"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Sabtu, 23 Juni 2018

MANFAAT BUAH JERUK, MANGGA DAN PISANG UNTUK KESEHATAN


    Masih dalam rangka menyambut Hari Buah-buahan sedunia , pada bagian kedua Artikel tentang buah-buahan dilihat dari manfaatnya untuk kesehatan, postingan kali ini membahas tentang 3 buah-buahan yang sangat populer di Indonesia dan mudah diperoleh karena harganya terjangkau dan cukup familier di Indonesia yaitu buah Jeruk, Mangga dan Pisang. Buah-buahan ini mudah ditemukan di seluruh wilayah Indonesia karena selain sudah dibudidayakan juga banyak manfaat yang diperoleh dari ketiga jenis buah ini dari sudut kesehatan.

1. Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan

  • Menurunkan resiko Stroke  Menurut American Heart Association, makan dalam jumlah yang lebih tinggi dari senyawa yang ditemukan dalam buah jeruk dapat menurunkan risiko stroke iskemik bagi perempuan. Mengkonsumsi jeruk dalam jumlah yang tinggi memiliki risiko 19% lebih rendah terkena stroke iskemik ketimbang wanita yang mengkonsumsi sedikit.
  •  Dapat menurunkan Tekanan darah  Mempertahankan asupan natrium yang rendah sangat penting untuk menurunkan tekanan darah, namun meningkatkan asupan kalium mungkin sama pentingnya karena efek vasodilatasinya. Menurut the National Health and Nutrition Examination Survey, kurang dari 2% orang dewasa AS tidak memenuhi asupan harian kalium sebanyak  4700 mg. Juga dari catatan, asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan 20% penurunan risiko kematian karena berbagai kasus.
  • Dapat mencegah Kanker  Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology, mengkonsumsi  jeruk dan jus jeruk dalam dua tahun pertama kehidupan dapat mengurangi risiko pengembangan leukimia.Sebagai sumber yang sangat baik dari manfaat antioksidan, vitamin C dalam jeruk juga dapat membantu memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui sebagai penyebab kanker. Jumlah vitamin C yang diperlukan yang dikonsumsi untuk tujuan terapeutik kanker dan serat tinggi dari buah-buahan dan sayur-sayuran berkaitan dengan penurunan resiko kanker kolorektal 
  • Menjaga Kesehatan Jantung  Serat, kalium, vitamin C, dan kolin yang terdapat pada jeruk memberi dukungan terhadap kesehatan jantung. Peningkatan asupan kalium bersama dengan penurunan asupan natrium adalah perubahan pola makan yang paling penting untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, menurut Mark Houston, MD, MS, seorang profesor klinis kedokteran di Vanderbilt Medical School dan direktur Hipertensi Institute di Rumah Sakit St Thomas di Tennessee.
  • Mencegah Kerusakan Kulit  Manfaat vitamin C sebagai antioksidan, bila dimakan dalam bentuk alami atau dioleskan, dapat membantu untuk melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari dan polusi. Termasuk mengurangi keriput dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. Vitamin C memainkan peran penting dalam pembentukan kolagen, sebagai sistem pendukung kulit. 
  • Baik Untuk Sistem Pencernaan Tubuh  Meskipun jeruk memiliki rasa asam yang dianggap kurang baik untuk pencernaan, namun mengandung banyak mineral alkalin yang membantu untuk mengimbangi tubuh setelah mereka dicerna. Dalam hal ini, mereka mirip dengan manfaat lemon yang merupakan salah satu makanan yang bersifat alkali.
  • Menjaga Kesehatan Ginjal  Konsumsi buah jeruk dapat menjaga kesehatan ginjal, terutama untuk menjaga ginjal dari serangan batu ginjal. Konsumsi jeruk secara rutin sangat penting menghindarikan kita dari batu ginjal.
  • Bermanfaat Untuk Kesehatan Mata Ingin mata yang sehat, ada baiknya anda rajin mengkunsumsi buah jeruk yang dapat membantu menjaga kesehatan mata secara alami. Kandungan nutrisi dan tingginya vitamin serta mineral dapat membantu menjaga kesehatan mata kita.  
  • Sumber KarbonHidrat  Jeruk seperti semua jenis buah-buahan yang memiliki gula sederhana di dalamnya, namun jeruk memiliki indeks glikemik 40. Apa pun karbohidrat yang berada di bawah indeks glikemiks 55 dianggap rendah. Hal ini berarti selama tidak memakan jeruk dalam jumlah banyak pada satu waktu, tidak akan mempengaruhi gula darah dan menyebabkan masalah dengan insulin atau berat badan.
  • Membantu Kesehatan Syaraf  Kandungan magnesium dalam buah jeruk sangat membantu kita dalam menjaga kesehatan syaraf.  
  • Membantu Pertumbuhan Tinggi Badan  
    Masih terkait dengan efek yang diberikan kalori bagi tubuh, ternyata kalori dalam jeruk juga bermanfaat dalam membantu tinggi badan manusia.
  • Menjaga kesehatan kulit dan Kecantikan Jeruk juga dapat menghaluskan kulit dan menjaga kesegaran kulit  dan kecantikan pada wanita sehingga terlihat awet muda.
  • Mencegah Kram Jeruk memuat kalium atau potasium, zat ini sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kram.
  • Membantu Progam Diet
    Jeruk dapat anda gunakan dalam program diet harian anda, karena mengandung serat yang baik untuk pencernaan sehingga tidak menimbulkan kegemukan.
  • Meningkatkan Fungsi Otak  Asam folat atau vitamin B9 terdapat dalam setiap bulir buah jeruk, zat ini sangat penting untuk menjaga perkembangan otak dan menjaga organ vital dalam kondisi prima. Buah jeruk memiliki kandungan fitonutrien atau polifenol yang sangat membantu untuk meningkatkan memori otak.
  •  Dapat mencegah Katarak 
    Seperti halnya peran jeruk untuk mata, salah satu penyakit yang dapat terhindar dari konsumsi jeruk adalah mencegah katarak. Vitamin A yang cukup tinggi dalam jeruk dapat membantu menghindarkan kita dari katarak.
  • Membantu Pembentukan Otot  
    Zat yang tidak lain yang dapat membantu pembentukan otot adalah protein, jeruk juga terdapat protein yang cukup tinggi sehingga dapat membantu pembentukan masa otot.
  • Menjaga Stamina  
    Jeruk mengandung kandungan kalori yang juga dapat membantu memberikan dan menjaga stamina tubuh kita.
  • Sangat baik Untuk Kesehatan Tulang  
    Buah jeruk sangat baik untuk kesehatan tulang, jeruk juga memiliki kandungan kalsium, tercatat 180 gram jeruk memuat 7% kebutuhan harian kalsium tubuh kita.
  • Mengobati Sariawan
    Jika anda sedang bermasalah dengan sariawan yang membandel dan tidak kunjung sembuh, ada baiknya anda mengkonsumsi jeruk secara rutin.
  • Membantu sistem Kekebalan Tubuh  Jeruk merupakan sumber vitamin C yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis buah-buahan lainnya. Satu buah jeruk berukuran sedang dapat memenuhi sekitar 72% dari kebutuhan harian vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.  Vitamin C pada jeruk juga efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

    Fakta Mengenai Buah Jeruk


    • Jeruk adalah salah satu tanaman buah terbesar di dunia
    • Brasil penghasil jeruk terbesar di dunia
    • Rasa jeruk adalah favorit ketiga di dunia setelah cokelat dan vanila.
    Namun hal yang terpenting dari semua ini adalah pola makan secara keseluruhan yang dalam pencegahan penyakit dan mencapai kesehatan yang baik. Lebih baik mengkonsumsi makanan dengan beragam daripada berkonsentrasi pada hanya satu jenis makanan. Nikmatilah manfaat buah jeruk sebaik mungkin, salam sehat.

    2. Manfaat Buah  Mangga Untuk Kesehatan


    Sejumlah kandungan di dalam mangga ini, memberikan manfaat yang melimpah untuk kesehatan dan kecantikan, seperti berikut :
    1. Mengurangi Diabetes
    Buah mangga memiliki indeks glikemik rendah (41-60) sehingga mengkonsumsinya dalam jumlah yang agak banyak,  tidak akan meningkatkan kadar gula. Tidak hanya buah, tetapi daun mangga sehat juga. Untuk orang yang menderita diabetes, hanya dengan merebus 5-6 daun mangga rendam sepanjang malam dan minum rebusan airnya setelah disaring di pagi hari. Ramuan ini akan membantu dalam mengatur kadar insulin.


    2. Pencegahan Degenerasi Makula
    Zat antioksidan zeaxanthin ditemukan di dalam mangga yang menyaring sinar cahaya biru, yang diperkirakan akan memainkan peran protektif dalam kesehatan mata dan mungkin menangkal kerusakan dari degenerasi makula. Asupan buah-buahan yang tinggi (3 porsi atau lebih dalam sehari), telah terbukti menurunkan risiko dan perkembangan degenerasi makula terkait usia.

    3. Mencegah Penyakit Jantung
    Serat, kalium dan vitamin merupakan kandungan di dalam mangga yang keseluruhannya akan membantu menangkal penyakit jantung. Peningkatan asupan kalium bersamaan dengan penurunan asupan natrium adalah perubahan pola makan yang paling penting pada seseorang, yang akan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

    4. Pencegahan Kanker
    Penelitian telah menunjukkan senyawa antioksidan dalam buah mangga telah ditemukan untuk melindungi terhadap usus besar, payudara, leukemia dan kanker prostat. Senyawa ini termasuk quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methylgallat, serta enzim yang melimpah.

    5. Menyehatkan  Tulang
    Tidak hanya kalsium pada manfaat susu saja yang mempengaruhi kesehatan tulang, namun asupan vitamin K yang rendah sering dikaitkan dengan peningkatan resiko terjadinya patah tulang. Konsumsi asupan yang tepat dari manfaat buah-buahan dan sayuran, penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium yang optimal termasuk buah mangga ini.
    6. Membantu Pencernaan
    Mango memiliki enzim yang membantu menghancurkan kandungan lemak dan protein pada makanan yang kita makan. Kemudian kandungan serat pada mangga membantu dalam pencernaan secara alami, yang memudahkan pembuangan sisa pencernaan.
    7. Zat Besi Tinggi Untuk Wanita
    Mangga kaya akan zat besi, sehingga dapat menjadi solusi alami bagi orang yang menderita anemia. Selain itu, mangga juga baik untuk wanita menopause atau sedang hamil, karena mangga akan meningkatkan kadar zat besi mereka dan kalsium pada waktu yang sama.
    8. Menjaga Kadar Kolesterol
    Buah mangga memiliki sejumlah  manfaat jambu biji, yang mengandung vitamin C tingkat tinggi, pektin dan serat akan membantu menurunkan kadar kolesterol. Mangga segar merupakan sumber yang kaya kalium, yang merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.
    9. Menyehatkan Mata
    Mata merupakan indra yang penting bagi manusia. Satu cangkir irisan mangga memasok 25% vitamin A, dari asupan harian yang diperlukan. Hal ini mampu menjauhkan dari berbagai penyakit mata seperti rabun senja, kekeringan pada mata dan mata yang gatal.
    10. Pencegahan Asma
    Buah mangga dapat mempengaruhi pengembangan resiko asma menjadi lebih rendah. Hal ini juga terjadi pada orang yang mengkonsumsi jumlah tinggi nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi ini adalah beta karoten, yang ditemukan dalam manfaat buah pepaya, aprikot, brokoli, melon, labu dan wortel.

    3.Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan


    Menambahkan pisang dalam menu diet harian, memiliki berbagai manfaat dalam tubuh. Pisang membantu tubuh mencapai tujuan penurunan berat, menjaga perut tetap sehat, memberikan nutrisi yang mengatur irama jantung dan memiliki senyawa vitamin untuk kesehatan mata.
    1. Melancarkan peredaran darah
    Pisang memiliki kandungan potasium yang baik untuk peredaran darah. Kandungan kalium mebantu mengatur tekanan darah. Hal ini dapat menekan resiko stroke yang menyebabkan timbulnya gejala penyakit jantung.
    2. Membantu pencernaan pada usus
    Serat yang terkandung dalam pisang sangat baik untuk mengurangi resiko sembelit. Tidak perlu menggunakan obat pencahar, cukup konsumsi saja buah pisang. Mencampur pisang dengan segelas susu, membantu mengurangi resiko penyakit usus seperti yang berbahaya seprti terjadiya gejala kanker usus besar. Pisang digunakan untuk menahan inflamasi karena proses tersebut dapat dipercepat dengan vitamin C pisang.
    3. Menjaga Kesehatan Mata

    Manfaat pisang membantu menjaga kesehatan mata. Pisang memiliki sejumlah vitamin A, yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk melindungi mata.
    Senyawa ini melestarikan membran yang mengelilingi mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea. Asupan vitamin A yang cukup juga mengurangi risiko kebutaan dan sangat penting untuk penglihatan sehari-hari. Wanita membutuhkan 700 mikro gram vitamin A setiap hari, dan pria membutuhkan 900 mikro gram Satu pisang sebesar 6 inci, memiliki hampir 10 mikro gram vitamin A. Pisang juga mengandung alpha karoten dan beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A untuk lebih menjaga kesehatan mata.
    4. Menormalkan Fungsi Jantung Mengkonsumsi pisang saat sarapan setiap hari, akan menambah nutrisi untuk tubuh yang mendukung fungsi jantung. Pisang kaya mineral yang disebut elektrolit kalium. Ketika kalium masuk ke dalam tubuh, akan langsung ke dalam aliran darah melalui dinding usus. Kalium berjalan disekitar sel-sel di seluruh tubuh dan larut dalam cairan sel. Proses ini terus mengalir di seluruh sistem tubuh, yang diperlukan untuk membuat jantung tetap berdetak.
    Dalam kasus kekurangan kalium yang parah, irama jantung mungkin menjadi tidak teratur, yang dapat mematikan.
       Kandungan buah pisang yang kaya nutrisi ini, juga memberikan manfaat sebagai media pengobatan seperti berikut ini :
    5. Anemia – Kandungan FE ( zat besi)  menjadikan buah ini baik dikonsumsi untuk penderita kurang darah. Konsumsi 2 buah pisang perhari.
    6. Asma – Sebuah studi yang dilakukan oleh Imperial College London menemukan bahwa anak-anak yang makan hanya satu buah pisang per hari memiliki peluang 34% lebih kecil untuk mengalami asma.
    7. Liver – Buah pisang yang dicampur dengan madu, memberikan stimulan untuk nafsu makan bagi penderita lever.
    8. Diabetes – Penelitian telah menunjukkan bahwa diabetes tipe 1, yang menkonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah dan meningkatkan lipid dan insulin. Satu pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 3 gram serat.
    9. Diare – Jenis makanan seperti saus apel dan pisang, direkomendasikan untuk perawatan diare. Elektrolit seperti kalium, akan hilang dalam jumlah besar selama masa diare, sehingga dapat membuat penderita yang terkena dampak merasa lemah.
    Manfaat Lain Buah Pisang

    1. Pisang adalah salah satu buah tropis berkalori tinggi. 100 gram dagingnya mengandung 90 kalori. Selain itu, ini mengandung serat kesehatan yang menguntungkan, anti-oksidan, mineral, dan vitamin.
    2. Buah pisang terdiri dari daging lembut dan mudah dicerna yang terdiri dari gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa sehingga pada saat konsumsi langsung mengisi energi dan merevitalisasi tubuh. Jadi, untuk kualitas ini, ini adalah salah satu gigitan cepat favorit di kalangan atlet untuk mendapatkan energi instan. Ini juga merupakan salah satu makanan suplemen yang direkomendasikan termasuk dalam rencana perawatan untuk anak-anak kurang gizi.
    3. Buah pisang memiliki jumlah serat makanan yang larut (7% DRA per 100 gram) yang membantu dalam buang air besar secara teratur; sehingga mengurangi masalah sembelit.
    4. Pisang mengandung kesehatan yang mempromosikan antioksidan poli-fenolik flavonoid seperti lutein, zeaxanthin, alfa, dan beta-karoten; meskipun, dalam jumlah kecil. Bersama-sama, senyawa ini membantu bertindak sebagai pemulung pelindung terhadap radikal bebas yang diturunkan dari oksigen dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berperan dalam penuaan dan berbagai proses penyakit.
    5. Pisang adalah sumber vitamin B6 yang cukup baik (pyridoxine); dan menyediakan sekitar 28% tunjangan harian yang direkomendasikan. Pyridoxine adalah vitamin B kompleks yang penting yang memiliki peran menguntungkan dalam pengobatan neuritis, dan anemia. Selanjutnya, ini membantu menurunkan homosistein (salah satu faktor pemicu penyakit arteri koroner (PJK) dan episode stroke) di dalam tubuh manusia.
    6. Buah Pisang juga merupakan sumber ideal vitamin C (sekitar 8,7 mg per 100g). Konsumsi makanan kaya vitamin C membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksius dan mengais radikal bebas oksigen berbahaya.
    7. Pisang segar memberikan kadar mineral yang memadai seperti tembaga, magnesium, dan mangan. Magnesium sangat penting untuk penguatan tulang dan memiliki peran pelindung jantung juga. Mangan dimanfaatkan sebagai co-factor untuk enzim antioksidan, superoxide dismutase. Tembaga merupakan elemen penting dalam produksi sel darah merah.
    8. Pisang segar adalah sumber potasium yang sangat kaya. 100 g buah memberikan 358 mg potassium. Kalium merupakan komponen penting cairan sel dan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, melawan efek berbahaya sodium.
    Sumber Referensi : Http//Manfaat.Co.Id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.