"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Selasa, 26 Oktober 2010

BAWANG : TANAMAN BERAROMA KHAS

   
     Bawang adalah kelompok tumbuhan monokotil dari genus Allium yang batangnya membentuk umbi lapis dan memiliki aroma khas. Anggota suku Liliaceae ini mencakup beberapa spesies bawang, termasuk bawang putih (Allium Sativum), bawang merah (Allium cepa var ascalonicum), bawang bombay (Allium capa) dan bawang daun (Allium fistulosum). Keempat jenis terna semusim tersebut sering dimanfaatkan sebagai rempah-rempah dan dibudidayakan dalam skala besar di ladang.
Perkebunan Bawang Merah

Bawang Putih
    Bawang putih merupakan jenis tnaman yang berasal dari Asia Tengah. Bawang putih tumbuh subur di daerah ketinggian sekitar 600 - 1.100 m di atas permukaan laut dan bercurah hujan 1.200 - 2.400 mm pertahun. Pangkal batang tanaman ini berbentuk cakram atau umbi dan berada di dalam tanah. Daunnya berbentuk seperti pita dan berukuran panjang sekitar 10 - 15 cm. Pada umumnya, bawang putih tidak berbunga. Akan tetapi, beberapa tanaman memiliki bunga yang berwarna merah jambu, berukuran kecil, dan bertangkai pendek. Umbi bawang putih terdiri dari beberapa siung yang masing-masing terbungkus oleh selaput tipis. Selaput ini sebenarnya adalah pelepah daun. Selain kalsium, kalium dan selenium, umbi bawang putih juga mengandung senyawa asiri yang mencakup dialil disulfida, dialil trisulfida, dan alil propil disulfida.
Bawang Putih

Bawang Merah dan Bawang Bombay
    Bawang merah dan bawang bombay berbentuk rumpun dengan tinggi tanaman sekitar 15 - 25 cm. Kedua spesies tanaman ini berbatang semu dan berakar serabut. Umbi bawang merah berwarna kemerahan, berukuran kecil, dan berbau tajam. Adapun umbi bawang bombay berwarna putih kekuningan, berukuran besar, dan berbau tidak terlalu tajam.
    Bawang merah tumbuh subur pada daerah yang memiliki ketinggian sekitar 250 m di atas permukaan laut, curah hujan 2.500 mm per tahun, dan PH tanah 5,8 - 7,0. Di Indonesia, sentra penanaman bawang merah terdapat di pulau Jawa. Bawang bombay tumbuh subur di dataran rendah sampai daerah yang berketinggian 100-600 m di atas permukaan laut. Tanaman ini membutuhkan curah hujan sekitar 1.000 mm per tahun. Bawang bombay banyak di budidayakan di Cina, Pakistan dan India. Penanamannya di Indonesia belum banyak dilakukan.
 Bawang Merah

Bawang Bombay
Bawang Daun
    Bawang daun merupakan spesies tanaman yang berasal dari Asia Tenggara dan kemudian meluas ke daerah-daerah tropis dan subtropis. Daun tanaman ini berwarna hijau dan berukuran sekitar 18-30 cm. Bawang daun tumbuh subur pada dataran tinggi yang berketinggian sekitar 900 - 1.700 m di atas permukaan laut. Tanah yang memiliki PH (kadar keasaman) 6.5 - 7.5 dan aerasi yang baik sangat cocok untuk pertumbuhanbawang daun.
    Tanaman ini dikelompokkan menjadi dua tipe yaitu tipe bulat panjang denganbagian dalam yang berlubang dan tipe panjang pipih dengan bagian dalam yang tidak berlubang. Saat ini, bawang daun banyak di budidayakan di daerah pegunungan, seperti Cipanas dan Lembang (Jawa Barat) serta Malang (Jawa Timur).
Bawang Daun

Manfaat Bawang
    Selain sebagai rempah-rempah, bawang putih, bawang daun, dan bawang merah memiliki manfaat yang beragam. Bawang putih berguna sebagai antioksidan karena berkhasiat untuk membersihkan darah dan senyawa beracun. Secara tradisional, bawang daun dimanfaatkan sebagai obat pelancar pencernaan dan penghilang lendir pada tenggorokkan. Adapun bawang merah digunakan sebagai penurun demam.
Bibit Bawang putih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.