah buah kiwi, buah yang berasal dari Selandia Baru berdasarkan hasil voting suara terbanyak. Buah Kiwi juga dikenal sebagai gooseberry Cina dan saat ini sudah dikembangkan di California, Chili dan Israel.
  Tahun-tahun sebelumnya buah yang terpilih antara lain Bluebery, strawberi, buah frambos (raspberry), apel, nanas, mangga, ceri, buah ara dan pear. Selengkapnya Buah terpilih sebagai Fruit of the Year dari tahun 2007-2018 adalah sbb
Tahun 2018 - kiwi
Kiwi juga dikenal sebagai gooseberry cina adalah pemenang untuk 2018 melalui voting. Buah ini menjadi terkenal dari asalnya di Selandia Baru dan tumbuh dibudidayakan saat ini di California, Chili, dan Israel. Kiwi dikenal sebagai buah coklat keras dan daging hijau atau kuning juicy ketika matang. Kiwi kaya akan vitamin C dan tanin, membantu memperkuat sistem kekebalan dan metabolisme.
Tahun 2017 - quince
Quince keras dan halus terpilih sebagai Buah 2017 dan telah mengalahkan banyak buah eksotis yang langka di kuesioner tahun itu. Buah ini menghasilkan 25,74% diikuti oleh mawar pinggul (16,83%) dan melon semangka dengan 15,84%. Quies digunakan dalam kemacetan, minuman keras, anggur, alkohol atau bahkan hidangan oriental dengan safron.
Kiwi Fruit of the Year 2018
Tahun 2016 - jeruk nipis

Pemenang untuk tahun Buah 2016 dari sepuluh buah yang dipilih secara acak adalah jeruk nipis dengan 20% diikuti oleh physalis (13%) dan clementine (11%). Limau hari ini tersedia sepanjang tahun karena mereka adalah buah tropis yang asam dan sering digunakan dalam minuman atau untuk membumbui makanan dan hidangan.
Tahun 2015 - blueberry
Blueberry telah terpilih sebagai Buah Of The Year 2015. Blueberry juga disebut bilberry atau huckleberry dan segar di musim panas dari Siberia ke Amerika Utara. Dikonsumsi sendiri baik untuk pencernaan, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu dalam tindakan untuk menurunkan berat badan.
Tahun 2014 - pir
Pir adalah pemenang Buah Of The Year 2014 karena mereka kaya akan zat untuk meningkatkan pertumbuhan dan mengatur pencernaan. Buah ini wajib ada di keranjang buah. Rasa aromatik luar biasa dalam banyak salad - buah atau sayuran - dan makanan penutup, isian, selai atau jus.
Tahun 2013 - ara
Ara memenangkan suara dan buah tahun 2013. Ara sudah menjadi buah yang dibudidayakan oleh manusia. Saat ini buah ara tumbuh di sekitar Laut Mediterania dan mengandung enzim yang mendukung pencernaan dan banyak vitamin B1 yang berfungsi memulihkan stres.
Tahun 2012 - ceri
Menjadi buah pohon sakura hari ini yang populer berasal dari Timur Dekat dengan bunga sakura yang indah setiap musim semi. Dengan beragam ceri, Fruit Of The Year 2012, sering digunakan untuk makanan pencuci mulut, yoghurt, jus, pai dan kue, tetapi dicerna terbaik saat dimakan sendiri.
Tahun 2011 - mangga
Mangga adalah buah eksotis terbaik untuk menikmati rasa tropis dari berbagai buah. Dengan banyak vitamin yang buah ini dapat melindungi dari flu dan mengurangi stres. Dimakan segar, sedikit dimasak atau sebagai jus mangga sangat menyegarkan dan terpilih sebagai buah Tahun 2011.
Tahun 2010 - nanas
Nanas digunakan dalam berbagai hidangan manis dan asam serta untuk pencuci mulut dan jus atau untuk menghias koktail. Dengan semua vitamin dan 16 zat mineral nanas yang berbeda adalah Buah Of The Year 2010 dan sumber yang sempurna untuk menyembuhkan banyak cacat.
Tahun 2009 - apel
Slogan"Sebuah apel sehari membuat dokter pergi," sudah dikenal. Apel mengantarkan zat-zat mineral dan elemen-elemen jejak, seperti kalium, zat besi dan fosfor serta vitamin-vitamin penting. Apel, Buah Of The Year 2009, sudah mengandung seperempat dari kebutuhan sehari-hari dalam vitamin C.
Tahun 2008 - raspberry
Raspberry menjadi Buah Of The Year 2008 untuk mempermanis Hari Buah Internasional pada tanggal 1 Juli untuk semua orang. Mereka sangat kaya akan vitamin C dan Biotin. Raspberry membawa aroma lembut dari musim panas di rumah yang dibuat selai untuk menutupi kebutuhan vitamin di musim dingin.
Tahun 2007 - stroberi
Di Mauerpark, taman dinding di Berlin, Hari Buah Internasional yang pertama berlangsung. Dengan stroberi sebagai Buah Of The Year 2007 dan beberapa kilo buah yang berbeda dibagikan dengan sukacita di antara teman-teman dan tamu untuk menyeberang perbatasan dan hidup bebas mempersatukan dua Jerman yang terpisah oleh tembok Berlin.

   Hari Buah Sedunia ini biasanya diperingati dengan melakukan beberapa kegiatan untuk menggugah bahwa potensi buah secara nasional masih bisa dikembangkan untuk mampu bersaing dengan produk import. Sudah saatnya Indonesia sebagai negara beriklim tropis dan segala potensi yang ada untuk menghasilkan buah-buahan kualitas terbaik sehingga mampu mengedepankan buah-buahan lokal dan segera menuju swasembada buah nasional. Syukur-syukur diekspor sampai seluruh penjuru dunia.
   Untuk memperingati Hari buah sedunia tahun 2018 ini, postingan kali ini akan membahas apa arti buah secara hortikultura dan botani serta manfaat yang bisa kita peroleh dari buah-buahan.

Pengertian Buah-buahan

   Buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium). Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Aneka rupa dan bentuk buah tidak terlepas kaitannya dengan fungsi utama buah, yakni sebagai pemencar biji tumbuhan.
Pengertian buah dalam lingkup pertanian (hortikultura) atau pangan adalah lebih luas daripada pengertian buah di atas dan biasanya disebut sebagai buah-buahan. Buah dalam pengertian ini tidak terbatas yang terbentuk dari bakal buah, melainkan dapat pula berasal dari perkembangan organ yang lain. Karena itu, untuk membedakannya, buah yang sesuai menurut pengertian botani biasa disebut buah sejati.
   Buah seringkali memiliki nilai ekonomi sebagai bahan pangan maupun bahan baku industri karena di dalamnya disimpan berbagai macam produk metabolisme tumbuhan, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, alkolid, hingga terpena dan terpenoid. Ilmu yang mempelajari segala hal tentang buah dinamakan pomologi. 

Arti botani

Dalam pandangan botani, buah adalah sebagaimana tercantum pada paragraf pertama di atas. Pada banyak spesies tumbuhan, yang disebut buah mencakup bakal buah yang telah berkembang lanjut beserta dengan jaringan yang mengelilinginya. Bagi tumbuhan berbunga, buah adalah alat untuk menyebar luaskan biji-bijinya; adanya biji di dalam dapat mengindikasikan bahwa organ tersebut adalah buah, meski ada pula biji yang tidak berasal dari buah.
Dalam batasan tersebut, variasi buah bisa sangat besar, mencakup buah mangga, buah apel, buah tomat, cabai, dan lain-lain. Namun juga bulir (kariopsis) padi, 'biji' (juga merupakan bulir!) jagung, atau polong kacang tanah. Sementara, dengan batasan ini, buah jambu monyet atau buah nangka tidak termasuk sebagai buah sejati. 

Arti hortikultura atau pangan

Buah dalam pengertian hortikultura atau pangan merupakan pengertian yang dipakai oleh masyarakat luas. Dalam pengertian ini, batasan buah menjadi longgar. Istilah "buah-buahan" dapat digunakan untuk pengertian demikian. Buah-buahan adalah setiap bagian tumbuhan di permukaan tanah yang tumbuh membesar dan (biasanya) berdaging atau banyak mengandung air.
Dapat dijumpai, buah sejati (dalam pengertian botani) yang digolongkan sebagai sayur-sayuran, seperti buah tomat, buah cabai, polongkacang panjang, dan buah ketimun. Namun, dapat dijumpai pula, buah tidak sejati (buah semu) yang digolongkan sebagai buah-buahan, seperti buah jambu monyet (yang sebetulnya merupakan pembesaran dasar bunga; buah yang sejati adalah bagian ujung yang berbentuk seperti monyet membungkuk), buah nangka (yakni pembesaran tongkol bunga; buah yang sejati adalah isi buah nangka yang berwarna putih ( beton), bergetah, sedangkan bagian 'daging buah' yang dimakan orang adalah tenda bunga), atau buah nanas.

Buah-buah itu sedemikian beragam, sehingga sukarlah rasanya untuk menyusun suatu skema pengelompokan yang dapat mencakup semua macam buah yang telah dikenal orang. Belum lagi adanya kekeliruan-kekeliruan yang mempertukarkan pengertian biji dan buah (misal: 'biji' jagung, yang sesungguhnya adalah buah secara botani).
   Baik buah sejati (yang merupakan perkembangan dari bakal buah) maupun buah semu, dapat dibedakan atas tiga tipe dasar buah, yakni:
  • buah tunggal, yakni buah yang terbentuk dari satu bunga dengan satu bakal buah, yang berisi satu biji atau lebih.
  • buah ganda, yakni jika buah terbentuk dari satu bunga yang memiliki banyak bakal buah. Masing-masing bakal buah tumbuh menjadi buah tersendiri, lepas-lepas, namun akhirnya menjadi kumpulan buah yang tampak seperti satu buah. Contohnya adalah sirsak (Annona).
  • buah majemuk, yakni jika buah terbentuk dari bunga majemuk. Dengan demikian buah ini berasal dari banyak bunga (dan banyak bakal buah), yang pada akhirnya seakan-akan menjadi satu buah saja. Contohnya adalah nanas (Ananas), bunga matahari (Helianthus)
Pembentukan Buah
Buah adalah pertumbuhan sempurna dari bakal buah (ovarium). Setiap bakal buah berisi satu atau lebih bakal biji (ovulum), yang masing-masing mengandung sel telur. Bakal biji itu dibuahi melalui suatu proses yang diawali oleh peristiwa penyerbukan, yakni berpindahnya serbuk sari dari kepala sari ke kepala putik. Setelah serbuk sari melekat di kepala putik, serbuk sari berkecambah dan isinya tumbuh menjadi buluh serbuk sari yang berisi sperma. Buluh ini terus tumbuh menembus tangkai putik menuju bakal biji, di mana terjadi persatuan antara sperma yang berasal dari serbuk sari dengan sel telur yang berdiam dalam bakal biji, membentuk zigot yang bersifat diploid. Pembuahan pada tumbuhan berbunga ini melibatkan baik plamogami, yakni persatuan protoplasma sel telur dan sperma, dan kariagomi, yakni persatuan inti sel keduanya.
Setelah itu, zigot yang terbentuk mulai bertumbuh menjadi embrio (lembaga), bakal biji tumbuh menjadi biji, dan dinding bakal buah, yang disebut perikarp, tumbuh menjadi berdaging (pada buah batu atau drupa) atau membentuk lapisan pelindung yang kering dan keras (pada buah geluk atau nux). Sementara itu, kelopak bunga (sepal), mahkota (petal), benangsari (stamen) dan putik (pistil) akan gugur atau bisa jadi bertahan sebagian hingga buah menjadi. Pembentukan buah ini terus berlangsung hingga biji menjadi masak. Pada sebagian buah berbiji banyak, pertumbuhan daging buahnya umumnya sebanding dengan jumlah bakal biji yang terbuahi.
Dinding buah, yang berasal dari perkembangan dinding bakal buah pada bunga, dikenal sebagai perikarp (pericarpium). Perikarp ini sering berkembang lebih jauh, sehingga dapat dibedakan atas dua lapisan atau lebih. Yang di bagian luar disebut dinding luar, eksokarp (exocarpium), atau epikarp (epicarpium); yang di dalam disebut dinding dalam atau endokarp (endocarpium); serta lapisan tengah (bisa beberapa lapis) yang disebut dinding tengah atau mesokarp (mesocarpium).
Pada sebagian buah, khususnya buah tunggal yang berasal dari bakal buah tenggelam, kadang-kadang bagian-bagian bunga yang lain (umpamanya tabung perhiasan bunga, kelopak, mahkota, atau benangsari) bersatu dengan bakal buah dan turut berkembang membentuk buah. Jika bagian-bagian itu merupakan bagian utama dari buah, maka buah itu lalu disebut buah semu. Itulah sebabnya menjadi penting untuk mempelajari struktur bunga, dalam kaitannya untuk memahami bagaimana suatu macam buah terbentuk.

Manfaat Buah-buahan

Manfaat buah buahan untuk kesehatan dan menghilangkan penyakit tentu sangat beragam, manfaat buah buahan dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit. Beberapa artikel mengenai Manfaat buah memang telah banyak dibahas, namun sebenarnya manfaat ini dapat beragam tergantung dari buah dan jenisnya.
   Dengan mengkonsumsi buah maka kita akan mendapatkan gizi dan menjaga kesehatan kita. Buah juga dapat meningkatkan energi dan kebutuhan vitamin pada tubuh manusia. Berikut adalah beberapa manfaat buah buahan yang harus kita ketahui sebelum mengkonsumsi buah tersebut.

Manfaat Buah Bagi Tubuh

Manfaat buah buahan untuk tubuh sangat banyak dan beragam, buah umumnya merupakan salah satu kebutuhan untuk hidup sehat dan merupakan salah satu cara mencegah kanker dan merupakan salah satu cara menghilangkan jerawat yang paling ampuh dan alami. Berikut adalah manfaat buah untuk tubuh kita.
  • Sumber vitamin, Buah merupakan sumber vitamin dan berbagai jenis vitamin ada di buah.
  • Sumber Air dan Gizi, buah merupakan salah satu sumber air untuk tubuh dan kebutuhan gizi yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.
  • Sumber antioxidan, buah merupakan salah satu sumber antioxidant alami terbesar yang ada di dunia.
  • Mencegah penyakit tertentu. Buah-buahan merupakan salah satu cara untuk menghindarkan kita agar tidak terserang penyakit berbahaya dan berbagai penyakit lainnya.
  • Obat luar tubuh, Buah-buahan juga dapat digunakan untuk menggunakan obat luar seperti jerawat, bisul, dan sebagainya.
Manfaat buah buahan memang melebihi yang kita ketahui bersama, namun ada beberapa buah buahan yang harus kita waspadai dalam mengkonsumsinya. Hal ini karena ada beberapa buah buahan yang mengandung lemak dan gula yang berlebihan.

Buah Untuk Konsumsi Rutin

Manfaat buah buahan untuk dikonsumsi setiap hari sangat banyak dan beragam, buah merupakan salah satu makanan yang menyehatkan dan menjadi salah satu bagian dari empat sehat 5 sempurna dalam siklus makanan. Buah begitu mudah didapatkan, dari harga yang murah sampai dengan harga yang tinggi. Berikut manfaat buah lainnya yang harus anda ketahui.
  • Mencegah dan mengobati kanker, manfaat manggis salah satunya adalah mencegah dan mengobati kanker. Masih banyak buah lain yang dapat berfungsi untuk mencegah dan mengobati kanker.
  • Memulihkan stamina tubuh, buah juga dapat digunakan untuk memulihkan stamina tubuh dan meningkatkan daya tahan.
  • Menu diet, buah juga dapat digunakan sebagai pedoman dan untuk menu diet yang alami.
Begitu banyak Manfaat buah buahan yang ada di sekeliling kita, oleh karena itu jangan lupa untuk mengkonsumsi buah buahan ini setiap hari agar hidup sehat sepanjang tahun.

Manfaat Buah Bagi Kesehatan

Manfaat buah untuk kesehatan tubuh sangat banyak sekali, buah dapat menjadi bagian terpenting untuk kesehatan tubuh kita. Berbagai manfaat buah untuk tubuh diantaranya adalah sebagai anti bodi dan menjadi sumber vitamin terpenting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Buah menjadi salah satu makanan sehat yang sangat dibutuhkan untuk membuat tubuh kita menjadi sehat dan bugar baik disaat usia muda maupun disaat usia tua.
Manfaat buah untuk kesehatan tubuh yang paling penting adalah memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah, tubuh kita akan menambah kebutuhan vitamin, serat, dan mineral lain yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Buah juga dapat menjadi antioksidan yang dapat menjaga kekebalan tubuh kita.
Manfaat buah untuk kesehatan tubuh ada banyak sekali, berikut adalah beberapa manfaat buah yang sangat baik untuk tubuh dan manfaat tersebut telah kami rangkum menjadi manfaat yang global dimiliki oleh beragam jenis buah yang ada di berbagai belahan dunia. Berikut adalah manfaat buah untuk kesehatan tubuh kita.
  1. Makan buah secara rutin dapat mencegah penyakit jantung.
  2. Makan buah secara rutin dapat juga mencegah serangan kerusakan hati dan stroke.
  3. Mengkonsumsi beberapa jenis buah juga dapat mencegah penyakit kanker.
  4. Buah dapat juga dijadikan sebagai diet alami yang dapat mencegah kolesterol jahat yang dapat menyerang tubuh kita.
  5. Buah juga dapat mencegah tekanan darah tinggi.
  6. Buah juga memiliki antioksidan yang dapat menjaga kekebalan tubuh kita.
  7. Buah kaya akan vitamin, mineral, dan zat penting lainnya sehingga dapat menjaga kebugaran tubuh.
  Ada banyak lagi manfaat buah bagi kesehatan tubuh kita yang tidak kalah pentingnya. Namun perlu diketahui tidak semua buah dapat dikonsumsi secara bebas, terutama jika anda sedang menderita penyakit dan sedang dalam masa pengobatan. Selain buah ada baiknya anda membaca manfaat air putih, manfaat sirsak,manfaat kunyit, dan manfaat buah untuk menjaga kesehatan anda karena manfaat kesehatan anda sangat berharga.
  Manfaat buah untuk kesehatan tubuh manusia terdiri dari berbagai ragam, selain yang telah disebutkan di atas, buah masih menyimpan berbagai manfaat yang sangat luas. Namun tidak semua buah dapat dikonsumsi sesuka hati kita, ada kalanya anda harus menghindari beberapa jenis buah, terutama jika anda sedang mengalami masa rehabilitasi dari penyakit atau sedang memasuki masa pengobatan. Contoh adalah jika anda sedang terkena tekanan darah tinggi, sebaiknya hindari makan buah durian.
   Manfaat buah untuk kesehatan tubuh manusia yang terpenting adalah menjadi suplemen tambahan yang sangat penting untuk fungsi organ – organ tubuh yang ada di manusia. dengan mengkonsumsi buah-buahan kita akan senantiasa sehat dan mendapatkan tubuh yang segar bugar. Mari budayakan makan buah – buahan mulai sekarang.

Sumber Referensi : Internationalfruitday.Jimdo.Com, Wikipedia.Org, Manfaat.Co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.