"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Sabtu, 20 Januari 2018

KUTUB : BENTANG ALAM TERDINGIN DI PERMUKAAN BUMI

    Kutub merupakan wilayah di permukaan bumi yang paling dingin dan cuaca yang paling ekstrem. Secara geografis ,Kedua kutub berada di bumi paling ujung,di suatu titik terjauh di utara dan di selatan. Kutub magnetik terletak di dekat masing-masing kutub geografik, tetapi keduanya selalu bergerak. Kompas bekerja menggunakan jarum magnetik sehingga bisa menunjuk ke utara dan ke selatan magnetik, bukan kutub yang sebenarnya.
    Wilayah kutub merupakan daerah yang liar, dingin, menggigil tetapi luar biasa indahnya, wilayah kutub membentang sejauh lebih dari 2.000 Km di sekeliling Kutub Utara dan Kutub Selatan. Tempat-tempat ini adalah dua daerah belantara es terakhir di Bumi. Samudera Arktika, suatu daerah lautan luas yang sangat dingin, mengelilingi Kutub Utara, sedangkan Kutub Selatan dikelilingi oleh benua beku yang disebut Antartika. Antartika adalah benua kelima terbesar dan memiliki 90 % es yang ada di Bumi. Baik Artika maupun Antartika mempunyai musim dingin yang panjang dan gelap karena matahari tidak pernah terbit. Namun pada musim panas yang dingin dan singkat, matahari tidak pernah tenggelam sehingga banyak hewan mengunjungi tanah kutub untuk mencari makan, bersarang dan membesarkan anak-anaknya. Hanya sedikit hewan yang mampu bertahan tinggal di Artika dan Antartika untuk sepanjang tahun.
Kawasan Kutub Utara : Artika
     Kutub tidak selalu dingin di masa lalu. Penumpukan es di kutub hanya terjadi selama 30 juta tahun terakhir dan tanah di sekitar Artika dan tanah di bawah Antartika telah berada di posisinya sekarang kurang dari 50 juta tahun. Benua Antartika mungkin pernah berada di dekat Khatulistiwa sewaktu iklim lebih hangat dan sedang. Pakis, sikas, pohon-pohon, dan tumbuhan hijau lain pernah tumbuh di sana dan Dinosaurus juga berkeliaran di tanah itu. Kita hanya tahu sedikit tentang kisah prasejarah wilayah Arktika, tetapi daratan telah bergeser secara perlahan dan permukaan laut berubah. Perubahan ini sering memungkinkan pembentukan jembatan darat di antara benua seperti Asia dan Amerika Utara, sehingga hewan bisa bermigrasi.

Kutub Utara
    Kutub Utara adalah titik paling utara dari bola bumi, merupakan satu-satunya titik yang dilalui oleh garis khayal 90 derajat Lintang Utara. Robert Edwin Peary berkebangsaan Amerika Serikat adalah penjelajah pertama yang menginjakkan kaki di titik Kutub Utara pada tanggal 6 April 1909. Kutub Utara adalah titik paling utara Bumi, dapat didefinisikan dalam empat cara berbeda. Namun hanya dua cara pertama yang umum digunakan. Namun begitu definisi yang paling luas adalah Kutub Utara terletak di Samudera Arktik. Arktik adalah sebuah wilayah di sekitar Kutub Utara Bumi. Batasannya biasanya adalah di utara lingkaran arktik (66° 33’U), yang merupakan batas dari matahari tengah malam dan malam polar. Definisi lainnya berdasarkan iklim dan ekologi, seperti 10 °C (50 °F) isoterma (isotherm) Juli, yang juga berhubungan dengan treeline di sebagian besar Arktik. Arktik merupakan samudra yang luas dan tertutup oleh es, dikelilingi oleh sedikit pohon, tanah beku, juga terdapat organisme yang hidup di es, ikan dan mamalia laut, burung dan beberapa komunitas manusia.
    Kutub Utara terletak di tengah-tengah lautan dangkal dan beku yang dikelilingi oleh bagian ujung utara Eropa, Asia dan Amerika Utara. Seluruh wilayah itu disebut Arktika dari kata Arktos yang artinya susunan bintang Beruang besar, yang menaungi langit kutub utara.. Wilayah Artika terutama terdiri dari Samudera Arktika seluas 1.600 Km2 dan mempunyai lapisan tipis es di atasnya. Pulau terbesar di Samudera Artika adalah Greenland, yang diselimuti oleh lapisan es tebal. Bagian lain dari Artika adalah kumpulan daerah daratan yang disebut tundra yang berarti tanah tidak tidak berpohon. Tundra meliputi bagian utara Kanada, Alaska, Rusia dan Skandinavia. Di peta, garis imajiner yang disebut Lingkar Arktika mengitari wilayah Arktika.

Kawasan Kutub Selatan : Gunung Es di Antartika
Kutub Selatan
    Kutub Selatan ialah titik paling selatan dari bola bumi atau ujung selatan bumi (90° S), merupakan sumbu bumi. Penemu kutub asal Norwegia Roald Admunsen ialah orang pertama yang menemukan Kutub Selatan pada 14 Desember 1911. Saat ini terdapat banyak stasiun penelitian di Kutub Selatan. Kutub Selatan magnetis ialah ujung medan magnet yang lurus menembus pusat bumi. Karena adanya sumbu itulah bumi berputar. Pada 1985 diketahui Kutub Selatan magnetis ada di 65°S 140°T. Kutub selatan disebut juga antartik, dan kutub selatan merupakan wilayah di dunia yang belum terjamah oleh manusia seutuhnya, karena kutub selatan tidak semuanya tersinari oleh matahari, makhluk hidup yang banyak tinggal di sini adalah penguin. Meskipun kita sering menyaksikan penancapan bendera kemenangan yang menjadi simbol penjelajah masa lalu di Kutub Selatan, tetap saja Kutub Selatan merupakan satu-satunya tempat di Bumi yang tidak dimiliki oleh siapa pun dan tidak memiliki sejarah penduduk asli. Berdasarkan Perjanjian Antartika, dinyatakan bahwa tanah dan sumber daya yang ada hanya digunakan untuk tujuan damai dan ilmiah.

 Aurora Australis
    Kutub Selatan terletak ditengah-tengah benua Antartika. Nama Antartika berarti seberang Arktika. Antartika adalah benua bergunung-gunung yang hampir tertutup lapisan es raksasa dan seluas gabungan benua Eropa dan Amerika Serikat. Saat musim panas, Antartika hanya mempunyai sedikit daerah bebas es. Benua ini juga tidak mempunyai mamalia darat dan hanya terdapat sedikit tumbuh-tumbuhan dan hewan. Wilayah Antartika dipisahkan dari bagian dunia lain oleh perairan Samudera Pasifik dan Samudera Hindia bagian Selatan. Pada musim dingin, es meluas dari pantai-pantai Antartika sejauh ratusan kilometer ke samudera. Ada beberapa kelompok pulau di dekat Antartika seperti George Selatan, tetapi daratan terdekat adalah ujung selatan Benua Amerika Selatan, yang berjarak sejauh 960 Km. Di Peta, wilayah Antartika dibatasi oleh garis imajiner yang disebut Lingkar Antartika. 

Cuaca Dan Iklim
    Iklim di Kutub sangat dingin dan kering. Anginnya juga sangat kencang. Udara dingin bergerak dari Kutub menuju Khatulistiwa, membantu menjaga bumi agar tidak terlalu panas. Antartika adalah tempat paling dingin dan paling berangin di Bumi, dengan suhu rata-rata -60oC dan angin yang menderu, dengan kecepatan sampai 300 km/jam, menimbulkan badai dan timbunan salju. Manusia tanpa perlindungan bisa membeku hanya dalam beberapa menit. Baik Artika maupun Antartika merupakan gurun yang dingin, karena sebagian besar menerima tidak kurang dari 240 mm curah hujan atau salju setiap tahun. Namun, lebih dari sepersembilan air bersih dunia tersimpan di lapisan es Antartika dan Greenland. Daerah Kutub hanya mempunyai dua musim, yaitu musim panas dan musim dingin. Saat di Arktika musim panas, di Antartika mengalami musim dingin, begitu juga sebaliknya. Siang hari yang berlangsung selama 24 jam membuat daerah kutub dijuluki " Tanah Matahari tengah malam " karena Matahari masih bersinar sekalipun sudah tengah malam.
Aurora Borelais
    Mengapa daerah Kutub dingin ? Sinar Matahari memberikan panas cahaya ke Bumi, tetapi bumi melengkung seperti bola. Jadi, sinar Matahari semakin lemah dan lebih menyebar ke Kutub daripada di Khatulistiwa. Sinar matahari juga harus berjalan lebih jauh melalui atmosfer untuk mencapai kutub. Atmosfer juga menyerap banyak panas sehingga membuat kutub lebih dingin. Terlebih, es dan salju putih di kutub memantulkan kembali antara 50-90% panas matahari. Akibatnya, kutub bertambah dingin, ini yang menyebabkan daerak Kutub menjadi dingin.
    Daerah Kutub juga menciptakan panorama alam yang indah dengan terbentuknya tirai-tirai cahaya berkilauan yang disebut aurora dan sering terlihat dilangit kutub. Aurora muncul sebab kutub magnetik bumi menarik partikel-partikel bermuatan yang dilepaskan matahari. Sewaktu partikel-partikel ini menyerbu partikel gas yang ada di Atmosfer Bumi, cahaya berwarna dipancarkan. Aurora itu dinamakan Aurora Borelais atau Cahaya Utara di Artika dan Aurora Australis atau Cahaya Selatan di Antarika. Aurora tidak mudah difoto karena redup dan bergerak sangat cepat.

Orang-Orang Kutub
    Selama ribuan tahun, orang Inuit di Amerika Utara dan Greenland, Sami dari Skandinavia dan Rusia, dan orang Nenets dari Siberia, hidup di Artika. Tubuh mereka telah beradaptasi untuk kebal terhadap dingin. Gaya hidup mereka nomadik atau melakukan perjalanan untuk berburu binatang liar seperti Karibu, Anjing laut dan Ikan. Para penjelajah Eropa, terus menerus datang ke kutub dan belajar banyak dari keahlian bertahan hidup orang-orang ini yang peralatan, pakaian dan alat transportasinya dirancang dengan sempurna untuk kondisi Kutub. Saat ini, orang Inuit dan orang artika yang lain mengabaikan gaya hidup tradisional. Kebanyakan telah tinggal di rumah-rumah modern, pergi ke toko untuk berbelanja makanan, dan bekerja diatas kapal-kapal modern atau pertambangan. Namun pada musim panas, beberapa masih pergi berburu dan mencari ikan. Mereka menggabungkan cara hidup lama dengan yang baru.
Orang Inuit di Kutub Utara
     Orang Inuit mempunyai ciri fisik yang membantu mereka bertahan hidup di dinginya Arktika. Tubuh mereka pendek gempal, sehingga menghemat panas. Lapisan lemak tebal di pipi dan kelopak mata membantu melindungi bagian-bagian tubuh yang terbuka terhadap dingin. Kelopak mata yang tebal juga melindungi mata dari pantulan sinar Matahari di salju. Pakaian tradisional berbahan dasar kulit dan bulu binatang, seperti Karibu, anjing laut dan Beruang kutub. 
    Igloo Inuit, yang terbuat dari kubah balok es, adalah naungan sementara yang digunakan dalam perjalanan berburu. Sekarang beberapa Inuit masih membuatnya untuk tujuan ini. Dinding dalam Igloo ditutup salju yang mencair, kemudian membeku menjadi lapisan es yang lembut. Igloo ini sekarang diterangi oleh sebuah lampu tekanan modern, tetapi sebelumnya panas dan terang berasal dari lampu minyak lemak hewan. Herannya, hanya dengan tambahan panas tubuh,igloo tetap hangat. Pada musim dingin, Inuit biasanya hidup di rumah-rumah yang terbuat dari batu dan tanah berumput, sedangkan saat musimpanas, mereka pindah ke tenda-tenda kulit. 
Igloo, naungan sementara orang Eskimo
 Melindungi Kutub
    Wilayah Kutub sangat penting bagi kelangsungan Bumi. Jika lapisan es kutub mencair, sinar Matahari yang dipantulkan kembali ke angkasa makin sedikit. Akibatnya, Bumi akan bertambah panas. Jika lautan-lautan di dunia memanas, luasnya akan bertambah dan akan menaikkan permukaannya. Dan Naiknya permukaan laut akan menenggelamkan tempat-tempat rendah di permukaan bumi, termasuk beberapa pulau-pulau kecil di Indonesia. Selain itu, tumbuhan dan hewan kutub adalah bagian dari jaringt-jaring kehidupan besar yang saling berhubungan dan menopang kehidupan yang ada sekarang. Rusaknya margasatwa kutub akan mempengaruhi daerah lain. Beberapa masalah lingkungan di wilayah kutub adalah polusi, kerusakan akibat pertambangan dan pengeboran, dan perburuan hewan langka. Saat ini, penelitian ilmiah menunjukkan betapa rapuhnya tanah kutub dan undang-undang untuk mengurangi kerusakan telah dikeluarkan demi melindungi wilayah yang unik dan luar biasa ini.
 Matahari tidak tenggelam selama 24 Jam
    Penelitian ilmiah untuk mencegah rusaknya lingkungan kutub telah dilakukan, diantaranya peluncuran balon cuaca di Antartika oleh para ilmuwan yang bertujuan membantu mereka memahami kondisi wilayah kutub. Lubang di lapisan ozon pertama kali ditemukan di atas Antartika danmungkin disebabkan oleh gas bernama CFCs, yang berasal dari produk pendingin dan aerosol. Lubang ozon lebih besar di atas Kutub karena kondisi cuaca yang khusus disana. Lapisan ozon sangat penting bagi planet bumi karena menahan sebagian besar sinar ultraviolet yang jika berlebihan akan merusak dan membahayakan mahluk hidup termasuk manusia di muka bumi.

Sumber Referensi : Kutub : Barbara Taylor, Pole : Nature Life

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.