"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Rabu, 20 Januari 2010

TAPIR : MAMALIA BERKUKU GANJIL

    Tapir adalah kelompok mamalia berkuku ganjil dari suku Tapiridae yang memiliki tubuh gemuk, kaki pendek, dan mocong berbentuk belalai pendek. Anggota ordo Perissodactyla ini hidup di hutan dan rawa-rawa di Amerika Selatan, Amerika Tengah dan Asia Tenggara. Saat ini empat spesies tapir yaitu tapir melayu (Tapirus indicus), tapir gunung (Tapirus pinchaque) tapir baird (Tapirus Bairdii) dan tapir Amerika Selatan (Tapirus terrestis) dikatagorikan sebagai hewan yang terancam mengalami kepunahan.
    Tinggi bahu tapir mencapai 2-2.5 m. Kaki depannya terdiri dari 4 jari, sedangkan kaki belakangnya terdiri dari 3 jari. Tapir memiliki mata yang kecil  serta telinga yang pendek dan bulat. Belalai pendek yang terdapat diatas mulut dilengkapi dengan lubang hidung. Tapir memiliki indera pendengaran dan penciuman yang tajam.
Induk Tapir Dan Anaknya
Anak Tapir
    Tapir termasuk hewan yang pemalu. Hewan ini akan melarikan diri dengan cara berlindung di balik semak-semak atau berendam di dalam air apabila diganggu atau terancam bahaya. Tapir biasanya keluar untuk mencari makan pada malam hari. Pakan tapir berupa rumput, daun-daunan, ranting pohon dan buah-buahan. Masa hidup tapir bisa mencapai30 tahun. Selain diburu manusia, tapir sering menjadi mangsa dari Harimau dan Jaguar.
    Setelah mengalami masa kehamilan selama 13 bulan , tapir melahirkan seekor anak. Ketika dilahirkan anak tapir memiliki bobot tubuh sekitar 8-13 Kg. Induk tapir kemudian melindungi  dan menutupi anaknya dengan daun-daunan agar terhindar dari predator. Setelah beberapa minggu, anak tapir mengikuti induknya untuk mencari makan. Meskipun anak tapir memakan daun-daunan dan buah-buahan namun pakan utamanya berupa susu dari induk tapir.

Tapir Melayu
    Tapi melayu hidup di Asia Tenggara terutama di Pulau Sumatera, semenanjung Malaka dan Thailand bagian Selatan. Spesies terbesar ini memiliki bobot tubuh sekitar 380 Kg. Bulu tapir melayu berwarna hitam dengan kombinasi putih. Tapir melayu tidak memiliki surai dan belalainya lenbih panjang daripada spesies lainnya. 
Tapir Melayu

Tapir Gunung
    Tapir gunung memiliki bulu yang paling tebal diantara ketiga jenis tapir lainnya. Tapir yang berwarna hitam atau cokelat kemerahan ini hidup di wilayah pegunungan Andes (Amerika Selatan) dan di hutan-hutan Kolombia, Equador, dan Peru. Bobot tubuh tapir gunung mencapai 165 Kg.
Tapir Gunung

Tapir Baird
    Tapir baird mempunyai bobot tubuh sekitar 350 kg. Hewan ini biasanya berwarna abu-abu kecokelatan dengan kombinasi awrna putih di bagian pipi, leher dan dada. Tapir baird terdapat di Equador, Kolombia, Guatemala, Nikaragua dan Meksiko tenggara.
Tapir Baird

Tapir Amerika Selatan
    Bobot tubuh tapir Amerika selatan mencapai 200-250 Kg. Seluruh tubuhnya berwarna cokelat. Tapir Amerika Selatan memiliki surai di bagian tengkuk. Hewan ini hidup di hutan-hutan Amerika Selatan terutama di Brazil, Kolombia, Paraguay dan Argentina.
Tapir Amerika Selatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.