"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Selasa, 08 Desember 2015

MENGENAL HEWAN MARSUPILIA INDONESIA

    Marsupilia adalah hewan mamalia berkantung yang dapat ditemukan di wilayah Indonesia bagian Timur. Jenis Hewan ini melahirkan anaknya dalam bentuk embrio yang masih merah yang secara naluri merayap melalui bulu-bulu tubuh induknya dan menempel serta menyusui pada induknya sampai tubuhnya agak besar dan selalu ikut dalam kantung induknya sampai benar-benar dewasa dan akhirnya lepas dari ketergantungan induknya. Hewan Marsupilia adalah mamalia Indonesia yang berciri Australis yang menyebar dan terisolasi dalam Pulau-Pulau Kecil di Indonesia Timur terbentang dari Sulawesi sampai dengan Papua. Dahulu sebelum zaman Plaeistosen Papua dan Pulau-pulau sekitarnya menyatu dengan Australia yang dikenal dengan Paparan Sahul. Hewan-hewan ini terisolasi dalam Pulau-Pulau Kecil di sekitar Sulawesi, Maluku dan Papua membentuk spesies Marsupilia yang beragam dan unik.
 Walabi Semak
   Secara garis besar ada 2 Jenis Marsupilia yang ditemukan di Indonesia, Yaitu Kelompok spesies Kanguru dan kelompok spesies Kuskus atau Oposum. Kelompok Spesies Kanguru dapat ditemukan di Papua dan Kepulauan Aru yang dulu pernah menyatu dengan Australia. Karena terisolasi di wilayah yang sempit dengan Hutan Tropis yang pepohonannya rapat dan padat maka Kanguru yang ditemukan di papua ukurannya lebih kecil dibandingkan kerabatnya di Australia. Di Australia dengan wilayah padang sabana dan steva yang luas ditambah padang gurun yang membentang memudahkan Kanguru beraktivitas melompat dengan kedua kakinya yang panjang. Sedangkan di Papua yang wilayahnya ditutupi tajuk hutan lebat dan kerapatan pohon  yang tinggi membuat Kanguru secara alami berevolusi dengan bentuk ukuran yang lebih kecil.
   Kanguru di Indonesia terbagi atas 2 macam yaitu Kanguru tanah dan Kanguru Pohon. Kanguru tanah menghabiskan waktunya sebagian besar dilantai hutan dalam mencari makanan terutama di wilayah Papua bagian selatan dan Kepulauan Aru. Jenisnya antara lain adalah Walabi semak, Walabi Coklat dan Walabi Abu-abu. Sedangkan Kanguru Pohon menghabiskan sebagian waktunya di pohon dalam beraktivitas dan mencari makanan. Saat ini sudah diketahui ada 7 jenis spesies Kanguru pohon di Papua, diantaranya adalah Kanguru pohon Wakera Dendrolagus Inustus yang mendiami Papua Barat dan Utara serta P.Waigeo,P.Salawati,P.Yapen dan P.Biak, kedua Dendrologus Ursinus di semenajung Doberai,Papua,ketiga Dendrologus Dorinus di Papua Barat, Tengah dan Tenggara, keempat Dendrologus Stellarum di DTT. Pegunungan Tengah Papua, kelima Dendrologus Goodfellowi di Papua Tengah dan Tenggara, kelima Dendrologus Pullcherimus di pegunungan Foja Papua, keenam Dendologus Mbaiso di DTT Papua dan ketujuh Kanguru Pohon Mantel Emas.
  Jenis kedua adalah spesies Kuskus atau Oposum yang penyebarannya merata mulai dari Pulau Sulawesi sampai Papua. Mereka juga menempati pulau-Pulau kecil antara Sulawesi dan Papua seperti Kepulauan Talaud, Kep.Togian, Kep.Banggai, Pulau Obi, Pulau Wetar, Pulau Halmahera, Pulau Seram, Kepuluan Kai, P.Gebe, P.Waigeo, P.Biak, Kepulauan Aru, Kepulauan Tanimbar dan beberapa Pulau-pulau Kecil lainnya. Karena lama terisolasi dan terpencil maka Kuskus ini membentuk spesies sendiri. Dan sampai saat ini terus ditemukan jenis-jenis Oposum baru di wilayah pulau-pulau terpencil dan juga di hutan-hutan pedalaman Papua.
   Ada 13 jenis Kuskus yang sudah terindentifikasi di Indonesia antara lain :
1. Kuskus Beruang (Ailurops Ursinus) merupakan Kuskus terbesar di Indonesia dengan panjang      Tubuh mencapai 1 m, dan ditemukan di P.Sulawesi, P.Peleng dan Kep.Togian.
2. Kuskus Gebe (Phalanger Alexandrea) ditemukan di P.Gebe , Tenggara Halmahera.
3. Kuskus Gunung (Phalanger Charmeletae) ditemukan merata di Papua
4. Kuskus Tanah (Phalanger Gymnotis) terdapat di Papua
5. Kuskus Mata Biru (Phalanger Blue-eyes) ditemukan di Ternate dan Tidore
6. Kuskus Australia (Phalanger Mimicus) ditemukan di Papua dan Australia
7. Kuskus Grey Common (Phalanger Orientalis) terdapat di P.Wetar, P.Leti dan P.Timor
8. Kuskus Maluku (Phalanger Ornatus) terdapat di P.Halmahera,P.Bacan dan P.Morotai
9. Kuskus Obi (Phalanger Rothschildi) ditemukan di P.Obi
10. Kuskus Silki (Phalanger Sericeus) ditemukan di Papua
11. Kuskus Stein (Phalanger Vestitus) di temukan di pegunungan Papua
12. Kuskus Common Spotted (Phalanger Maculatus) ditemukan di P.Yapen, P.Papua dan Kep.Aru
13. Kuskus Kerdil (Strigocuscus Celebensis) terdapat di Pulau Sulawesi,Sangihe dan Siau
Kanguru Pohon Wakera
Kuskus dari Pegunungan Arfak, Papua Barat
Kuskus Pegunungan Tengah Papua
Kuskus dari Pulu Gebe, Halmahera
Kuskus Gymnotis
Kanguru Pohon
Kuskus Beruang Sulawesi
Kuskus Beruang P.Sulawesi bagian tengah
Kuskus Beruang Talaud
Kuskus Totol P.Biak
Kuskus Totol Coklat P.Yapen
Kuskus Tutul Hitam
Kanguru Semak, Merauke
Kuskus Pygmy pegunungan Tengah, Papua
Walabi abu-abu/coklat
Walabi semak Merah
Kanguru Pohon Doria
Kanguru Pohon Mantel Emas
Kanguru Pohon Mboiso
Kanguru Pohon Nemeneka
Kanguru Pohon Wakera
Kuskus Common Pohon
Kuskus Kerdil Sulawesi
Walabi Tanah
Kuskus Waigeo
Walabi dari Merauke
Walabi Semak Kepulauan Aru
Walabi Semak coklat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.