"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Rabu, 16 November 2011

KAMBING : HEWAN TERNAK PEMAKAN DEDAUNAN

    Kambing adalah kelompok hewan pemakan dedaunan pada semak dan pohon rendah yang termasuk marga Capra, subfamili Caprinae, dan famili Bovidae. Kuku kambing berjumlah dua, karena itu kambing termasuk dalam ordo Artiodactyla (hewan berkuku genap) yang berjalan dengan cara bertumpu menggunakan ujung kakinya. Kambing dipelihara manusia karena bernilai ekonomis.
    Kambing merupakan hewan berdarah panas dengan suhu tubuh antara 38,5o - 39,5o C. Sama seperti domba dan hewan pemamah biak lainnya, kambing juga memiliki lambung kompleks yang terdiri dari empat bagian. 
 Kambing Ettawa
 Lambung Kompleks
    Lambung pertama rumen bertugas menerima makanan yang masuk melalui mulut yang telah bercampur dengan air liur. Di sini makanan dihancurkan dengan bantuan kerja bakteri. Makanan kemudian masuk ke dalam lambung ke dua yaitu retikulum. Di dalam retikulum makanan dilembutkan hingga berbentuk seperti pelet. Setelah selesai makan, kambing akan berbaring dan mengunyah kembali pelet yang berasal dari retikulum di dalam mulutnya sampai makanan itu hancur. Ini berlangsung sektar satu jam. Setelah itu makanan masuk ke dalam lambung ke tiga yaitu Omasum. Makanan diteruskan ke dalam lambung keempat yaitu abomasum. Dari sini makanan masuk ke dalam usus halus.

Kambing kacang
Kambing Domestik (Capra hircus)
    Kambing domestik (piaraan) merupakan keturunan kambing pasang (Capra aegagrus) atau kambing liar Turki. Kambing jantan memiliki janggut di dagunya dan terkadang ditemukan pula pada betinanya. Kambing domestik berekor pendek dan bengkok. Tubuhnya ditutupi oleh bulu yang lurus tetapi adapula yang seperti wol pada lapisan bawahnya. 

Kambing Jawa
    Di Indonesia terdapat dua jenis kambing domestik, yaitu kambing lokal dan kambing impor. Kambing lokal disebut juga kambing kacang atau kambing jawa. Kambing kacang terdapat hampir di semua wilayah Indonesia, karena merupakan kambing asli Indonesia. Meskipun berbadan kecil, kambing kacang kuat, lincah dan mudah beradaptasi. Kambing kacang juga merupakan tipe hewan ternak pekarangan. Bobot pejantan dewasa kurang dari 35 kg, sedangkan betinanya 30 kg. 
Reproduksi kambing
    Adapun kambing impor antara lain adalah kambing ettawa (jamnapari) dari India. Kambing ettawa merupakan kambing perah yang didatangkan ke Indonesia pada tahun 1955. Postur tubuhnya besar, daun telinganya panjang, dan tingginya 72-90 cm.Persilangan kambing ettawa dengan kambing kacang menghasilkan kambing PE (peranakan ettawa). Kambing PE lebih banyak dimanfaatkan karena dagingnya sama seperti kambing lainnya yang dipelihara sebagai penghasil daging, padahal susu kambing ini bermanfaat banyak, tidak hanya untuk minuman tapi juga untuk pembuatan berbagai jenis makanan. Kambing angora dipelihara sebagai penghasil mohair yang mirip wol, tetapi lebih lembut seperti sutera, mengkilap, dan mudah diwarnai. Mohair digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian.
Kawanan kambing memanjat pohon
Kiss Ghoat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.