"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Selasa, 15 Desember 2015

TANAMAN PERTANIAN BUAH-BUAHAN DI INDONESIA (BAGIAN 4)

   Pada postingan terdahulu telah kami perkenalkan jenis tanaman Buah-buahan yang dibudidayakan di Indonesia dari Alphabet A-Z. Buah-buahan tersebut merupakan buah-buahan yang sudah sangat dikenal di Indonesia dan ditanam sejak ratusan tahun yang lalu. Walaupun sebagian besar bukan berasal dari tanaman buah-buahan asli Indonesia, namun tanaman buah-buahan ini dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di Indonesia. Masyarakat sudah begitu familiar dengan tanaman buah seperti Mangga, Pisang, Rambutan, Pisang dan sebagainya.
   Tanaman buah-buahan yang dihasilkan sebenarnya hampir semua memiliki khasiat untuk kesehatan disamping kandungan Vitamin C yang begitu berlimpah, sehingga tanaman buah-buahan sangat baik dikonsumsi sebagai makanan tambahan maupun sebagai obat untuk penderita berbagai macam penyakit yang ada. Khasiat masing-masing buah tidak diuraikan disini, mungkin anda bisa melihat pada Web atau Blog lain yang detail mengulas khasiat buah-buahan mengingat keterbatasan tema pada Blog ini yaitu hanya mengulas sisi lingkungan dan pelestarian kekayaan sumber daya alam Indonesia baik yang dapat diperbarui maupun yang tidak dapat diperbarui.
   Kali ini admin Blog akan memperkenalkan secara umum buah-buahan yang tidak begitu familiar dan jarang kita mengkonsumsinya mulai Alphabet A sampai dengan Z. Buah-buahan ini sebagian bukan berasal dari Indonesia namun dapat dibudidayakan di Indonesia dengan menyesuaikan kondisi lapisan tanah dan iklim di tempat asalnya. Sebagian merupakan buah yang berkhasiat menyembuhkan penyakit secara herbal, sebagian lagi sebagai makanan tambahan penyegar. Sebagian hasil dari budidaya sebagian lagi dari hasil langsung dari alam (Food and Gathering). Namun bisa saja beberapa jenis buah-buahan belum terangkum dalam postingan ini. Buah-buahan yang belum tercatat dipostingan ini akan terus di Update sehingga paling tidak kita dapat mengenal lebih dekat dengan corak, bentuk, varietas dan rasa buah-buahan ini.
Buah Abiu
Aprikot
Arbei
Asam Gelugur
Asam Kamdis
Asam Jawa
Asam Kelubi
Asam Renda
Buah Atap
Bacang
Baguk
Bit
Burahol
Ceremei
Ceri
Duwet Putih
Elderberry
Gandaria

Gowok
Kawista
Kelapa Sawit
Kelapa
Kelubi
Kepel
Kiwi
Kokosan
Kurma Merah
Langsat
Maja
Malaka yang menggerombol di dahan
Malaka
Markisa
Markisa Merah
Mengkudu
Menteng
Martajam
Buah Nam nam
Namnam yang menggerombol di batang
Buah Nona
Buah Persik
Pir
Ramania
Rambusa
Buah Tampoi
Buah Terap
Zaitun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.