"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Minggu, 28 Agustus 2016

NERAKA BUMI : KOMIK LEGENDARIS BERNUANSA PETUALANGAN DI ALAM LIAR

    Komik Strom dan Trigan adalah dua buah komik legendaris yang tiada tandingannya sampai kini. Dalam arti Ilustrasinya yang begitu bagus, detail dan sangat naturalis dengan gradasi warna gelap dan terang yang begitu mengagumkan. Sulit rasanya ilustator komikus sekarang yang mampu menyamai komik Strom dan Trigan. Don Lawrence adalah ilustrator kedua komik ini, karya-karyanya begitu melagenda sejak dibuat tahun 1970 an dan diterjemahkan kedalam beberapa bahasa di dunia. Don Lawrence adalah ilustrator komik kelahiran Inggris yang begitu berpengaruh dan disegani di daratan Eropa. Nama lengkapnya adalah Donald Southam Lawrence, dilahirkan di Inggris pada tanggal 17 Nopember 1928 dan meninggal dunia pada tanggal 29 Desember 2003. Pada tahun 1980 Don Lawrence dianugrahi oleh Society of Illustration Lifetime Achievement Award, sedangkan oleh kerajaan Inggris diangkat sebagai a Knight of the Order of Oranye Nassau di tahun 2003.
    Goresan tangan Don Lawrence begitu khas dengan detail nuansa suraliasme dan naturalisme yang begitu kental . Bagi yang sudah pernah membaca komik karya Don Lawrence pasti akan dibuat kagum dan terpesona dengan landscape yang tidak biasa. Buat saya Don Lawrence juga adalah inspirasi membuat komik dengan pewarnaan dan detail gambar yang mengagumkan, namun Komik yang pernah saya buat dengan mencoba mengikuti goresan Don Lawrence masih jauh dari harapan karena dua Cergam saya Setangkai Edelweis  (1986) dan Kelompok Tengkorak Merah (1985) yang saya buat semasa SMA dengan menggunakan media Cat air detailnya masih agak kasar. Namun nuansa Adventure atau petualangan di alam liar memiliki kemiripan antara komik yang saya buat dengan komik Strom Don Lawrence berjudul Neraka Bumi. Buat saya Don Lawrence tetap menjadi idola saya dan bagian masa lalu saya sebelum hijrah meninggalkan hobi melukis dan menulis lagu yang saya tinggalkan sejak 26 tahun yang lalu. Saat ini Murid SMPN 29 Ribka Novita Sari yang juara 1 Cipta lagu tingkat Kotamadya/Provinsi , dan Nihlah yang juara 1 membuat komik tingkat Kotamadya/Provinsi DKI Jakarta membuat kebanggaan sendiri buat SMPN 29 Jakarta, khususnya saya pribadi seolah melanjutkan bakat-bakat dan potensi terpendam yang mestinya disalurkan dan dikembangkan untuk bekal di masa depan.
    Berikut ini Sampel Komik Neraka Bumi karya Don Lawrence salah satu seri Komik Strom yang paling legendaris dan menjadi inspirasi saya membuat cergam di masa lalu.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.