"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Rabu, 20 Juni 2018

MANFAAT BUAH ANGGUR HITAM , APEL MERAH DAN STRAWBERY UNTUK KESEHATAN


     Dalam menyambut Hari buah Internasional yang akan jatuh pada tanggal 1 Juli mendatang, postingan kali ini akan membahas masalah sekitar buah-buahan yang dapat dimanfaatkan selain untuk dikonsumsi juga untuk kesehatan tubuh. Begitu banyaknya jenis buah-buahan yang ada di planet bumi baik yang tumbuh karena ditanam untuk dibudidayakan maupun yang tumbuh liar dan tersedia di alam. Oleh karena itu pembahasan tentang buah-buahan ini kita batasi dalam beberapa bagian dan terbatas pada buah tertentu dilihat dari sudut kesehatan. Untuk bagian pertama postingan ini kita mulai dari buah anggur hitam, apel merah dan Strawberry.

1. Anggur Hitam dan manfaatnya untuk kesehatan

   Anggur merupakan salah satu jenis buah dari tanaman merambat yang memiliki buah yang banyak. Anggur sendiri berukuran kecil, dan biasanya berkumpul dalam satu rangkaian buah. Anggur memiliki banyak jenisnya, seperti anggur merah, hijau, dan juga hitam. Termasuk ke dalam jenis buah berry, anggur merupakan salah satu jenis buah yang banyak sekali kandungan vitamin dan juga nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kita.
   Salah satu jenis buah anggur yang populer dan dapat kita temui dengan mudah di pasaran adalah anggur hitam. Anggur hitam, sesuai dengan namanya memilki warna kulit yang hitam, dan memiliki ukuran yang sama dengan buah anggur pada umumnya. Anggur hitam memilki rasa yang lebih manis dan juga lebih segar dibandingkan anggur biasa, dan cenderung memiliki kandungan air yang lebih tinggi. Di Indonesia, anggur hitam menjadi salah satu jenis anggur yang paling populer, dan juga memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan anggur jenis biasa.
Apa saja manfaat dari anggur hitam?
Anggur hitam sendiri memiliki banyak sekali kandungan gizi, dan juga memiliki banyak manfaat untuk kita. Apa saja manfaat anggur hitam? Berikut ini adalah beberapa manfaatnya :
1. Sebagai bahan utama pembuatan kismis
Yang pertama, buah anggur hitam sering dimanfaatkan sebagai salah satu bahan baku pembuatan kismis. Kismis merupakan salah satu produk olahan anggur, dimana terjadi proses pengeringan dari anggur, sehingga kadar airnya berkurang. Kismis sering dijadikan bahan campuran pada minuman dan juga makanan, seperti kue.
2. Mencegah dehidrasi
Manfaat anggur hitam memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Kandungan air yang tinggi ini dapat mencegah terjadinya dehidrasi atau kekurangan air di dalam tubuh. Dehidrasi sendiri dapat menyebabkan banyak sekali gangguan, seperti mudah lemas, pingsan, dan juga menurunnya konsentrasi dan daya ingat.
3. Meredakan migrain
Anggur hitam juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk meredakan migrain atau sakit kepala sebelah. Jadi ketika anda merasakan migrain, cobalah untuk mengkonsumsi anggur hitam agar sakit kepala migrain anda dapat hilang dan sembuh.
4. Meminimalisir gejala asma
Anggur hitam juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengurangi dan mencegah gejala asma dan gangguan pernapasan. Biasanya gangguan pernapasan dan gejala asma ini disebabkan oleh infeksi dari debu dan juga polutan yang masuk ke dalam saluran pernapasan.
5. Mencegah kanker
Salah satu manfaat anggur hitam untuk kesehatan adalah dapat mencegah muncul dan berkembangnya sel kanker. Salah satu kanker yang dapat dicegah oleh anggur hitam adalah kanker payudara.
6. Anti bakteri
Anggur hitam juga memiliki manfaat yang sangat baik sebagai anti bakteri. Dengan mengkonsumsi anggur hitam, maka bakteri yang akan masuk ke dalam tubuh dapat dicegah. Selain itu, anggur hitam juga dapat membantu membunuh bakteri di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan penyakit.
7. Baik untuk kesehatan ginjal
Anggur hitam juga baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi anggur hitam, maka kesehatan ginjal akan lebih sehat dan juga dapat berfungsi secara optimal.
8. Dapat meredakan gejala asam urat
Bagi yang sering mengalami gejala asam urat, seperti rasa sakit dan juga nyeri berlebih pada bagian persendian, maka cobalah untuk mengkonsumsi anggur hitam. Kandungan vitamin dan juga mineral yang terkandung pada anggur hitam dapat membantu meredakan dan juga menghilangkan gejala-gejala asam urat.
9. Baik untuk kesehatan pencernaan
Manfaat anggur hitam juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Ditambah dengan kadar air yang juga tinggi. Maka anggur hitam sangatlah baik dan  penting untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah terjadinya gangguan pencernaan seperti sembelit, wasir, diare dan sulit buang air besar.
10. Meningkatkan daya tahan tubuh
Vitamin C dan juga natioksidan yang terkandung di dalam semua keluarga buah anggur, tak terkecuali anggur hitam memberikan peranan yang sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan juga dapat mencegah tubuh terserang berbagai macam penyakit yang menyerang daya tahan tubuh.
11. Sebagai antioksidan yang baik
Kelebihan dan juga manfaat lainnya dari anggur hitam adalah dapat menjadi salah satu buah yang memiliki antioksidan yang baik untuk tubuh. antioksidan dapat menangkal radikal bebas, yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker, dan juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini.
12. Menyembuhkan sariawan
Manfaat penting lainnya dari anggur hitam adalah dapat mencegah dan juga mengobati sariawan.
13. Menyegarkan tubuh
Kandungan air dan juga sedikit rasa asam dari manfaat anggur hitam sangat efektif untuk membantu menyegarkan tubuh. Rasa asamnya dapat membuat tubuh yang mengantuk menjadi segar kembali, dan dapat melanjutkan aktivitas secara optimal.
14. Mencegah anemia
Anggur hitam juga memilki kandungan zat besi. Kandungan zat besi ini sangat baik untuk mencegah terjadinya gejala anemia. Gejala-gejala anemia tersebut adalah tubuh yang mudah merasa lelah dan juga lemas, pusing, sakit kepala dan juga mudah terserang penyakit serta mudah merasa ngantuk.
15. Memperlancar peredaran darah
Selain dapat mencegah gejala-gejala anemia, zat besi yang terkandung pada anggur hitam juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk memperlancar peredaran darah.
16. Dapat mencegah serangan jantung
Kandungan oksida nitrat pada anggur hitam juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk melindungi kesehatan jantung, dan juga dapat mencegah terjadinya serangan jantung. Selain itu, dengan bertambah lancarnya peredaran darah, anggur hitam juga dapat mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah.
17. Mengurangi kadar gula dalam darah
Anggur hitam memiliki manfaat yang sangat baik bagi anda yang menerita diabetes. Hal ini dikarenakan anggur hitam mampu untuk mengurangi kadar gula di dalam darah, sehingga aman dan sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.
18. Menjaga kesehatan kulit
Anggur hitam memiliki berbagai macam kandungan vitamin dan juga mineral, yang baik untuk menjaga kesehatan kulit anda. hal ini dapat mencegah munculnya gangguan kesehatan pada kulit, seperti kulit kering dan kasar, serta dapat mengangkat sel – sel kulit mati.
19. Baik untuk menjaga jam tidur dan mencegah insomnia
Anggur memiliki kandungan senyawa yang dapat membantu kita untuk tidur sesuai dengan jam biologis. Hal ini tentu saja dapat mencegah terjadinya insomnia atau sulit tidur bagi sebagian orang.
20. Baik untuk menjaga kesehatan mata
Manfaat anggur hitam untuk kesehatan kaya akan vitamin A. Manfaat penting dari vitamin A adalah untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini juga dapat mencegah terjadinya berbagai gangguan kesehatan pada mata, seperti rabun dan juga katarak.

2. Apel Merah Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

   Anda pastinya pernah mendengar cerita Cinderella yang memakan buah apel merah pemberian seorang nenek kemudian jatuh pingsan. Jangan lah Anda percaya bahwa buah apel itu beracun setelah mengetahui cerita tersebut. Justru, apel merah tersebut sangat sehat dan sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Apel adalah buah yang dihasilkan dari pohon buah apel.
   Apel yang matang biasanya bewarna hijau, kuning, atau merah. Apel merah lebih sering dikonsumsi karena rasanya yang lebih manis dibandingkan apel hijau dan kuning.Apel merah biasanya langsung dimakan tanpa dimasak. Tentunya, buah-buahan seperti apel mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh. Bagi Anda yang penasaran, berikut adalah 12 manfaat apel merah.
  1. Mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh. Apel merah menyimpan banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Nutrisi tersebut yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, serat, fitonutrien dan mineral. Tak heran banyak orang menyukai apel sebagai makanan pencuci mulut yang menyehatkan.
  2. Kulit Sehat dan Terawat. Bagi para wanita, memiliki kulit sehat merupakan sebuah impian. Apel merah sangat baik untuk dikonsumsi karena vitamin C pada apel merah dapat menjaga kulit menjadi sehat, terawat dan lebih bercahaya secara alami.
  3. Menambah Energi. Lelah setelah beraktivitas sehari penuh ataupun berolahraga? Buah apel merah yang segar bisa menjadi penghilang rasa lelah dan letih serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
  4. Menurunkan kadar kolesterol. Apel merah berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Seseorang yang mengkonsumsi apel 2 kali sehari dapat menurunkan kolesterol jahat sebanyak 16%.
  5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh. Saat pancaroba, sistem kekebalan tubuh seseorang menurun. Akibatnya, Anda tidak bisa melakukan aktivitas secara optimal. Jika Anda mengkonsumsi buah apel merah setiap hari, Anda akan terbebas dari penyakit karena antioksidan pada buah apel merah sehingga badan Anda selalu sehat dan terasa bugar.
  6. Mengurangi resiko penyakit diabetes. Hampir semua orang suka makanan manis. Tetapi ada sebagian orang yang tidak bisa mengkonsumsi makanan berbahan gula lebih banyak dikarenakan mereka memliki resiko penyakit diabetes. Apel merah dapat menjadi cemilan manis yang sangat cocok bagi para penderita diabetes.
  7. Melancarkan pencernaan. Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh, khususnya pencernaan. Serat dapat ditemukan pada kulit buah apel merah dan dipercaya untuk melancarkan pencernaan dan dapat terhindar dari gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit.
  8. Penglihatan lebih jelas dan jernih. Apel merah mengandung vitamin A dan antioksidan yang sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit katarak. Anda dapat menmakannya setiap hari untuk membuat penglihatan terasa lebih jelas dan jernih.
  9. Obat Diet Alami. Seringkali banyak wanita tidak mau tubuhnya gendut sehingga mereka harus mencari cara untuk menurunkan badannya. Mengkonsumsi apel merah secara rutin dapat menjadi cara yang sehat dan alami untuk diet.
  10. Obat Kesehatan Gigi. Bagi para penikmat kopi dan pennggemar makanan manis, apel merah sangat direkomendasikan perihal menjaga kesehatan gigi. Apel merah memiliki asam alami, senyawa astrigen, dan serat menjadikan buah apel merah sebagai makanan yang ideal untuk membersihkan dan memutihkan gigi, terutama untuk gigi keropos.
  11. Mencegah Penyakit Kanker. Kulit buah apel merah juga mengandung antioksidan yang disebut quercetin yang cukup tinggi sehingga dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker, terutama kanker payudara dan kanker usus besar.
  12. Mencegah Penyakit Alzheimer. Manfaat apel merah juga dapat mencegah penuaan otak jika dikonsumsi secara teratur.
   Selain rasanya manis, renyah, dan segar, apel merah juga banyak memiliki khasiat. Apel merah lebih baik dikonsumsi mentah tanpa dimasak agar nutrisi yang dikandungnya tetap terjaga.Banyak orang yang memakan apel merah dengan cara dikupas kulitnya terlebih dahulu, padahal setelah diteliti oleh pakar terkemuka, kulit apel merah mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Bila Anda berbelanja ke pasar atau supermarket, sempatkanlah untuk membeli apel merah dan cantumkanlah apel merah pada daftar menu pencuci mulut Anda. Sudahkah Anda makan apel hari ini? 

3. Strawberry Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Stroberi liar telah populer sejak zaman Romawi kuno dan digunakan untuk berbagai tujuan pengobatan seperti mengurangi peradangan, demam, batu ginjal, bau mulut, asam urat dan banyak lagi. Berikut ini beberapa khasiat strawberty bagi kesehatan, dalam berbagai penelitian (medicalnewstoday.Com, What are the health benefits of strawberries?, diakses 19 November 2014)) :
1. Mencegah Hipertensi
Tidak hanya manfaat pisang yang mengandung kalium dalam jumlah yang tinggi, tapi strawberry juga sangat  disarankan untuk penderita tekanan darah tinggi, dengan meniadakan efek natrium dalam tubuh. Asupan kalium yang rendah sama halnya dengan mengembangkan faktor risiko tekanan darah tinggi. Menurut Survei Kesehatan dan Gizi Ujian Nasional, kurang dari 2% orang dewasa di AS memenuhi rekomendasi kaliaum harian sebanyak  4700 mg.
2. Alergi dan Asma
Mengkonsumsi stroberi akan memberikan efek anti inflamasi dari quercetin. Stroberi dapat membantu meringankan gejala alergi termasuk hidung meler, mata berair dan gatal-gatal, meskipun belum ada penelitian pada manusia dilakukan untuk membuktikan theory. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa kasus asma terjadi lebih rendah dengan asupan tinggi nutrisi tertentu, seperti vitamin C.
3. Mengatur Gula Darah
Stroberi memiliki indeks glikemik yang rendah indeks glikemik dan tinggi serat, yang membantu mengatur gula darah agar tetap stabil untuk menghindari peningkatan atau penurunan kadar gula yang ekstrim. Para peneliti baru-baru ini menemukan bahwa makan sekitar 37 stroberi dalam sehari, secara signifikan dapat mengurangi komplikasi diabetes seperti penyakit ginjal dan neuropati. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa fisetin, flavonoid mendukung kelangsungan hidup neuron tubuh, bersamaan dengan pencegahan komplikasi kedua ginjal.
4. Melancarkan Pencernaan
Makan makanan yang memiliki kandungan air yang tinggi dan diperkaya serat seperti yang ditemui pada Strawberry ini, dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan zat sisa makanan menjadi lebih mudah. Serat ini yang sangat penting untuk meminimalkan masalah sembelit dan melancarkan buang air besar.
5. Mengatasi Stroke
Antioksidan quercetin, kaempferol, dan antosianin semuanya telah terbukti mengurangi pembekuan darah yang berbahaya terkait dengan stroke. Kalium yang juga telah banyak dikaitkan dengan penurunan resiko stroke.
6. Pencegahan Kanker
Seperti disebutkan di atas, stroberi mengandung antioksidan kuat yang bekerja melawan radikal bebas, menghambat pertumbuhan tumor dan mengurangi peradangan dalam tubuh.
Manfaat Berdasarkan kandungan gizinya
Berdasarkan kandungan gizinya, strawberry memiliki banyak manfaat, terutama dengan kandungan vitamin C yang sangat berlimpah dari buah ini. Berikut adalah manfaat dari kandungan gizinya.

Manfaat Vitamin C
  1. Melawan sel kanker
  2. Memperbaiki jaringan kulit
  3. Meningkatkan mood
  4. Mencegah serangan jantung
  5. Mencegah hipertensi
  6. Meningkatkan kesehatan mata
  7. Mengurangi komplikasi pilek
  8. Mencegah stroke
  9. Mencegah penuaan dini
  10. Mencegah sariawan
  11. Mengurangi panas dalam
Manfaat Vitamin A
  1. Membersihkan darah
  2. Melindungi kesehatan rongga hidung
  3. Melancarkan fungsi reproduksi pria
  4. Menyehatkan fungsi idung telur pada wanita
  5. Memperkuat Plasenta bayi
  6. Menjaga kesehatan janin
  7. Sumber antioksidan
  8. Menjaga kekebalan tubuh
  9. Mata yang lebih sehat
  10. Pertumbuhan sel
Manfaat Zat Besi
  1. Membawa oksigen ke seluruh tubuh
  2. Mencegah anemia
  3. Pengatur suhu tubuh
  4. Membantu sistem saraf
  5. Meningkatkan fungsi otak
  6. Menjaga fungsi otot
  7. Membantu metabolisme
  8. Baik bagi ibu hamil
  9. Menyehatkan janin
Manfaat Kalsium

  1. Meningkatkan postur tubuh
  2. Mencegah osteoporosis
  3. Membantu pembekuan darah
  4. Membakar lemak
  5. Memperkuat gigi
  6. Menjaga tekanan darah
  7. Membantu memperkuat otot jantung
  8. Mencegah batu ginjal
  9. Mencegah darah tinggi
  10. Memproduksi enzim
  11.  
Risiko Kesehatan Buah Strawberry
“Environmental Working Group” merekomendasikan daftar buah-buahan dan sayuran setiap tahun, yang mengandung tingkat residu pestisida tertinggi, yang dikenal sebagai Dirty Dozen. Stroberi termasuk ke dalam salah satu daftar bahan makanan tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa, membeli buah versi organik akan lebih baik, untuk memastikan resiko pestisida yang lebih rendah.
Beta blocker merupakan jenis obat yang paling sering diresepkan untuk penderita penyakit jantung, yang berfungsi meningkatkan kadar kalium dalam darah. Makanan yang tinggi kalium harus dikonsumsi dalam jumlah sedang saat mengkonsumsi obat beta blocker.
Mengkonsumsi jenis makanan yang terlalu banyak mengandung  kalium, dapat berbahaya bagi orang yang mengalami gangguan fungsi ginjal. Bila ginjal tidak mampu mengeluarkan kelebihan kalium dalam darah, hal ini bisa berakibat fatal.

Sumber Referensi : Manfaat.Co.Id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.