"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Kamis, 03 Desember 2015

KEANEKARAGAMAN MAMALIA INDONESIA

   Mamalia Indonesia termasuk paling beragam jenisnya dan sesuai penyebarannya Spesies fauna berciri Asia ini menyebar di wilayah Indonesia bagian Barat terutama Pulau Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Beberapa jenis diantaranya sangat langka yaitu Badak Jawa bercula satu dan Badak Sumatera bercula dua. Kedua spesies ini terancam punah, terutama Badak Jawa yang populasinya diperkirakan tinggal 40-60 ekor dan di Indonesia hanya ditemukan di Taman Nasional Ujung Kulon Banten. Sedangkan Badak Sumatera yang penyebarannya meliputi Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan diperkirakan tinggal 200 an ekor. Dari 5 jenis Badak di dunia yaitu Badak India, Badak Afrika, dan Badak Putih ukuran Badak sumatera dan Badak Jawa lebih kecil, namun begitu seharusnya kita bangga masih memiliki dua spesies ini. Sudah seharusnya upaya pelestarian dan perlindungan kedua jenis Badak yang kita miliki ini harus benar-benar ketat.
   Selain Badak  fauna Indonesia yang terancam punah adalah Gajah, Indonesia juga memiliki 2 spesies Gajah dari 5 spesies Gajah di dunia. Kedua spesies gajah ini adalah Gajah Sumatera yang habitatnya berada di Pulau Sumatera dengan perkiraan populasi antara 2500-3000 ekor, dan Gajah Kalimantan yang dapat ditemukan di Provinsi Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara dengan perkiraan populasi antara 250-500 ekor. Kedua spesies Gajah Indonesia ini jauh lebih kecil ukurannya dibandingkan Gajah Afrika dan Gajah Asia namun keberadaannya sudah semakin sulit ditemukan.
   Mamalia Indonesia ketiga yang terancam punah adalah Banteng, terutama Banteng Jawa yang populasinya semakin berkurang dan habitatnya sudah mulai tesudut hanya di Taman Nasional Ujung Kulon, Meru Betiri, Alas Purwo dan Baluran. Sedangkan dibeberapa cagar alam di Jawa Barat seperti Pangandaran sudah mulai punah, hanya beberapa ekor yang tersisa di Cagar Alam Leweling Sancang dan pantai-pantai terpencil Jawa Barat bagian Selatan.
   Mamalia lain yang populasinya cukup aman dan bahkan bisa ditangkarkan adalah Kijang, Rusa Sambar, Rusa Bawean, Muncak dan Kijang Kuning Kalimantan. Rusa Timor yang merupakan Rusa asli Indonesia bisa ditemukan di P.Sumatera, P.Jawa, P.Kalimantan, Nusa Tenggara sampai P.Timor memiliki ukuran yang paling besar. Sedangkan yang ditemukan di Papua adalah Rusa yang sengaja di introduksikan dan dilepas liarkan dari Pulau Jawa. Kini  Populasinya di Papua berkembang cukup pesat dan menjadi hewan buruan yang dagingnya disukai masyarakat lokal.
   Mamalia Indonesia lain yang jarang terlihat adalah Tapir yang bisa ditemukan di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Kambing Hutan Hitam ditemukan di Pulau Sumatera dan Kerbau liar yang banyak ditemukan di P.Sumatera, Kalimantan dan P.Jawa. Populasi Kerbau liar ini menjadi ancaman serius buat Banteng Jawa, karena kedua mamalia ini memiliki pakan yang sama dan bermukim di lokasi yang sama.
Badak Jawa di TN Ujung Kulon
Dua Ekor Badak Jawa sedang bermain di TN Ujung Kulon
Badak Sumatera dengan seekor anaknya di TN Way Kambas
Badak Sumatera di TN Way Kambas
 Sekolah Gajah di Way Kambas , Lampung
Keluarga Gajah Sumatera yang berbahagia
Badak Sumatera di Hutan Bukit Barisan Selatan
Kawanan Kijang di TN Baluran
Kawanan Kijang, Banteng dan Kerbau liar di Cagar Alam Alas Purwo
Banteng Jawa di TN Baluran
Kawanan Banteng di TN Ujung Kulon
Banteng Jawa di habitanya Pulau Kalimantan
Gajah Sumatera
Sepasang Gajah Sumatera dan anaknya
Sepasang Gajah Kalimantan dan anaknya
Kehidupan di padang sabana Baluran, Afrikanya Pulau Jawa
Kambing Hutan Sumatera
Kancil di habitatnya Pulau Jawa
Kijang Kuning Kalimantan
Tapir di habitanya Pulau Sumatera
Kijang di Pulau Kalimantan
Kijang Kuning Kalimantan
Muncak Kalimantan
Kawanan Rusa Bawean
Rusa Bawean, Pulau kecil di Utara Jawa Timur
Rusa Sambar Pulau Kalimantan
Rusa Sambar Pulau Jawa
Rusa Totol di Jawa Barat
Rusa Totol di Kebun Raya Bogor
Kerbau Liar di TN Bukit Barisan Selatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.