"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Rabu, 04 Agustus 2010

BERUANG : KARNIVORA TERBESAR DI DARATAN

    Beruang adalah kelompok karnivora terbesar yang hidup di darat. Anggota suku Ursidae ini berbulu tebal serta bertubuh besar dan kekar. Daun telinga, mata, dan ekornya berukuran kecil. Meskipun demikian, beruang memiliki indra penciuman yang tajam. Kelompok mamalia ini umumnya hidup di belahan bumi utara, kecuali beruang kacamata (Tremarctos ornatus) yang hidup di Amerika Selatan.
 Beruang Kutub Dan Anaknya
    Kelompok beruang dikelompokkan menjadi tujuh genus dan sembilan spesies. Spesies terbesar adalah beruang cokelat alaska (Ursus arctos middendorffi), sedangkan spesies terkecil adalah beruang melayu (Helarctos malayanus). Pada umumnya, beruang adalah hewan pemalu. Akan tetapi, bila diganggu, hewan ini dapat berubah menjadi buas. Setelah mengalami masa bunting selama 7-9 bulan, beruang melahirkan 1-4 ekor anak. Induk beruang mengasuh anaknya sampai menginjak dewasa.

Beruang Grizzly

Beruang Cokelat
    Beruang cokelat (Ursus arctos) memiliki tengkuk pendek dan kepala yang mirip anjing. Beruang cokelat mampu membunuh mangsa yang berukuran lebih besar. Ia akan mengganas jika tidak mendapatkan tempat hibernasi (tidur pada musim dingin) atau terganggu hibernasinya. Penyebarannya mencakup wilayah Amerika, Eropa, dan Asia. Selain daging, pakan beruang cokelat juga berupa ikan, buah-buahan, dan rumput-rumputan.
    Beruang grizzly (Ursus horribilis) adalah kerabat beruang cokelat yang hidup di Amerika Utara. Hampir semua jenis makanan dilahapnya, termasuk bajing dan tikus. Beruang yang mudah marah ini baru menyerang bila diganggu.
Beruang Cokelat

Beruang Madu
    Kelompok beruang madu mencakup dua spesies, yaitu beruang pemalas (Melursus ursinus) dan beruang melayu (Melursus malayanus). Beruang pemalas memiliki moncong yang panjang dan lancip. Beruang ini hidup di hutan-hutan India, dan Sri lanka. Beruang melayu tampak seperti beruang kacamata yang kecil dan berbulu pendek, namun memiliki belang-belang pada bagian dada dan mata yang berwarna cokelat. Spesies ini dijumpai di Thailand, Myanmar, Malaysia dan Indonesia. Karena pandai memanjat pohon, beruang pemalas dan beruang melayu gemar memakan madu maupun memangsa rodensia dan burung.
Beruang Madu (Melayu)

Beruang Kutub
    Beruang kutub atau beruang es (Ursus maritimus) merupakan jenis beruang yang selalu memakan daging, terutama daging anjing laut. Hewan yang hidup di kutub utara ini memiliki kaki yang berbulu lebat sehingga terlindung dari dinginnya es. Cakarnya yang tajam berfungsi sebagai pegangan yang kokoh pada lapisan es. Beruang kutub umumnya berwarna krem. Hal ini dimanfaatkan sebagai penyamaran yang sempurna ketika berburu mangsa di bongkahan es. Beruang ini memiliki sifat yang lebih jinak daripada beruang grizzly. Beruang betina hidup berkelompok dengan anak-anaknya, sedangkan beruang jantan biasanya hidup menyendiri.
Beruang Kutub

Beruang Hitam
    Seperti beruang madu, beruang hitam juga pandai memanjat pohon dan berlari cepat. Ukuran tubuhnya lebih kecil daripada beruang cokelat. Kelompok beruang ini dibedakan menjadi dua jenis, yaitu beruang hitam amerika (Euarctos americanus) dan beruang hitam asia (Selenarctos thibetanus). Beruang hitam amerika hidup di hutan-hutan Amerika Utara. Adapun beruang hitam asia tersebar di Asia Timur dan Asia Selatan. Seperti beruang madu, beruang hitam asiajuga aktif mencari pakan pada malam hari.
Beruang Hitam
Sumber Referensi : Ensiklopedi Umum Untuk Pelajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.