"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Selasa, 09 Juni 2015

LUMBA-LUMBA, PENOLONG DAN SAHABAT MANUSIA NAMUN DIBURU NELAYAN

  

    Lumba-lumba dikenal sebagai mamalia laut yang sangat cerdas. Selain bisa merespons perkatan atau gerakan manusia, ternyata lumba-lumba juga memiliki empati. Hal itu dibuktikan dengan penelitian melalui rekaman video di sebuah akuarium di Jepang. Seperti diwartakan Kantor Berita NHK, Kamis (20/1), seeekor lumba-lumba terlihat sedang menjaga hewan lain yang berasal dari kolam yang sama.Dalam rekaman, seekor lumba-lumba botol menggunakan mulutnya untuk menyenggol, tampaknya seperti membangunkan binatang lain yang telah tiada itu. Kemudian hewan yang bersahabat dengan manusia itu membawa hewan yang mati tadi dengan siripnya.
  
Hebatnya lagi, saat ada sebuah kapal mendekat, lumba-lumba langsung menutupi hewan yang mati itu dengan siripnya. Hal itu menunjukkan bahwa hewan pintar itu mencoba melindungi hewan lain tersebut. Seorang peneliti mengatakan, dua lumba-lumba yang berada di dalam kolam yang sama, kemungkinan telah membangun hubungan kuat. Lumba-lumba adalah mamalia laut yang sangat cerdas, selain itu sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya sangat kompleks. Sehingga banyak teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba. Salah satu contoh adalah kulit lumba-lumba yang mampu memperkecil gesekan dengan air, sehingga lumba-lumba dapat berenang dengan sedikit hambatan air. Hal ini yang digunakan para perenang untuk merancang baju renang yang mirip kulit lumba-lumba.
  
Lumba-lumba memiliki sebuah sistem yang digunakan untuk berkomunikasi dan menerima rangsang yang dinamakan sistem sonar, sistem ini dapat menghindari benda-benda yang ada di depan lumba-lumba, sehingga terhindar dari benturan. Teknologi ini kemudian diterapkan dalam pembuatan radar kapal selam. Lumba-lumba adalah binatang menyusui. Mereka hidup di laut dan sungai di seluruh dunia. Lumba-lumba adalah kerebat paus dan pesut. Ada lebih dari 40 jenis lumba-lumba.
    Bayi lumba-lumba yang baru lahir akan dibawa ke permukaan oleh induknya agar bisa menghirup udara. Lumba-lumba perlu naik ke permukaan untuk bernafas supaya tetap hidup. Lumba-lumba bernafas melalui lubang udara yang terletak di atas kepalnya. Tubuhnya yang licin dan ramping sangat sesuai untuk berenang. Induk lumba-lumba menyusui anaknya dengan susu yang gurih dan menyediakan energi bagi anaknya supaya cepat besar. Setiap anak lumba-lumba selalu berada di dekat induknya, sehingga ibunya bisa melindungi dari bahaya. Lumba-lumba selalu menjaga hubungan dengan anaknya hingga tumbuh semakin besar. Induk lumba-lumba memanggil anak anaknya dengan siulan khusus yang bisa mereka kenali.
Lumba-lumba hidup dan bekerja dalam kelompok atau disebut kawanan. Mereka sering bermain bersama. Seekor lumba-lumba tidak bisa tidur nyenyak di bawah air. Ia bisa tenggelam. Oleh karena itu, ia setengah tidur beberapa saat dalam sehari. Lumba-lumba makan cumi dan ikan seperti ikan mullet abu-abu. Kadang kadang Lumba-lumba menggiring kawanan ikan agar mudah ditangkap. Lumba-lumba mencari jalan dengan mengirimkan suara didalam air. Jika suara itu mengenai suatu benda, suara itu akan dipantulkan kembali sebagai gema. Kadang kadang, suara gaduh di laut akibat pengeboran minyak dapat membingungkan lumba-lumba. Mereka akan mengalami kesulitan dalam mengirim dan menerima pesan.
Manusia senantiasa tertarik dengan kisah lumba-lumba. Bangsa Romawi telah membuat gambar mozaik lumba-lumba sekitar 2.000 tahun lalu. Sekarang, manusia senang berenang di laut bersama binatang yang pandai dan bersahabat seperti lumba-lumba. Lumba-lumba harus berhati hati terhadap ikan hiu yang mungkin menyerang mereka sewaktu waktu. Mereka melindungi diri dengan gigi giginya, kadang-kadang mereka menggunakan paruhnya sebagai pelantak. Manusia dapat menjala banyak sekali ikan bagi lumba-lumba untuk makanannya. Terkadang, lumba-lumba tertangkap oleh jaring nelayan. Mereka tidak dapat menghirup napas di permukaan, akibatnya mereka tenggelam. Ketika bahan kimia yang berbahaya dibuang ke laut, limbah itu bisa meracuni makanan yang dimakan lumba-lumba. Pembangunan waduk di sungai dan pengeringan danau hanya menyisakan sedikit tempat bagi binatang seperti lumba-lumba Brazil untuk hidup.
Lumba-lumba tergolong sebagai mamalia yang cerdas. Lumba-lumba dapat menolong manusia, bila lumba-lumba sudah terlatih, bahkan lingkaran api pun dapat mereka terobos. Singa laut, spesies primata, ikan paus dan anjing juga termasuk binatang yang cerdas. Lumba-lumba yang sudah terlatih dapat melakukan berbagai atraksi dan mereka juga dapat berhitung, tetapi Lumba-lumba liar belum dapat melakukan berbagai atraksi. Sekarang ini, lumba-lumba dan ikan paus sudah langka, maka lumba-lumba dan ikan paus harus dilindungi. Lumba-lumba dan ikan paus telah mulai dilindungi di seluruh dunia.
Banyak pihak memanfaatkan lumba lumba, seperti pihak militer AS yang pernah melakukan percobaan terhadap lumba lumba untuk misi Spionase (mata mata). Lumba lumba memiliki kemampuan unik yang sesungguhnya bila kita sebagai manusia jeli bisa menangkap maksut dari perubahan perilaku lumba lumba tersebut.
Kemampuan unik nya tersebut antara lain, suka menolong manusia yang kebetulan tersesat atau terombang ambing di tengah laut ( biasanya lumba lumba menolong dan membimbing menuju perairan), selain itu bisa juga mengetahui kapan bencana gempa akan terjadi.
Semua itu memungkinkan karena lumba lumba merupakan hewan yang sangat mudah untuk dilatih. diperkirakan terdapat antara 30 sampai 40 jenis lumba-lumba, 5 diantara nya merupakan lumba lumba yang hidup di air tawar. Walaupun mereka hidup di dalam air, lumba-lumba adalah mamalia yang bernafas melalui blowhole,yang terletak di bagian atas kepala mereka.
Beberapa jenis lumba-lumba harus naik ke permukaan untuk bernafas setiap 20 sampai 30 detik. Lumba-lumba sangat sosial, gemar bermain, teliti, dan cerdas. Mereka hidup dalam kelompok atau keluarga yang disebut Pods. Lumba lumba berisitirahat dengan hanya mengaktifkan setengah dari otak mereka, dan mata nya terbuka sebelah.

Hal ini memungkinkan mereka untuk naik ke permukaan untuk bernafas dan untuk melindungi diri dari predator. lumba lumba jantan biasa disebut Bulls (banteng) sedangkan betina nya di sebut Cows (sapi). Lumba-lumba dapat mencapai kecepatan 60 km/jam nya atau 37 mph. Selain itu Kedua sisi otak lumba-lumba bekerja secara terpisah.
Selama 8 jam, kedua sisi otak itu sadar. Kemudian sisi yang kiri akan tidur selama 8 jam. Setelah sisi itu terbangun, sisi yang kanan akan tidur selama 8 jam. Dengan demikian lumba-lumba bisa tidur selama 8 jam tanpa harus berhenti secara fisik dan terus berenang.
Lumba lumba menggunakan suara untuk indera penglihatan nya, menggunakan suara untuk mencari kearah mana dia harus berenang mencari makan, yang unik saat lumba lumba mengeluarkan suara nya untuk mencari ikan ikan kecil makanan nya, maka ikan ikan kecil itu akan tidak berdaya.

Fakta lain yang mungkin teman teman sering mengetahuinya adalah mereka suka mengiringi kapal kapal yang berlayar di tengah lautan di sisi kiri kanan lambung kapal, nah hal ini tentu saja menjadi tontonan tersendiri bagi penumpang kapal  pada saat berlayar melintasi perairanterutama yang menjadi tempat bermain kawanan lumba-lumba.

Beberapa tahun belakangan ini, banyak ikan lumba lumba diburu untuk dijadikan bahan makanan oleh karena memiliki khasiat kesehatan. Hal ini sungguh sangat menyedihkan dikarenakan bisa memulai kepunahan hewan lucu itu dari muka bumi, sering saya dengar mereka terdampar di pesisir pantai karena akibat dari terganggunya sistem navigasi yang di karenakan gelombang panas atau adanya gangguan lain di laut. Bila gendang telinga binatang itu rusak, mereka akan kehilangan arah, dan kemudian muncul ke permukaan lalu berenang tak tentu arah. Lumba-lumba juga termasuk pasangan yang setia
Nasib Lumba-Lumba di Indonesia
   Apa sebenarnya salah dan dosamu wahai kau sahabat lumba-lumba tersayang? Padahal kau bukanlah sejenis binatang ternak yang "halal" untuk dibantai, dicincang, dijual dan jasadmu dihidangkan diatas meja makan?Padahal kau lumba-lumba, dikenal di seluruh dunia ini sebagai sahabat manusia yang tidak kenal pamrih. Malah badan internasional pun sepakat untuk melindungimu dari kekejaman manusia. Seluruh negara di dunia ini pun, termasuk habitatmu yang ada di Indonesia, juga sepaham untuk tidak memburumu. Tapi, nasibmu di negera ini terus dibantai. Mungkin, segudang cerita tentang kebaikan lumba-lumba tidak akan pernah hilang.
    Cerita dari mulut-kemulut, belum pernah terdengar lumba-lumba membantai manusia. Belum juga terdengar di surat kabar lumba-lumba menghacurkan kapal-kapal di tengah laut. Tapi sebaliknya, kita selalu terperangah akan cerita unik dan kebaikan si lumba-lumba ini. Di lautan negara manapun dia, selalu terdengar kabar akan pertolongannya terhadap musibah di tengah laut.Simaklah cerita-cerita lain tentang kebaikan ikan lumba-lumba juga terjadi di Bagansipai-api di Riau yang selama ini ikan itu terus diburu. Dari mulut-kemulut kemulut, sekitar sepuluh tahun yang silam sebuah kapal nelayan di kawasan pantai Bagan terpecah karena terhempas ombak Selat Malaka. Saat itu, konon di atas kapal kayu itu ada empat orang, satu orang diantarnya masih anak-anak. Kapal yang terpecah ditengah laut itu, membuat tiga orang nelayan tewas karena tidak ada pertolongan. Namun seorang bocah yang ikut dalam kapal itu, terselamatkan. Ini karena tak lama setelah kapal itu pecah, puluhan ikan-lumba-lumba menolong bocah itu ke pinggir pantai.Timbul pertanyaan, mengapa hanya sang bocah yang mendapat pertolongan dari lumba-lumba itu? Menurut Sumardi nelayan asal Bagan, nyawa anak kecil itu tertolong karena darah yang ada dalam tubuhnya belum dilumuri dengan darah ikan lumba-lumba. Jangankan untuk membunuh ikan lumba-lumba, mungkin memakan dagingnya pun anak kecil itu belum pernah.
Tapi lain hal bagi ketiga nelayan tadi, konon mereka tidak diselamatkan karena mungkin mereka adalah salah satu dari ribuan nelayan di Bagan yang pernah membunuh atau menyantap ikan lumba-lumba itu.     "Memang cerita ini sulit kami buktikan. Tapi nelayan atau masyarakat di Bagan ini sangat percaya akan cerita itu. Sampai detik ini pun masyarakat masih yakin akan adanya peristiswa tersebut," tutur Sumardi.Lumba-lumba Yang Cerdas Apa yang diceritakan Sumardi tadi, hanya sekelumit dari seonggok cerita lainnya akan kebaikan lumba-lumba. Malah disejumlah negara Eropa, banyak ibu-iu yang akan melahirkan sengaja mintan bantuan kepada lumba-lumba. Berbagai penelitian menyimpulkan lumba-lumba Tursiops, atau dikenal dengan sebutan lumba-lumba si hidung botol dikatagorikan memiliki kemanpuan intelijen tinggi di antara mamalia sejenisnya. Sebagian ada yang mengatakan, lumba-lumba mampu mempelajari suatu prosedur rumit. Hanya dengan sebuah contoh yang diperagakan, lumba lumba akan cepat untuk menirunya. Lihat saja, atraksi permainan di kolam yang selalu menjadi tontonan anak-anak dan orang dewasa itu.   
Lumba-lumba itu mampu berkomunikasi dengan manusia. Kecerdasan yang dimiliki lumba-lumba itu, tidak hanya sekedar buat hiburan semata. Intelijennya yang tinggi itu bisa dimanfaatkan untuk membantu kecerdasan otak pada anak-anak cacat mental. Buktinya, Australia, Amerika Serikat ada terapi cacat mental menggunakan lumba-lumba. Sejumlah ahli menyimpulkan, frekuensi tinggi suara lumba-lumba bisa mempengaruhi otak anak-anak, meningkatkan kemampuan motorik dan koordinasinya."Sayangnya, lumba-lumna yang cerdas itu tidak bisa kita mafaatkan. Malah yang ada di negeri ini pembantainya yang tak kunjung teratasi. Negara kita ini, belum terlihat keseriusan untuk melestarikan populasi lumba-lumba," kata Bismark Tampubolon Ketua Kelompok Pelestarian Sumberdaya Alam  .
    Kunci persoalan katanya, adalah pada perdagangan daging-lumba-lumba. Bila saja tak ada permintaan, tentulah perburan akan berkurang dengan sendirinya. Tapi sangat disayangkan, pemerintah setempat tidak mampu membendung lajunya perburuan sahabat manusia itu hanya karena alasan jaring yang terkoyak.Tapi percayalah, kata Bismark, ancaman rusaknya jaring nelayan itu tidak perlu dirisaukan lagi. Sebab, sindirnya, paling lama sepuluh tahun mendatang, jaring nelayan itu tidak akan pernah lagi terkoyak lumba-lumba. Karena waktu sepuluh tahun, merupakan waktu yang singkat akan punahnya lumba-lumba itu.
   "Jangan harap, sepuluh tahun mendatang, ada lumba-lumba lagi di kawasan pantai timur Sumatera. Lumba-lumba itu akan segera punah akibat pembantainya ribuan nelayan. Kalau sudah begini, mungkin nelayan akan puas, karena jaring mereka tidak akan terkoyak lagi," lirihnya .Jika binatang itu telah punah, maka jangan harap lagi anak-anak mendatang bisa melihat lumba-lumba meloncat-loncat di kolam. Tidak akan terlihat lagi, lumba-lumba yang menghibur manusia dengan meloncat di lingkaran api.Untuk kelestarianya, sudah saatnya pemerintah pusat maupun daerah, untuk segera mengambil langkah tegas akan perburuan yang tidak memiliki kepribinatangan di Bagansiapi-api itu.

Sumber Referensi : Wikipedia Indonesia, Detik.Com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.