"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Senin, 16 Juni 2014

AYAM : UNGGAS YANG DITERNAKKAN

    Bangsa unggas (Galliformes) terdiri dari beberapa suku, di antaranya suku Phasianidae dan suku Meleagrididae. Salah satu anggota Phasianidae adalah ayam, yang berasal dari genus Gallus. Adapun salah satu anggota suku Meleagrididae adalah kalkun. Meskipun keduanya termasuk burung yang mempunyai sayap, ayam dan kalkun telah beradaptasi untuk hidup dan mencari makan di atas tanah. Pada umumnya, ayam dan kalkun diternakkan untuk diambil daging dan telurnya. Akan tetapi beberapa jenis ayam dimanfaatkan unsur keindahannya atau dijadikan hewan aduan.
Ayam Jantan
    Ayam ras merupakan hasil persilangan dari 4 spesies ayam liar, yaitu Gallus gallus (ayam-hutan-merah), Gallus lavayettei (ayam hutan-siam), Gallus sonnerataii (ayam hutan hijau). Ayam ras terbagi dalam empat kelompok benua yaitu kelompok Asia, Mediterania, Amerika, dan Inggris.
Ayam Hutan Hijau
Ayam Hutan Merah

Kelompok Ayam Ras
    Ayam yang termasuk dalam kelompok Asia antara lain adalah ayam brahma, langshan, dan cochin. Kelompok Mediterania antara lain terdiri dari ayam leghorn, minorca dan ancorna. Kelompok ini merupakan ayam petelur. Kelompok Amerika pada umumnya berasal dari kelompok ayam Asia. Beberapa anggota kelompok Amerika antara lain adalah ayam plymonth-rock, rhode island-red, new hamspire dan wyandote. Kelompok ini merupakan ayam pedaging dan petelur. Adapun kelompok Inggris seperti ayam orpington, cornish dan dorking merupakan ayam pedaging.
Ayam Mutiara

Ayam Buras
    Ayam buras atau ayam lokal merupakan kelompok ayam yang berasal dari Indonesia, bukan termasuk ayam ras. Ayam ini sering disebut ayam kampung atau ayam sayur. 
   
Penamaan ayam buras biasanya disesuaikan dengan lokasi pemeliharaannya. Beberapa contoh nama ayam buras yang banyak dikenal adalah ayam kedu, pelung dan sentul. Ayam buras diduga berasal dari ayam hutan merah yang telah mengalami domestikasi (penjinakkan). Secara umum, ayam buras tidak memiliki ciri-ciri yang khas. Warna bulunya beraneka ragam, seperti putih, hitam kekuning-kuningan, cokelat dan merah tua.
    Ayam buras banyak dipelihara oleh masyarakat di pedesaan. Ayam ini mampu menghasilkan telur 60 butir per tahun. Daging ayam buras juga digemari oleh masyarakat karena kandungan lemaknya lebih sedikit dibandingkan ayam ras.
Ayam Kampung

Kalkun
    Kalkun merupakan anggota unggas dari suku Meleagrididae. Kalkun dapat terbagi menjadi dua spesies yaitu kalkun biasa (Meleagris gallopavo) dan kalkun merah (Agriocharis ocellata). Unggas ini mempunyai bulu yang berwarna gelap. Bagian leher mempunyai gelambir dan seuntai daging yang menutupi paruh. Apabila kalkun jantan mengalami birahi, maka gelambir tersebut akan mengembang dan warnanya menjadi semakin terang. Kalkun jantan ini mempunyai tubuh yang lebih besar dan suara yang lebih keras daripada kalkun betina.
    Kalkun biasanya diambil dagingnya sebagai bahan makanan. Di Eropa, daging kalkun diolah menjadi masakan khas pada perayaan natal. Adapun di Amerika Serikat dan Kanada, kalkun disajikan pada Thanksgiving Day, yaitu hari perayaan panen dan berkah atau karunia Tuhan.
Kalkun Cokelat Turki
Sepasang Kalkun mesra berjalan bersama




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.