"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Jumat, 25 Desember 2015

10 SUNGAI TERPANJANG DI INDONESIA

   Sungai adalah bentang perairan yang ada didaratan dan merupakan jenis air permukaan yang mengalir dari daerah yang lebih tinggi ke daerah yang lebih rendah. Sungai sumber airnya berasal dari mata air di daerah hulu yaitu pada bagian lereng atas puncak gunung dan pegunungan yang kemudian mengalir menuju muara di Laut lepas. Berdasarkan asal airnya sungai di Indonesia sebagian besar adalah Sungai Hujan yang airnya berasal dari curahan intensitas hujan di daerah hulu maupun bagian tengah sungai sampai perjalanannya berakhir di laut. Sungai-sungai di P.Sumatera, P.Jawa, P.Kalimantan, P.Sulawesi, Kepulauan Maluku dan Nusa Tenggara seluruhnya adalah jenis sungai Hujan. Sedangkan beberapa sungai di Papua termasuk jenis sungai Campuran karena asal airnya selain berasal dari curahan hujan juga berasal dari salju yang mencair di pegunungan Jayawijaya. Dua contoh sungai Campuran di Papua adalah Sungai Mamberamo dan sungai Digul.Jenis ketiga sungai Gletseir yang airnya murni berasal dari es yang mencair. Jenis Sungai ini tidak ada di Indonesia.
   Setiap pulau di Indonesia pasti memiliki sungai dari yang paling luas sampai pulau paling kecil yang hanya berbentuk pulau karang, karena pengertian sungai sendiri adalah aliran air yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah. Begitu banyaknya sungai di Indonesia yang tersebar di seluruh wilayah Kepulauan Indonesia. Sebagian sungai sudah dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sumber penghasil Ikan konsumsi air tawar, sumber pengairan persawahan (Irigasi), dibendung sebagai pembangkit listrik tenaga air, sarana olahraga air misalnya arung jeram, kebutuhan air minum, mandi dan Kakus (MCK), sarana rekreasi atau wisata, sebagai bahan bangunan (pasir kali), mineral dan bahan tambang, sarana transportasi air dan beberapa kebutuhan lainnya.
  Sungai-sungai yang ukurannya panjang dan lebar terutama ada di Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan dan P.Papua. Di Pulau Sumatera sungai terpanjang dan terlebar adalah sungai Musi di Sumatera selatan. Di Pulau Kalimantan sungai terpanjangnya adalah Sungai Kapuas, di P.Papua sungai terpanjangnya Sungai Mamberamo dan di Pulau Jawa sungai terpanjangnya adalah Kali Bengawan Solo. Keempat pulau inilah yang sungai-sungainya  tercatat memiliki panjang 10 besar di Indonesia. Untuk lebih lengkapnya inilah ke 10 sungai terpanjang di Indonesia yang kami lengkapi dengan ukuran panjang dalam Km, letak geografis dan hulu serta muara sungai ini berakhir. Di luar ke 10 sungai ini kami tambahkan foto serta profil singkat 12 sungai lain yang termasuk 30 sungai terpanjang di Indonesia.

Daftar 10 Sungai terpanjang di Indonesia


1. Sungai Kapuas, panjang 1.143 Km, disebut juga sungai batang lawai terletak di Provinsi Kalimantan Barat, merupakan sungai terpanjang di Kalimantan dan Indonesia. Sumber air sungai ini berawal di hulunya yaitu di pegunungan Muller mengalir ke arah Barat  menuju muaranya di selat Karimata atau laut Cina selatan melintasi beberapa kabupaten yaitu Kabupaten Kapuas hulu, Sintang, Sanggau, dan Pontianak, anak sungainya melewati Kabupaten Malawi, Sekadau, Landak dan Ketapang. Dimuaranya sungai Kapuas membentuk beberapa pulau delta.

2. Sungai Mahkam, panjang 920 Km, terletak di provinsi Kalimantan Timur. Hulunya berasal di pegunungan Muller dan mengalir kearah Timur menuju Selat Makasar dan melintasi beberapa kabupaten yaitu Kabupaten Kutai barat, Kutai, kota Samarinda dan anak sungainya melewati kabupaten Malinau, Kutai Timur dan Bontang. Sama halnya dengan sungai Kapuas di muara sungai Mahakam membentuk Pulau-pulau delta sedangkan dibagian tengahnya membentuk beberapa danau tapal kuda seperti danau Melintang, danau Semayang dan danau Jempang yang juga menjadi habitat mamalia air Pesut Mahakam.

3. Sungai Barito, panjang 900 Km, sering disebut juga dengan sungai Banjar. Hulunya berasal dari pegunungan Muller dan pegunungan Schwaner mengalir ke arah selatan melintasi dua Provinsi yaitu Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan sebelum berakhir pada muaranya di laut Jawa. Kabupaten yang dilewati sungai ini antara lain Kabupaten Murung raya, Gunung Mas, Barito Utara ,Pulang pisau, Barito Selatan, Barito Timur, Kuala Kapuas di Provinsi Kalimantan Tengah serta Kabupaten Hulu sungai Utara, Hulu sungai tengah , Hulu sungai Selatan, Tapin, Barito Kuala, Martapura dan Kota Banjarmasin.

4. Sungai Batang Hari, panjang 800 Km merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Hulu sungai ini berasal dari pegunungan Bukit Barisan dan bermuara di selat berhala, laut Cina Selatan Jambi. Sungai ini melintasi Provinsi Sumatera Barat yaitu bagian hulunya melewati kabupaten Solok, Solok Selatan, Sawah lunto, Sijunjung, Pesisir Selatan dan melintasi Provinsi Jambi yaitu kabupaten Kerinci, Bungo, Merangin, Tebo, Batang hari, Sorolangun, Muaro Jambi Tanjung Jabung dan kota Jambi.

5. Sungai Musi , panjang 750 Km disebut juga Batang sembilan karena memiliki sembilan anak sungai besar . Sungai ini berhulu di pegunungan Bukit Barisan di kabupaten Kapahiang, Rejang Lebong dan Seluma di Provinsi Bengkulu kemudian mengalir kearah Timur melawati Kabupaten Musi Rawas, Lahat, Musi Banyuasin, Muara Enim,Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Hilir, Ogan KomeringTimur dan Kota Palembang.

6. Sungai Mamberamo, Panjang 670 Km, merupakan sungai terpanjang di Papua, dan termasuk jenis Sungai Campuran karena selain berasal dari air Hujan sumber airnya berasal dari salju yang mencair di Pegunungan. Hulu sungai ini ada di pegunungan yang puncaknya bersalju yaitu Pegunungan Sudirman (Pck.Jaya) dan pegungan Jayawijaya (Pck.Trikora) kemudian mengalir kearah utara menuju muaranya di Samudera Pasifik. Sungai Mamberamo melewati beberapa kabupaten yaitu Paniai, Puncak Jaya, Yahukimo, Tolikara, Waropen , Jayawijaya dan Sarmi.

7. Sungai Bengawan Solo, Panjang 548 Km, merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa. Hulu sungai ini berasal dari pegunungan Kidol/Sewu di Jawa tengah dan mengalir kearah Timur laut dan berakhir di muaranya yaitu Laut Jawa. Sungai ini melintas di Provinsi Jawa Tengah yaitu Kabupaten Wonogiri, Sokoharjo, Karang anyar, Boyolali, Sragen, Grobogan, Blora dan Provinsi Jawa Timur yaitu Kabupaten Ngawi, Bojonegoro,Tuban, Lamongan dan Gresik.

8. Sungai Digul, Panjang 525 Km terletak di Provinsi Papua. Hulunya berada di pegunungan Jayawijaya, mengalir kearah Selatan melewati beberapa kabupaten antara lain Kabupaten Jayawijaya, Puncak Jaya, Yahukimo, Bintang, Asmat, Mapi, Boven Digul dan Merauke. Sungai Digul termasuk jenis sungai campuran karena airnya berasal dari hujan dan salju yang mencair dari pegunungan Jayawijaya.

9. Sungai Indragiri , panjang 500 Km disebut juga sungai Kuantan terletak di Provinsi Riau, Pulau Sumatera berhulu di pegunungan Bukit Barisan Sumatera Barat diantaranya Kabupaten Lima puluh Kota, Tanah Datar, Sijunjung dan Sawah Lunto, mengalir kearah Timur melewati Provinsi Riau yaitu Kabupaten Kuantan Senggigi,Indrigiri Hulu dan Indragiri Hilir dan berakhir pada muaranya di selat Berhala, Riau.


10. Sungai Seruyan, panjang 350 Km, sering juga disebut dengan sungai Kapuas, Hulu sungai ini berada di pegunungan Muller dan Schwaner melewati Provinsi Kalimantan Tengah menuju kearah Selatan ke laut Jawa melewati kabupaten Kuala Kapuas, Pulang Pisau, Gunung Mas, dan Murung Raya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.