"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Kamis, 24 Desember 2015

MENGENAL IKAN HIAS AIR TAWAR : TETRA

   Ikan Hias air tawar menjadi trend karena keindahan dan kemolekannya. Ikan hias bukan untuk dikonsumsi tetapi sekedar untuk dilihat, dipandang dan dinikmati didalam sebuah Aquarium. Gerakannya yang gemulai pada saat berenang dengan warna yang mencolok dan bentuk tubuh yang beraneka ragam merupakan daya tarik tersendiri. Ikan Hias air tawar sudah banyak dibudidayakan di Indonesia, sebagian besar Ikan-Ikan ini berasal dari daerah Tropis yang memang kondisi iklim dan airnya sangat cocok untuk jenis ikan Hias. Kebanyakan Ikan hias yang ditangkarkan berasal dari negara Tropis di Afrika seperti Kongo atau Zaire, dari sungai Amazon, Brazil, Columbia, Peru dan negara-negara Tropis lainnya di Amerika Selatan.
   Pada postingan ini kami akan mempekenalkan Jenis Ikan Hias Air tawar yang berasal dari daerah Tropis yaitu Tetra. Jenis Ikan Hias Tetra ini berasal dari sungai-sungai di Congo, Amazon, Brazilia dan ada juga dari Indonesia misalnya Celebes Tetra. Bentuk Ikan Tetra yang mungil, lucu dan corak warna yang indah menjadi kelebihan Ikan ini dibandingkan dengan jenis Ikan Hias air tawar lainnya. Ada yang berkilau seperti mengeluarkan lampu listrik seperti Neon Tetra dan ada juga yang memiliki warna elektrik yang mengejutkan misalnya Green Elektrik Tetra. Ada yang bentuknya berumbai seperti Rainbow tetra dan ada juga yang tidak memiliki mata yaitu Blind-Cave Tetra yang ditemukan didalam sungai-sungai gua-gua karst yang gelap.
   Ikan hias air tawar Tetra ini dapat hidup dengan baik di aquarium atau kolam-kolam kecil karena kemampuan ikan ini dalam beradaptasi sangat baik termasuk perubahan kondisi air namun dialam kebanyakan ikan Tetra ini mendiami perairan yang kadar keasamannya sedikit dan kebasaanya rendah dengan temperatur antara 20 - 26 derajat. Rata-rata Ikan tetra dapat hidup kurang lebih lima tahun, asalkan ikan ini jangan dicampur dengan ikan hias air tawar lain yang ukurannya agak besar, mengingat ukuran Ikan Tetra sangat kecil maka Ikan ini mudah diserang atau dilukai Ikan yang besar dan lebih agresif.
Amazon Tetra
Amanda Tetra
Black Emperor Tetra
Black Neon Tetra
Black Darter Tetra
Black Tetra
Bleending Heart Tetra
Blind-Cave Tetra
Bloodfind Tetra
Blue Eye Black Emperor Tetra
Blue King Tetra
Blue Emperor Tetra
Kawanan Blue Tetra
BuckToot Head Tetra
Buenos Aires Tetra
Candy Cane Tetra
Cardinal Tetra
Celebes Rainbow Tetra
Cobra Tetra
Columbia Tetra
Congo Tetra
Cosmic Blue Tetra
Electric Green Tetra
Emperor Tetra
Glow Fish Tetra
Glow Fish Green Tetra
Glow Light Tetra
Green Fire Tetra
Green Flame Tetra
Humming Tetra
Lemon Tetra
Long Fin Sarpea Tetra
Neon Rainbow Tetra
Neon Tetra
Flame Gold Tetra
Orange Tetra
Papper Black Tetra
Penguin Tetra
Purple Emperor Tetra
Red Phantom Tetra
Rosy Tetra
Rainbow Tetra
Red Eye Tetra
Rosy Red Tetra
Rummy Nose Tetra
Sarpae Tetra
Silver Tetra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.