"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Kamis, 01 Januari 2009

PETA DAN PROFIL SINGKAT 34 PROVINSI DI INDONESIA (BAGIAN 1)

    Jumlah Provinsi di Indonesia saat ini ada 34 Provinsi, dengan dimekarkannya Provinsi Kalimantan Timur menjadi Provinsi baru yaitu Provinsi Kalimantan Utara. Provinsi baru ini dibentuk melalui keputusan sidang paripurna DPR tanggal 25 Oktober 2012. Provinsi Kalimantan Utara luasnya 77.382 Km2 dengan jumlah penduduk 611.000 jiwa. Ibukotanya Tanjung Selor, sebelumnya ibukota kabupaten Bulungan. Wilayahnya meliputi Kota Tarakan, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan dan Kabupaten Tanah Tidung.
    Dalam sejarahnya perkembangan jumlah Provinsi di Indonesia senantiasa mengalami perubahan yaitu :
1. Tahun 1945-1949 ada 8 daerah administrasi yaitu Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Sunda Kecil, Jawa Tengah dan Jawa Timur.
2. Tahun 1949-1950 Indonesia berbentuk Federasi dengan jumlah 15 negara bagian dan negara Indonesia , hasil dari Konferensi Meja Bundar di Denhag, Belanda.
3. Tahun 1950, Indonesia kembali ke negara kesatuan dengan penambahan 4 provinsi baru yaitu Sumatera Utara, Sumatera Tengah, Sumatera Selatan dan Daerah Istimewa Yogyakarta.
4. Tahun 1956, Kalimantan dipecah menjadi 3 Provinsi yaitu Kalimantan Timur,Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan
5. Tahun 1957, tambahan 5 Provinsi baru yaitu DKI Jakarta dan pecahan Sumatera Tengah antara lain Jambi, Riau, Sumatera Barat, dan Daerah Istimewa Aceh
6. Tahun 1959, tambahan 4 Provinsi dari pemekaran Kalimantan Selatan dan Provinsi Sunda kecil yaitu Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Tengah.
7. Tahun 1960, tambahan 2 Provinsi dari pemekaran Provinsi Sulawesi yaitu Provinsi Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah.
8. Tahun 1963, bertambah Provinsi Irian Jaya setelah PBB menyerahkan Irian Jaya ke Indonesia.
9. Tahun 1967, tambahan Provinsi Bengkulu dari pemekaran Provinsi Sumatera Selatan
10. Tahun 1976, Timor Timur berintegrasi ke Indonesia, sehingga jumlah Provinsi di Indonesia menjadi 27.
11. Tahun 1999, Provinsi Timor Timur memisahkan diri dari Indonesia, sehingga pada tahun 1999 jumlah provinsi di Indonesia menjadi 26.
12. Tahun 1999 Jumlah Provinsi di Indonesia kembali 27 dengan dibentuknya Provinsi Maluku Utara, hasil pemekaran Provinsi Maluku.
13. Tahun 2000 tambahan 3 Provinsi baru hasil pemekaran yaitu Banten, pemekaran dari Provinsi Jawa Barat, Gorontalo dari pemekaran Provinsi Sulawesi Utara dan Bangka Belitung pemekaran dari Provinsi Sumatera Selatan sehingga Jumlah Provinsi Indonesia menjadi 30.
14. Tahun 2001 Provinsi Irian Jaya Barat terbentuk hasil pemekaran dari Provinsi Papua sehingga jumlah Provinsi di Indonesia menjadi 31.
15. Tahun 2002 dibentuk Provinsi Riau Kepulauan hasil pemekaran Provinsi Ri, menjadikan Indonesia memiliki 32 Provinsi
16. Tahun 2004 terbentuk Provinsi Sulawesi Barat hasil pemekaran Provinsi Sulawesi Selatan, sehingga jumlah Provinsi di Indonesia menjadi 33.
17. Tahun 2012 dibentuk Provinsi Kalimantan Utara, hasil pemekaran Provinsi Kalimantan Timur. Sehingga saat ini Jumlah Provinsi di Indonesia menjadi 34.

Berikut ini Distribusi 34 Provinsi di Indonesia :

P. Sumatera : Ada 10 Provinsi yaitu Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Riau, Riau Kepulauan, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka-Belitung dan Lampung

Pulau Jawa ada 6 Provinsi yaitu Provinsi Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur

Pulau Kalimantan ada 5 Provinsi antara lain Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara

 
Kepulauan Nusa Tenggara (Sunda Kecil) ada 3 Provinsi antara lain Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur

Pulau Sulawesi : Ada 6 Provinsi antara lain Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara

Pulau Papua dan Kepulauan Maluku : Ada 4 Provinsi antara lain Provinsi Maluku, Maluku Utara, Irian Jaya Barat dan Papua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.