"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Selasa, 06 Juli 2010

RASI BINTANG DI ALAM SEMESTA

    Rasi bintang adalah pengelompokkan bintang-bintang di langit yang terlihat pada wilayah tertentu di malam hari dalam bentuk konfigurasi imajiner atau khayal. Rasi bintang juga biasa disebut dengan istilah konstelasi. International Astronomical Union (Persatuan Astronomi Internasional), lembaga berwenang dalam memberi nama obyek-obyek langit, secara resmi mengakui 88 rasi bintang yang terdiri atas 12 zodiak, 28 rasi bintang di belahan utara dan 48 rasi bintang di belahan selatan.
    Bangsa Yunani kuno telah sejak lama mengamati adanya kelompok-kelompok bintang di langit bagian utara. Mereka kemudian memberi nama kelompok-kelompok bintang ini dengan nama-nama hewan atau karakter mitologi, contohnya rasi bintang leo yang berarti singa, Pisces berarti ikan dan Taurus berarti banteng. Adapun rasi bintang Andromeda, Cassiopaia, Orion, dan Persaus berasal dari nama-nama tokoh-tokoh heroik yang ada dalam mitologi yunani.
Rasi Bintang Taurus Dan Orion
    Untuk mengelompokkan bintang-bintang kedalam satu rasi, bintang-bintang itu diproyeksikan terlebih dahulu pada bola langit dan kemudian dikelompokkan, sehingga anggota-anggota sebuah rasi bintang sebenarnya tidak selalu berada berdekatan dan dapat berjauhan. Karena itu, tidak ada hubungan fisis antara bintang-bintang dalam sebuah rasi bintang.
    Beberapa rasi bintang hanya dapat dilihat pada musim-musim tertentu karena adanya pergerakan bumi mengelilingi matahari. Bagian langit yang terlihat pada malam hari di tempat-tempat tertentu secara perlahan berubah bersamaan dengan pergerakan bumi tersebut. Para pengamat yang berada di tempat yang berbeda juga melihat bagian yang berbeda di langit. Seorang pengamat bintang di Khatulistiwa, misalnya dapat melihat seluruh rasi bintang sepanjang tahun, tetapi pengamat yang berada di kutub utara atau kutub selatan hanya dapat melihat bagian tertentu dari rasi bintang.
 
Ursa Mayor
    Salah satu rasi bintang yang terkenal adalah Ursa Mayor, rasi bintang yang terletak di belahan langit utara. Rasi bintang ini juga disebut dengan rasi bintang Beruang besar (Great Bear). Rasi bintang ini biasa dipakai sebagai petunjuk arah utara. Rasi bintang Ursa Mayor berperan penting dalam sejarah studi mengenai bintang ganda (bintang biner) yaitu sepasang bintang yang letaknya berdekatan dan saling mengorbit satu sama lain. Di rasi inilah pertama kali ditemukan bintang ganda pertama. Salah satu bintang dalam rasi ini, W Ursae Majoris, merupakan bintang ganda dengan ciri khusus. Kedua bintang dalam sistem ini berada sangat berdekatan sehingga gaya gravitasinya diantaranya mempengaruhi bentuk kedua bintang tersebut dan permukaan mereka saling menyentuh. Kemudian diketahui bahwa ternyata banyak bintang ganda dengan ciri seperti ini di tempat lain, bukan hanya di rasi Ursa Mayor. Bintang ganda seperti ini lalu dinamakan bintang ganda jenis W. Ursae Majoris.
Ursa Major

Ursa Minor
    Adapun Ursa Minor (beruang kecil) merupakan rasi yang juga terletak di belahan langit utara. Bintang paling terang di rasi ini adalah Polaris, yang juga disebut bintang kutub. Polaris merupakan sebuah bintang maha raksasa dengan diameter berukuran 120 kali lebih besar daripada matahari dan cahayanya 10.000 kali lebih terang daripada matahari. Jarak polaris dari matahari adalah sekitar 470 tahun cahaya.
Ursa Minor

Kisah Ursa Major dan Ursa Minor
    Menurut mitologi yunani, Ursa Major merupakan jelmaan dari Callisto, seorang dewi dalam mitologi yunani, dan Ursa Minor merupakan jelmaan dari Arcas, anak Callisto. Dikisahkan bahwa Zeus jatuh cinta kepada Callisto, sehingga Hera (istri Zeus) marah. Hera lalu mengubah Callisto menjadi beruang. Karena tidak mengetahui bahwa Callisto telah diubah menjadi beruang, Arcas mencoba membunuh beruang itu. Untuk mencegah hal tersebut, Zeus lalu mengubah Arcas menjadi beruang. Kemudian untuk mengamankan mereka Zeus memegang ekor kedua beruang itu dan melemparkannya ke langit.
Polaris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.