"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Rabu, 11 Juli 2018

10 NEGARA DENGAN PENDUDUK TERPADAT DI DUNIA

    
Proyeksi Jumlah Penduduk Dunia 1950-2050
     Hari ini, Rabu 11 Juli 2018 adalah Hari yang ditetapkan PBB sebagai hari populasi sedunia (World Population Day). Masih dalam rangka menyambut Hari populasi dunia kembali Admin Blog menurunkan artikel bertemakan jumlah penduduk secara kuantitas dalam angka statistik. Kali ini dibahas keadaan kuantitas populasi dalam hitungan kepadatan penduduk berdasarkan luas wilayah setiap 1 Km2. Artinya untuk mendapatkann angka kepadatan penduduk setiap negara maka perhitungannya adalah membagi jumlah penduduk total  suatu negara berdasarkan data terakhir dibagi dengan luas wilayah total negara tersebut.
Peta Pertumbuhan Penduduk Dunia
    Berdasarkan hitungan tersebut ternyata diketahui data urutan negara berdasarkan kepadatan penduduk didominasi oleh negara-negara dengan wilayah kecil namun dihuni oleh jumlah penduduk yang padat tiap satu kilometer perseginya. Sebagian besar orang sering salah persepsi dengan kata terbanyak dan terpadat, termasuk para siswa di sekolah atau mahasiswa di Perguruan Tinggi, apalagi orang awam biasa . Mereka beranggapan terbanyak penduduk dan terpadat penduduknya adalah sebuah pernyataan yang sama. Ini sering admin temukan pada jawaban siswa pada soal-soal yang menanyakan indikator kepadatan penduduk. Misalnya pertanyaan tentang negara apa yang paling padat penduduknya di Asia Tenggara. Baik Soal dengan opsi isian atau pilihan ganda  jawaban mereka sebagian besar adalah  Indonesia sebagai negara di Asia Tenggara yang paling padat penduduknya. Padahal kalau seandainya mereka paham bahwa kepadatan adalah suatu pernyataan tentang density yang dihitung setiap satu kilometer persegi dengan membagi jumlah penduduk dengan luas wilayah maka jawabannya bukan Indonesia tapi adalah Singapura.
Peta Proyeksi Kepadatan Penduduk Dunia
   Oleh karena itu dalam mensosialisasikan kesalahan persepsi ini, tidak ada salahnya kita melihat angka statistik kepadatan penduduk di seluruh dunia berdasarkan urutan dari yang paling padat sampai yang paling jarang penduduknya. Dari data yang diperoleh dari Wikipedia Org ternyata negara yang paling padat penduduknya di dunia adalah Monako sebuah negara kerajaan kecil di Selatan Perancis dengan kepadatan penduduk 16.620 jiwa setiap Km2. Artinya setiap satu kilometer persegi wilayah Monako dihuni oleh 16.620 penduduk. Sedangkan negara yang paling jarang penduduknya tercatat adalah Sahara Barat di Afrika Utara yang beribukota di Al Aiyun. Kepadatan penduduk negara ini adalah 0,99 atau hampir satu orang mendiami wilayah setiap satu kilometer perseginya.
Peta Kepadatan Penduduk Dunia
   Dalam daftar negara-negara berdasarkan urutan kepadatan penduduknya ini juga dimasukan wilayah koloni secara terpisah dan data nama negara atau wilayah prektotorat ini sengaja tidak dihilangkan Link asli dari sumbernya di Wikipedia untuk memudahkan anda mendapatkan informasi profil negara tersebut sesuai yang anda butuhkan. Sebagian besar negara-negara prektotorat dan koloni ini masih banyak belum dikenal, namun ada satu wilayah koloni yang secara administratif masuk wilayah Denmark yaitu Greenland ternyata menempati urutan paling jarang penduduknya di dunia. Wilayah Pulau terbesar di dunia yang berselimutkan salju ini hanya dihuni oleh 0,003 penduduk tiap kilometer perseginya. Dengan luas wilayah mencapai 2.166.086 Km2, Pulau Greenland hanya dihuni oleh 56.375 penduduk saja. Sedangkan sebaliknya perhitungan wilayah pretektorat atau administratif,  otonomi maupun koloni yang tercatat paling padat di dunia adalah Macau dengan kepadatan mencapai 17.684 jiwa setiap satu Km2. Macau selama beberapa abad menjadi Koloni Portugal di Asia Timur sebelum akhirnya diserahkan kembali ke Cina sesuai perjanjian, wilayah ini luasnya hanya 25,4 Km2 namun disesaki oleh 449.198 jiwa. Silahkan anda melihat tabel yang disajikan dibawah, Macau berada posisi paling atas dalam kepadatan penduduk namun tidak diperhitungkan karena wilayah ini sekarang adalah bagian dari negara Cina.
Peta Usia Harapan Hidup Penduduk Dunia
    Dalam postingan ini juga disajikan peta Gif distribusi kepadatan penduduk dunia, termasuk peta Usia rata-rata harapan hidup penduduk di dunia serta perkembangan laju penduduk dunia yang begitu pesat dalam beberapa dekade terakhir. Pertumbuhan penduduk yang cepat didominasi oleh negara-negara berkembang yang ada di benua Asia dan Afrika. Sedangkan pertumbuhan penduduk yang rendah cenderung statis didominasi oleh negara-negara maju terutama yang ada di benua Eropa. Sebagai contoh rata-rata seorang Ibu di benua Asia dan Afrika melahirkan 5 sampai 7 anak namun di benua Eropa hanya melahirkan satu anak saja. Namun datai usia harapan hidup dan data pertumbuhan penduduk tidak kita bahas disini dan tidak berkaitan dengan data kepadatan penduduk yang disajikan dalam tabel kepadatan penduduk negara-negara di dunia.
Peta Proyeksi Penduduk Usia Produktif Dunia 1960-2060

   Untuk mengetahui profil negara yang memiliki kepadatan penduduk tertinggi di dunia secara garis besarnya dalam kelompok 10 besar berikut ini adalah urutannya :
1. Monako
Monako adalah negara kerajaan kecil di Eropa Selatan dengan luas wilayah 1,95 Km2, namun disesaki oleh 32.049 penduduk , sehingga kepadatan penduduknya mencapai 16.620 jiwa tiap km2. Oleh karena itu Monaco tercatat menyandang status negara yang paling padat penduduknya nomor satu di dunia. Negara ini mendapatkan pemasukan devisa terbesar dari sektor industri pariwisata salah satunya diperoleh dari Montecarlo sebuah distrik di Monaco yang terkenal akan arena balapan MobilFormula dan kasinonya. Bendera negara monaco sama persis dengan Indonesia yaitu Merah-Putih dengan bentuk negara kerajaan dan berbahasa resmi Perancis
2. Singapura
Singapura adalah negara maju berbentuk geografis pulau/ yang terletak di Asia Tenggara. Anggota ASEAN yang juga penandatangan deklarasi Bangkok ini tercatat merupakan negara terpadat nomor dua di dunia dengan luas wilayah 692,7 Km2, Singapura didiami oleh 4.425.720 penduduk, sehingga kepadatan tiap kilometer perseginya adalah 6.389 jiwa. Sebagian besar penduduknya terdiri atas etnis Tionghoa (Cina), sisanya adalah Melayu dengan agama yang mayoritas dianut adalah aliran Kong ho chu dan Budha. Singapura masuk dalam 10 negara terbesar pendapatan perkapitanya di dunia dengan hasil utama devisa berasal dari industri Jasa,perdagangan dan pariwisata.
3. Vatikan
Vatikan adalah negara teokratis berdasarkan agama dengan penduduk di dominasi para uskup dan pendeta Katholik. Negara ini terletak di Eropa Selatan dan berada dalam kantong ibukota Italia yaitu kota Roma. Vatikan tercatat menjadi negara terpadat ketiga didunia dengan kepadatan rata-rata per kilometer perseginya adalah 2.093 jiwa. Namun penduduk negara uskup ini hanya 921 orang yang menempati wilayah sempit 0,44 Km2, sekaligus menjadi pusat agama katholik di seluruh dunia.
4. Malta
Negara terpadat berikutnya pada posisi keempat adalah Malta yang terletak di Eropa Selatan.Negara kepulauan dengan tujuh pulau kecil di tengah laut mediterania ini memiliki kepadatan penduduk rata-rata perkilometer perseginya adalah 1.261 jiwa menempati wilayah seluas 316 Km2 dengan total jumlah penduduk seluruhnya adalah 398.534 jiwa dan sebagian besar keturunan Italia beragama Katholik. Pemasukan utama negara ini berasal dari sektor pariwisata, apalagi setelah bergabung dengan Uni Eropa terjadi peningkatan investasi dan ekonomi yang makin tinggi.
5. Maladewa
Negara dengan kepadatan tertinggi nomor lima adalah Maladewa, yang beribukota Male. Kepadatan rata-rata penduduk negara ini mencapai 1.164 jiwa setiap kilometer perseginya. Negara ini secara geografis berbentuk kepulauan dengan rangkaian pulau-pulau atol yang indah dan menjadi donasi para turismanca negara. Maladewa terletak di Samudera Hindia dan masuk region Asia Selatan. Sebagian besar penduduknya memeluk agama Islam. Dalam peristiwa bencana Tsunami dahsyat tahun 2004 Maladewa termasuk yang terkena dampaknya , namun korban jiwa di negara ini tidak sebanyak Indonesia dan India dikarenakan bentuk rangkaian karang atol yang menjadi perisai negara ini dari terjangan bencana Tsunami.
6. Bahrain
Bahrain adalah negara terpadat keenam di dunia dengan rata-rata kepadatan tiap kilometer perseginya adalah 1.035 jiwa menempati wilayah seluas 665 Km2 dengan jumlah penduduk total 688.345 jiwa. Negara ini berbentuk kepulauan yang terletak di Teluk Persia wilayah region Asia Barat Daya. Hasil utama negara ini berasal dari Minyak bumi dan gas sehingga menempatan negara ini sebagai negara dengan pendapatan perkapita cukup tinggi yang banyak mengundang tenaga kerja asing untuk bekerja sebagai tenaga kerja di bidang pertambangan minyak bumi. Penduduknya termasuk etnis Arab dengan agama mayoritas adalah Islam.
7. Bangladesh
Bangladesh merupakan negara terpadat penduduknya nomor tujuh di dunia dengan kepadatan rata-rata setiap kilometer perseginya adalah 1.002 menempati wilayah seluas 144.000 Km2 di delta sungai Gangga dan Brahmaputra. Jumlah penduduk Bangladesh yang seluruhnya mencapai  144.319.628 jiwa menempatkan Bangladesh sebagai negara terbanyak nomor enam di dunia. Bangladesh merupakan negara berkembang yang terletak di region Asia Selatan dan sebagian besar penduduknya memeluk agama Islam. Dulu Bangladesh dikenal dengan nama Pakistan Timur sebelum akhirnya melepaskan diri dari Pakistan dan merdeka penuh.
8. Barbados
Barbados menempati peringkat ke 8 dalam kepadatan penduduk di dunia, dengan rata-rata kepadatan tiap kilometer perseginya adalah 648 jiwa menempati wilayah seluas 431 Km2. Barbados merupakan negara berbentuk kepulauan yang terletak di laut Karibia, Amerika Tengah. Jumlah penduduk seluruhnya mencapai 279.254 jiwa dengan dominan ras negroid berkulit hitam yang datang ke negara ini sebagai budak dari benua Afrika. Saat ini pemasukan utama negara ini berasal dari sektor industri pariwisata.
9. Taiwan
Taiwan atau Republik Tiongkok tercatat menempati peringkat ke 9 dalam kepadatan penduduk di dunia dengan kepadatan mencapai 636 jiwa setiapkilometer perseginya. Negara ini terletak di Pulau Formosa di lepas pantai Cina bagian tenggara. PBB tidak mengakui Taiwan sebagai negara berdaulat karena yang berhak menyandang status CIna Tiongkok adalah  Cina daratan yang beribokota Beijing. Setelah perang saudara cina tahun 1949, tokoh reformis Chiang kai shek bersama sekitar 1,3 juta pengungsi melarikan diri dari Cina daratan dan membentuk negara Republik Cina dengan ibukota Taipe. Saat ini Taiwan termasuk negara di Asia yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang pesat di Asia bersama Jepang, Korea Selatan dan Singapura.
10. Nauru
Nauru merupakan negara terpadat kesepuluh di dunia dan juga tercatat merupakan negara paling kecil di dunia. Kepadatan penduduk rata-rata setiap kilometer persegi dinegara ini adalah 621 jiwa menempati wilayah seluas 21 km2 di pulau kecil Nauru beribukota Yaren dengan penduduk totalnya adalah 13.048 jiwa. Negara kecil ini terletak di samudera Pasifik sebelah Utara Papua Nugini dan Kepulauan Solomon, dengan ras dominan adalah australoid rumpun Melanesia. Hasilutama negara ini sebagian besar berasal dari sektor industri pariwisata.
   Demikianlah Profil 10 negara dengan kepadatan penduduk tertinggi di dunia sebagai informasi untuk anda. Untuk lebih lengkapnya urutan negara terpadat di dunia disajikan dalam tabel dibawah ini, Nama negara sengaja Link-nya tidak dihilangkan agar anda dapat mudah mengetahui informasi lengkap negara yang anda cari langsung dari sumber aslinya di Wikipedia.

Daftar 30 Negara Terpadat Di dunia
Urutan
Negara/Wilayah
Penduduk (Jiwa)
Wilayah (km²)
Kepadatan (Jiwa/km²)
449.198
25,4
17.684
1
32.409
1,95
16.620
2
4.425.720
692,7
6.389
6.898.686
1.092
6.317
27.884
6,5
4.289
1.376.289
360
3.823
3
921
0,44
2.093
4
398.534
316
1.261
65.365
53,3
1.226
5
349.106
300
1.164
6
688.345
665
1.035
7
144.319.628
144.000
1.002
65.228
78
836
90.812
116
782
8
279.254
431
648
9
22.894.384
35.980
636
10
13.048
21
621
11
1.230.602
2.040
603
193.633
374
517
12
48.422.644
98.480
492
13
28.880
61,2
472
14
11.636
26
448
3.916.632
9.104
430
2.385.615
5.860
407
15
16.407.491
41.526
395
432.900
1.100
393
71.566
193
370
16
3.826.018
10.400
368
17
10.364.388
30.528
340
18
127.417.244
377.835
337
19
1.080.264.388
3.287.590
329
20
59.071
181,3
326
21
8.440.820
26.338
320
22
6.704.932
21.040
319
23
671.247
2.170
309
108.708
352
308
776.948
2.517
308
168.564
549
307
24
20.064.776
65.610
306
25
6.276.883
20.770
302
26
117.534
389
302
27
87.857.473
300.000
293
28
8.121.622
27.750
293
57.881
199
290
29
166.312
616
270
30
89.502
344
260

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.