"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Sabtu, 12 Juli 2014

ANGGREK : BUNGA NASIONAL INDONESIA

    Anggrek adalah anggota suku Orchidaceae. Tanaman ini termasuk tumbuhan monokotil (tanaman berbiji tunggal) yang mempunyai bunga amat terperinci dan berwarna-warni. Para ahli memperkirakan terdapat sekitar 15.000-30.000 jenis anggrek yang telah dikenal. Tanaman Anggrek tumbuh tersebar hampir di seluruh tempat di bumi, kecuali di daerah-daerah yang sangat kering atau dingin sekali. Sebagian besar tanaman anggrek tumbuh di hutan-hutan tropis dan subtropis, terutama pada tempat-tempat yang intensitas sinarnya rendah dan kelembaban tinggi.
Bunga Anggrek Mekar
Budi Daya Anggrek
    Karena memiliki bunga yang indah, tanaman anggrek banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias ataupun sebagai penghasil bunga potong. Selain itu ada juga jenis tanaman anggrek yang ditanam untuk diambil bijinya karena mengandung zat pewangi yaitu vanila planifolia (vanili).

Sifat Hidup
    Sifat hidup tanaman anggrek dapat dibedakan dalam tiga jenis yaitu anggrek epifit, anggrek tanah, (terrestris) dan anggrek saprofit. Anggrek efipit akarnya menempel pada batang atau dahan tanaman lain. Dalam pembudidayaannya, anggrek jenis ini banyak ditanam pada akar pakis, kayu pohon yang mati, dan pot dengan media arang atau sabut kelapa. Salah satu contoh jenis ini adalah anggrek bulan (dendrobium phalaenopsis). 
    Anggrek tanah (terrestris) hidupnya di atas tanah, pertumbuha batangnya monopodial, yaitu hanya mempunyai satu sumbu utama sehingga pertumbuhannya tinggi ke atas. Contoh dari jenis ini adalah anggrek kalajengking (Arachnis). Anggrek saprofit tumbuh di tempat yang busuk, humus atau sampah-sampah hutan. Anggrek ini juga dikenal sebagai anggek sampah. Contoh jenis anggrek ini adalah anggrek permata seperti marga Anoectochillus, Dossiniana dan Mocodes.

Anggrek Indonesia
    Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan keanekaragaman jenis anggrek. Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) merupakan tanaman asli Indonesia dan dikenal sebagai permata belantara Indonesia. Anggrek ini pada tahun 1990 ditetapkan sebagai bunga nasional Indonesia. Anggrek bulan yang warnanya putih berbentuk seperti bulan purnama atau sekumpulan kupu-kupu. Jenis anggrek Indonesia lainnya yang cukup terkenal antara lain adalah Vanda tricolor dari Jawa Barat, Vanda hookeriana dari Sumatera, Paphiopedilun praestans dari Irian Jaya, dan Pahiopedilun glaucopylum dari Jawa Tengah. Selain anggrek-anggrek yang sudah dibudidayakan, Indonesia masih memiliki banyak sekali jenis anggrek liar yang terdapat di hutan-hutan.
\
 Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis)
 Anggrek Pahiopedilun glaucopyllum
 Anggrek Vanda hookeriana biru
Anggrek Vanda tricolor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.