"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Sabtu, 08 April 2017

OSEANIA : NEGARA-NEGARA PASIFIK

  
 Oceania identik dengan barisan pohon kelapa di hamparan Pulau-pulaunya
 Oseania adalah nama kawasan luas di Samudera Pasifik yang terletak antara pantai tenggara Asia dan pantai barat benua Amerika. Oseania terdiri lebih dari 25.000 pulau yang tersebar di sebelah barat dan tengah Samudera Pasifik. Batas wilayah Oseania adalah Kepulauan Hawai di sebelah utara, Pulau Paskah di sebelah timur, Selandia Baru di sebelah selatan, dan Papua Nugini di sebelah barat.

 Atol di kawasan Oseania, Samudera Pasifik
    Oseania pada umumnya dapat dibagi menjadi tiga wilayah, yaitu Melanesia, Mikronesia dan Polinesia. Melanesia terletak di sebelah utara dan timur pantai Australia. Melanesia mencakup Papua Nugini, Kepulauan Salomon, Vanuatu, Kaledonia Baru dan Fiji. Sementara Mikronesia terdiri atas gugusan pulau-pulau kecil dan atol yang tersebar luas di sebelah utara Melanesia dan timur Asia. Adapun Polinesia mencakup wilayah pulau-pulau kecil dan atol yang tersebar di sebelah timur Samudera Pasifik sampai batas barat benua Amerika.
 Tarian Suku Maori
 
Tarian Suku Tuvalu
Kelompok Kepulauan.
    Mikronesia memiliki 4 kelompok kepulauan utama, yaitu Kepulauan Karolina yang sebagian besar merupakan bagian dari negara Federasi Mikronesia dan sebagian kecil menjadi milik Palau, Kepuluan Mariana yang mencakup wilayah negara persemakmuran Mariana Utara dan Guam, Kepulauan Marshall dan kepulauan Gilbert yang termasuk wilayah negara Kiribati. Bagian yang termasuk ke dalam wilayah Mikronesia adalah Nauru yang terletak di sebelah barat Kiribati. Pulau-pulau di Mikronesia sangat kecil dan total luas area mereka hanya mencapai 3.240 km2. Adapun Polinesia, wilayah terbesar di Oseania berada di tengah dan selatan Pasifik. Polinesia mencakup pulau-pulau di timur Melanesia dan di selatan garis khatulistiwa, seperti Tuvalu, Tonga, Samoa, Samoa Amerika, Kepulauan Cook, Polinesia Perancis, Kepulauan Austral dan Pulau Pitcairn. Termasuk ke dalam Polinesia adalah juga Selandia Baru, Hawai dan Pulau Paskah.
Tarian Hula Hulai, suku di Hawaii
Fisiografi
    Morfologi permukaan daratan Oseania cukup bervariasi. Hal ini tampak di antara pulau-pulau yang tergabung di dalam kepulauan. Banyak kepulauan yang memiliki lereng pegunungan yang tersekat-sekat dengan punggung yang amat kasar, sedangkan pulau lainnya hanya terdiri dari pasir dan koral. Baik pulau yang berpegunungan maupun pulau karang pada umumnya memiliki terumbu karang di wilayah lepas pantainya. Selain itu, ada pula pulau di Oseania yang bersifat vulkanis dan terdapat di bawah permukaan laut seperti di Kepulauan Tuvalu dan Kepulauan Marshall.
Tarian suku di Mikronesia
Penduduk Oseania
    Ada sekitar 15 juta penduduk Oseania. Hanya sedikit pulau yang dihuni penduduk dalam jumlah besar, seperti Selandia Baru, Papua Nugini, Hawaii dan Kepulauan Fiji. Pulau lain hanya berpenduduk kurang dari seribu atau seratus orang, atau bahkan sama sekali tidak berpenghuni. Penduduk asli Oseania diduga berasal dari Asia yang datang melalui perjalanan melintasi lautan. Berdasarkan karakteristik fisik serta perbedaan aspek sosial dan budaya, penduduk asli kawasan ini dapat dibagi menjadi tiga kelompok ras : Polinesia, Mikronesia dan Melanesia. Ras Polinesia mendiami banyak pulau di wilayah segitiga antara Hawaii, Selandia Baru dan Pulau Paskah. Tempat kediaman ras ini merupakan wilayah yang paling luas dibandingkan wilayah kedua ras lain. Orang Mikronesia berdiam di kawasan pulau atol kecil di sebelah barat batas kediaman orang Polinesia, ke utara khatulistiwa termasuk pulau di sebelah utara Papua Nugini hingga ke perbatasan kawasan Oseania. Adapun penduduk Melanesia berdiam di daerah yang mencakup pulau di sebelah selatan khatulistiwa dan barat Polinesia termasuk Papua Nugini.
Peta negara-negara Oseania

Negara-Negara Pasifik yang sudah merdeka antara lain :
  1. Kepulauan Cook, ibukota Avarua
  2. Fiji, ibukota Suva
  3. Kiribati, ibukota Tarawa
  4. Kepulauan Marshall, ibukota Majuro
  5. Federasi Mikronesia, ibukota Palikir
  6. Nauru, ibukota Yaren
  7. Palau, ibukota Koror
  8. Papua Nugini, ibukota Port Moresby
  9. Samoa, ibukota Apia
  10. Selandia Baru, ibukota Wellington
  11. Kepulauan Salomon, ibukota Honiara
  12. Tonga, ibukota Nuku Alofa
  13. Tuvalu, ibukota Funafuti
  14. Vanuatu, ibukota Port- Villa
Negara-negara Pasifik yang belum merdeka antara lain :
  1. Guam ibukota Agana dikuasai Amerika Serikat
  2. Hawai ibukota Honolulu, negara bagian Amerika Serikat
  3. Kaledonia Baru, ibukota Noumea, dikuasai Perancis
  4. Mariana Utara, ibukota Saipan, koloni Amerika Serikat
  5. Kepulauan Midway, ibukota koloni Amerika Serikat
  6. Pitkairn, ibukota Adamstone, koloni Inggris
  7. Polinesia Perancis, ibukota Papeete, koloni Perancis
  8. Samoa Amerika, ibukota Pago pago, koloni Amerika Serikat
  9. Pulau Wake, dikuasai Amerika Serikat
  10. Wallis dan Fatuna, ibukota Mata Utu, dikuasai Perancis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.