"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Jumat, 25 Desember 2015

12 AIR TERJUN TERTINGGI DI INDONESIA

   Indonesia juga banyak memilik air terjun yang tersebar hampir di semua Pulau, karena pada dasarnya air terjun terbentuk dengan adanya relief Kountur wilayah Indonesia yang sebagian besar adalah pegunungan. Sumber air terjun adalah sungai yang mengalir dari daerah hulu dengan mata airnya di Puncak-puncak Gunung yang kemudian tumpah menuju ketempat yang lebih rendah dibawahnya.Pada dasarnya jalur-jalur pendakian di gunung-gunung merupakan alur jalannya air dan biasanya pada daerah lereng dan puncak gunung aliran sungai ini dangkal, licin, berlumut dan berbatu-batu besar. Pada beberapa lokasi membentuk jeram-jeram yang curam dan membentuk lembah sungai berbentuk ngarai yang sering disebut Jurang. Jurang orok tempat ditemukan 6 jenajah pendaki gunung Siswa STM Pembangunan tahun 1987 lalu merupakan lembah yang dalam yang terbentuk oleh kikisan sungai. Tidak mengherankan pula ketika terjadi kecelakaan Pesawat Sukhoi di Gunung Salak ini, Badan pesawat yang hancur berkeping-keping ditemukan menyebar di kedalaman jurang lebih dari 400 meter.
  Pada Jurang-jurang yang dalam ini air tumpah dari atas tebing yang kita sebut dengan air terjun, dan disetiap gunung di Pulau Jawa pasti memiliki air terjun. Air terjun yang besar bisa menjadi daya tarik wisatawan yang menyukai keindahan alam, walaupun pada beberapa lokasi air terjun sering terjadi kecelakaan yang memakan korban karena ketidaktahuan pengunjung. Hati-hati disetiap tumpahnya air terjun ke dasar bawahnya pasti menyebabkan cekungan dan pusaran air yang berbahaya, oleh karena itu disarankan jangan coba-coba berenang di genangan telaga yang terbentuk dari air terjun ini. Namun manfaat yang bisa diambil dengan Sumber daya alam abiotik ini sungguh luar biasa, yang terbanyak adalah pemenfaatan curah airnya yang deras dan besar menjadi pembangkit Listrik tenaga Air. Misalnya yang sudah dimanfaatkan pada Air terjun Sigura-gura di Sumatera Utara.
  Jumlah air terjun sangat banyak dan tak terhitung, ada yang sudah populer dan menjadi obyek wisata namun masih banyak pula yang tersembunyi di hutan-hutan pegunungan karena lokasinya sulit dijangkau. Karena banyaknya maka pada postingan ini kami hanya membatasi pada kriteria ketinggian, dan kami tampilkan dengan 12 Air terjun di Indonesia yang memiliki ketinggian lebih dari 80 meter. Berikut ini adalah Air terjun yang dimaksud :


1. Air Terjun Sigura-gura,tinggi 250 m, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara
2. Air Terjun Madakaripura, tinggi 200 m, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur
Sudut lain Air terjun Madakaripra
3. Air Terjun Payakumbuh, tinggi 150 m, Kabupaten Payakumbuh, Sumatera Barat
4. Air Terjun Sipiso-piso, tinggi 120 m, kabupaten Karo, Sumatera Utara
5. Air Terjun Jarakan, Tinggi 115 m, Kabupaten Magetan, Jawa Timur
6. Air Terjun Sedudo, Tinggi 105 m, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur
7. Air Terjun Curug Citambur, Tinggi 100 m, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat
8. Air Terjun Moramo, tinggi 100 m, Kabupaten Kanuwe Selatan, Sulawesi Tenggara
9. Air Terjun Curup Tenang, Tinggi 99 m, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan
10. Air Terjun Curug Cipendog, Tinggi 92 m, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
11. Air Terjun Curug Cimahi, Tinggi 87 m, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
12. Air Terjun Grojogan Sewu, Tinggi 81 m, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.