"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Rabu, 17 Agustus 2011

KALSIUM : LOGAM ALKALI TANAH BERWARNA PUTIH KEPERAKAN

    Kalsium adalah logam alkali tanah berwarna putih keperakan dan lunak dengan lambang kimia Ca. Dalam sistem periodik, kalsium terletak pada golongan IIA dan periode 4. Nomor atom kalsium adalah 20 dan massa atom relatifnya 40,08 gr/mol. Kalsium memiliki titik lebur pada suhu 842oC dan titik didih pada suhu 1.494oC.
    Kalsium pertama kali ditemukan oleh Sir Humphry Davy, kimiawan Inggris pada tahun 1808 setelah ia mengisolasi logam ini melalui proses elektrolosis. Nama kalsium sendiri diambil dari bahasa latin calcis yang berarti kapur. Kalsium adalah komponen utama pada daun, tulang, gigi dan kulit manusia.
 Stalagmit dan Stalaktit di dalam gua kapur
 Sifat Kalsium
    Kalsium merupakan unsur kelima terbanyak di kerak bumi, tetapi logam ini tidak ditemukan dalam keadaan bebas di alam. Kalsium terdapat dalam senyawa-senyawa kalsium karbonat (CaCO2) yang terkandung di dalam kalsit, marmer, batu gamping, dan batu kapur, Kalsium Sulfat (CaSO4) di dalam gipsum, kalsium fluorida (CaF2) di dalam fluorit, kalsium fosfat (Ca3(PO4)2) di dalam batuan fosfat. dan banyak silikat lainnya. Kalsium merupakan unsur yang mudah bereaksi dengan oksigen dan air. Saat dipanaskan, logam ini akan langsung bereaksi dengan unsur halogen, oksigen, sulfur, fosfor, hidrogen dan nitrogen. Kalsium juga bereaksi dengan air membentuk hidroksida Ca(OH)2 dengan membebaskan hidrogen.
Kalsium karbonat
Manfaat Kalsium
    Kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, yakni sebagai pembentuk sel darah dan tulang.Kalsium mutlak diperlukan bagi mahluk hidup untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang dan gigi, membantu kontraksi otot dan pembekuan penggumpalan darah. Kebutuhan akan kalsium dipenuhi dengan memakan sayuran hijau dan meminum susu. Pada tanaman,kalsium merupakan salah satu unsur hara yang diperlukan. Di tanah, unsur ini berada dalam bentuk ion yang terlarut dalam air. Kalsium berfungsi untuk menggiatkan pembelahan sel dan mengaktifkan beberapa enzim di dalam tubuh tanaman. Kekurangan unsur kalsium akan menyebabkan matinya bagian-bagian pada ujung batang dan akar dari tanaman tersebut.
    Senyawa kalsium juga banyak dimanfaatkan dalam industri. Senyawanya di dalam batu kapur, gipsum, dan tanah liat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan semen dan plester bangunan. Kalsium karbonat juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan kaca. Pupuk dan cat juga memakai senyawa kalsium.


Kalsium Karbonat
    Kalsium karbonat merupakan salah satu senyawa kalsium yang menjadi komponen utama dalam kalsit, marmer, batu gamping, dan batu kapur. Di dalam gua, timbunan kalsium karbonat yang berasal dari tetesan air tanah selama ribuan dan jutaan tahun akan menghasilkan stalaktit dan stalagmit. Adapun dalam industri, kalsium karbonat digunakan untuk pembuatan pasta gigi dan obat anti-asam lambung.

Sumber : Ensiklopedi Umum Untuk Pelajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.