"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Minggu, 05 September 2010

ASIA : BENUA TERLUAS DI DUNIA

    Asia merupakan benua terluas dan terbanyak penduduknya di dunia. Benua Asia berbatasan langsung dengan laut Arab, Samudera Hindia, Samudera Pasifik, Selat Bering, dan Samudera Arktik. Wilayah bagian barat Asia bersambung menjadi satu dengan daratan Eropa. Secara geologis, daratan Eropa-Asia pernah bergabung menjadi satu yang dikenal dengan nama Eurasia.
    Kawasan Benua Asia umumnya terdiri dari pegunungan tinggi, yang intinya dikenal dengan nama pegunungan Himalaya. Gunung Everest (8.848 m) puncak tertinggi di dunia, berada di wilayah pegunungan ini. Semakin ke timur dan tenggara , untaian pegunungan itu semakin landai dan melebar, diselingi dengan celah-celah terjal yang menjadi dasar sungai ke wilayah semenanjung Indo-china, Myanmar, Thailand, dan Semenanjung Malaka.
    Ke arah timur laut, rangkaian pegunungan itu mulai dari pegunungan Hindukhus dan pegunungan Karakorum yang melebar serta bersambung dengan pegunungan Shan, Alatai besar dan gugusan pegunungan Siberia Selatan. Di sebelah selatan dari gugus pegunungan ini terbentang Gurun Gobi. Debu-debu halus dari gurun Gobi yang diterbangkan angin mendatangkan kesuburan bagi dataran rendah pantai timur Cina. Sementara ke arah barat, wilayah Asia melandai dan membentukplato-plato, seperti di kawasan Iran dan Anatolia.
Kota Tokyo, Jepang
Dataran Tinggi dan Dataran Rendah
    Dataran tinggi yang terpisah-pisah di benua ini terdapat antara lain di Jazirah Arabia, India, Srilanka, Jepang, Taiwan, Filipina dan Indonesia. Adapun dataran rendah terhampar antara lain di kawasan aliran sungai Ob, sungai Yenisay (Rusia), sungai Hoang ho, sungai Yang tse kiang (Cina), sungai Mekong, sungai Irawadi, sungai Salwen (Myanmar dan Asia Tenggara), serta sungai Indus, sungai Brahmaputra, sungai Gangga (Pakistan dan India).

Iklim Asia
    Kawasan Asia Utara , khususnya Siberia, beriklim kontinental-kutub (musim dingin berlangsung lama dan musim panas berlangsung singkat). Adapun Asia Tengah beriklim kontinental kering. Gurun Gobi merupakan lokasi terkering di wilayah itu. Timur Tengah dan Asia Barat, terutama Jazirah Arabia dan Plato Iran, beriklim darat (Iklim gurun), sedangkan jazirah Anatolia beriklim mediterania. Asia Selatan dan Asia Tenggara beriklim tropis basah. Sementara Jepang dan semenanjung Korea merupakan wilayah beriklim subtropis.

Flora-Fauna Asia
    Wilayah Benua Asia yang sangat luas dengan iklim yang bervariasi membuat benua ini memiliki flora fauna yang beraneka ragam. Bunga terbesar di dunia Rafflesi arnoldii, hidup di hutan hujan tropis Indonesia. Berbagai buah tropis tumbuh subur di sejumlah kawasan, khususnya di asia Tenggara. Di dekat Arktik hidup kelinci Arktik, sementara panda raksasa hanya hidup di Cina dan Tibet Timur. Berbagai jenis kera dan burung tropik hidup di asia Selatan dan Asia Tenggara yang memiliki aneka ragam satwa liar.

Daerah Pertanian
    Wilayah Asia, seperti di Asia Timur dan Asia Tenggara, terkenal sebagai daerah pertanian. Hal ini berkaitan dengan kondisi iklim yang terjadi di wilayah tersebut. Curah hujan yang lebat pada saat periode-periode musim tertentu memungkinkan wilayah-wilayah ini menjadi daerah pertanian yang subur. 
    Ada dua bidang pertanian yang dominan, yaitu pengelolaan pertanian untuk bahan makanan serta kehutanan dan perkebunan yang diperuntukkan bagi penyediaan bahan baku industri. Di kawasan Asia Selatan, daerah pertanian yang baik terdapat di sepanjang aliran sungai Gangga (India), sungai Indus (Pakistan) dan Srilanka. Asia Barat memiliki wilayah peranian subur di jalur aliran sungai Eufrat dan Tigris. Asia minor memiliki wilayah peranian yang terbentang di seputar pesisir laut Tengah dan laut Hitam bagian selatan. 

Peternakan
    Peternakan umumnya belum dikembangkan dalam arti komersial yang sebenarnya seperti di Eropa, Amerika, Australia atau Selandia Baru. Pemeliharaan ternak di negara-negara Asia berhubungan erat dengan aktivitas pengolahan produksi pertanian. Hewan ternak, sepertikerbau dan lembu adalah ternak serba guna bagi masyarakat petani di Asia Tenggara. Ternak-ternak tersebut antara lain juga berfungsi sebagai sarana angkutan, membantu dalam mengerjakan sawah, dijadikan kurban saat diadakan upacara adat atau religius, dan kotorannya dapat dijadikan sebagai pupuk tanaman. Di Asia Barat atau Timur Tengah, ternak terpenting adalah Unta, biri-biri dan kuda.

Bahan Tambang
    Benua Asia juga kaya akan barang tambang, sepertiminyakbumi, timah putih, dan tembaga. Sumber minyak bumi terutama terdapat di wilayah Timur Tengah. Di antara negara Asia yang telah mengekploitasi seoptimal mungkin sumber alamnya adalah Jepang, sehingga terkenal sebagai negara industri. Selain Jepang, kini korea pun mulai bangkit sebagai negara industri baru di kawasan benua Asia.

Peradaban
    Peradaban Asia sudah mulai sekitar 5.000 tahun lalu, jauh sebelum peradaban Eropa berkembang. Penduduk Asia membangun kota pertama, menyusun sistem hukum pertama, bahkan merintis pertanian dan perdagangan. Karena itu, penduduk Asia kaya akan kebudayaan. Ratusan kelompok etnik hidup di benua ini dengan bahasa yang sangat beragam. Kelompok etnik terbesar menempati Asia adalah Arab (Asia Barat) dan Cina (Asia Timur).

Multi Ras
    Meskipun berbagai tipe ras telah bercampur (berasimilasi), dalam lingkungan regional tertentu masih terdapat ras-ras yang dominan. Wilayah Asia Timur dan Asia Tenggara misalnya, di dominasi ras Mongoloid. Adapun Asia Utara dan Asia Tengah (Asia-Rusia) di dominasi ras Europaid/Kaukasoid. Adapula kawasan yang didiami oleh ras Negroid, seperti di Asia Selatan bagian selatan dan di Asia Barat. Agama mayoritas di benua ini adalah Islam. Meskipun demikian, agama lain juga berkembang pesat, khususnya di beberapa wilayah tertentu, seperti Hindu di India dan Budha di wilayah Indocina.
 Stepa di Siberia, Asia Utara
 Gurun Gobi
 Suku Kazak, Asia Tengah
 Pegunungan Hindukush, Asia Barat daya
 Pemukiman suku Mongol
 Suku Payama, Taiwan
 Suku Tibet, Cina
Tarian suku Uygur, Sinkiang
Pakaian adat suku Uzbek, Asia Tengah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.