"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Sabtu, 26 Desember 2015

DANAU-DANAU YANG UNIK DAN INDAH DI DUNIA

    Danau yang terbentuk secara alami merupakan karunia Allah SWT yang terjadi dari beberapa peristiwa alam yang kadang manusia awam dan ilmuwan dibuat terkejut dan terheran-heran. Warna air danau yang bisa beubah-ubah dan tidak umum seperti Merah, Hijau atau kecoklatan membuat kita yang melihatnya berdecak kagum akan keindahannya. Danau-danau yang terbentuk karena peristiwa tenaga Endogen seperti vulkanisme dan Tektonisme dan disertai gejala-gejala alam pada proses terbentuknya menjadikan beberapa danau memiliki warna air yang bermacam-macam. Indonesia termasuk negara yang memiliki danau-danau indah seperti Danau tiga warna Kalimutu di Pulau Flores Nusa Tenggara Timur atau danau kawah Ijen yang berwarna hijau kebiruan menjadikan daya tarik wisatawan manca negara.
   Ada beberapa Danau alami yang letaknya sulit dijangkau namun ketika kita berhasil mencapainya akan terasa puas melihat pemandangan bagai di surga seperti Ranu Kumbolo di Gunung Semeru dan Danau Segara Anak di Gunung Rinjani, Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat. Demikian pula danau-danau di belahan muka bumi lain yang menjanjikan pemandangan indah dan menakjubkan seperti Danau Crater dan danau Yosemite-Yellowstone di Amerika Serikat yang terbentuk hasil letusan Gunung berapi dan Geyser atau mata air panas yang mengalir berpadu dengan salju didaerah yang dingin . 
   Negara Kanada yang dijuluki negeri sejuta Danau juga memiliki danau-danau yang indah dengan latar belakang Pegunungan bersalju dan langit biru cerah, ditambah keasrian wilayah Kanada yang sebagian besar merupakan wilayah Tundra menciptakan danau-danau yang panoramanya sangat indah. Bagaimana dengan daerah padang pasir yang tidak memiliki hutan dan wilayahnya sejauh mata memandang hanya terlihat gurun panas dan gersang ? Memang di daerah padang pasir sulit menemukan sumber air seperti danau. Kalaupun ada sungai, sungai ini hanya periodik terisi air yang kita kenal dengan sebutan wadi. Kebanyakan sungai di daerah gurun terletak di bawah permukaan tanah dan mengalir di bawah tanah yang kemudian muncul ke permukaan berbentuk  mata air yang tidak ada habisnya atau lebih kita kenal dengan sebutan Oase.
   Oleh karena itu negara-negara yang dianugrahi air berlimpah terutama sungai-sungai yang mengalir jernih dengan danau-danaunya yang asri dan indah mestinya bersyukur dan ikut bersama-sama dalam usaha pelestarian dan penyelamatan Bumi kita yang dari tahun ke tahun temperaturnya semakin panas.
Danau Abraham, Kanada
Danau Blue Nelson, Selandia Baru
Danau Sichuan 1, Cina
Danau Sichuan 2, Cina
Danau Sichuan 3, Cina
Danau Sichuan 4, Cina
Danau Sichuan 5, Cina
Danau Sichuan 6, Cina
Danau Sichuan 7, Cina
Danau Sichuan 8, Cina
Danau Sichuan 9, Cina
Danau Sichuan 10, Cina
Danau Sichuan 11, Cina
Danau Sichuan 12, Cina
Danau Crater, Amerika Serikat
Danau Pink, Australia
Danau Tahoe, Amerika Serikat
Danau Garam Ezeur, Tunisia
Danau Hillier, Australia
Danau Emerald, Selandia Baru
Danau Flinders Range, Australia Selatan
Danau Fly Geyser, Nevada Amerika Serikat
Danau Glyesslin, Wales Utara Inggris
Danau Grand Prismatic, Amerika Serikat
Danau Issyk-Kull, Kirgiztan
Danau Beuty Valley, Kanada
Danau Katmai Kaldera, Alaska
Danau Kawah Ijen, Jawa Timur Indonesia
Danau Kliluk, Kanada
Danau Rose Ratba Strawberry, Senegal
Danau Laguno Coloroda, Columbia
Danau Johson, Quebeec, Kanada
Danau Loktak, India
Danau Luise, Kanada
Danau Moroeine, Kanada
Danau Oasis Ummu-Amma, Aljazair
Danau Tasmania, Australia
Danau Takepo, Selandia Baru
Danau Tianchi, Perbatasan Cina-Korea Utara
Danau Towada, Jepang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.