"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Sabtu, 01 April 2017

PASIFIK : SAMUDERA TERLUAS DI DUNIA

    Pasifik adalah nama samudera terluas dan terdalam di dunia. Samudera ini mencakup lebih dari sepertiga luas bumi , mulai dari sebelah timur Asia dan Australia sampai sebelah barat Amerika. Berdasarkan letaknya terhadap khatulistiwa, Samudera Pasifik dapat dibagi menjadi dua wilayah, yaitu Pasifik Utara dan Pasifik Selatan.   
   Samudera Pasifik
Panjang Samudera Pasifik dari utara ke selatan adalah 15.500 km,mulai dari Selat Bering sampai ke Antartika (Kutub Selatan). Lebar samudera ini adalah 17.700 km, mulai dari Panama sampai ke Semenanjung Malaka. Adapun bagian terdalam samudera ini adalah terletak di Palung Mariana (Guam) dengan kedalaman sekitar 11.000 m.

Kepulauan Marquessas di Samudera Pasifik 
Kawasan Pasifik
    Kawasan Samudera Pasifik mempunyai lebih dari 30.000 pulau yang tersebar di wilayah Pasifik Utara dan Pasifik Selatan. Pulau dan kepulauan yang ada di Pasifik Utara antara lain adalah Kepulauan Aleut, Kepulauan Caroline, Kepulauan Marshall, Kepulauan Jepang dan Kepulauan Filipina. Adapun di Pasifik Selatan antara lain terdapat Kepulauan Solomon, Kepulauan Allice, Kepulauan Kaledonia Baru, Kepulauan Fiji dan Kepulauan Selandia Baru. Selain pulau dan kepulauan wilayah Samudera Pasifik juga mencakup beberapa laut antara lain : Laut Cina Selatan, Laut Cina Timur, Laut Jepang, Laut Okhotsk dan Laut Bering.

Palung Mariana titik terdalam di dunia
Arus Laut

    Arus laut di Pasifik Utara mengalir searah jarum jam, sedangkan di daerah Pasifik Selatan berlawanan dengan jarum jam. Di Pasifik Utara, arus mengalir dari wilayah Filipina menuju Jepang dengan membentuk arus panas Kurosyiwo. Arus ini bertemu dengan arus dingin Oyasyiwo yang berasal dari Semenanjung Kamchatka pada garis lintang 36o. Selain kedua arus laut tersebut, di bagian timur Pasifik Utara juga mengalir Arus Kalifornia.
    Arus utama di Pasifik Selatan mengalir dari bagian barat Samudera Pasifik menuju ke kepulauan Solomon. Arus laut tersebut berbelok ke selatan dengan membentuk Arus Australia Timur. Arus laut Australia Timur selanjutnya menuju ke Amerika dengan membentuk Arus laut Peru pada garis lintang 45o.

Lautan Teduh
    Samudera Pasifik disebut juga lautan Teduh karena angin pasat dan angin barat berembus di wilayah ini sepanjang tahun. Angin pasat yang bertiup di sebelah utara khatulistiwa disebut angin pasat timur laut. Adapun angin pasat yang bertiup di sebelah selatan Pasifik disebut angin pasat tenggara. Kedua angin ini muncul disebabkan oleh adanya perbedaan tekanan udara antara daerah khatulistiwa dan daerah lintang yang lebih tinggi. Di daerah Samudera Pasifik juga terdapat badai tropis atau badai sub tropis. Kecepatan angin ini mampu mencapai 120 km/jam, bahkan di pusatnya bisa mencapai 240 km/jam.

Penjelajahan Bangsa Eropa
    Penjelajahan Samudera Pasifik oleh bangsa Eropa telah dilakukan sejak abad ke 16. Penjelajah Spanyol, Ferdinand Magellan, mengadakan ekpedisi sampai ke Filipina pada tahun 1520. Ekpedisi Magelan dilanjutkan dengan penemuan Kepulauan Solomon dan Kepulauan Marquesas oleh Alvero de Mandana de Neira (penjelajah Spanyol), Kepulauan Vanuatu oleh Pedro Fernandes de Quiros (penjelajah Portugis) dan Selat Torres oleh Luiz Vaez de Torres (penjelajah Spanyol). Penjelajahan Samudera Pasifik terus berlanjut dengan ekpedisi James Cook (penjelajah Inggris) pada tahun 1768-1779. Ia berhasil mencapai Tahiti, Selandia Baru, Australia dan Kaledonia Baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.