"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Jumat, 13 April 2018

HARI BUMI SEDUNIA 2018

  
     Apa itu Hari Bumi? Banyak yang belum tahu tentang peringatan Hari Bumi Sedunia terutama di Indonesia. Hanya sebatas kalangan tertentu saja yang tahu. Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dilaksanakan pada setiap tahun  tanggal 22 April dan diperingati secara internasional.
    Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. Tanggal ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur di belahan Bumi selatan. PBB sendiri merayakan hari Bumi pada 20 Maret sebuah tradisi yang dicanangkan aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969, adalah hari di mana matahari tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret.
Kini hari bumi diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network).
   Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi. Hari bumi kebanyakan hanya diketahui dan diperingati oleh para aktifis peduli lingkungan di seluruh dunia.
   Di lain pihak, peringatan hari Bumi sedunia sering dianggap sebagai ajang berkumpulnya para aktivis lingkungan namun minim tindak lanjut secara nyata di lapangan. Saat ini berbagai kerusakan lingkungan hidup di bumi telah menyebabkan penurunan kualitas lingkungan hidup.
Serta mengakibatkan terjadinya berbagai bencana alam seperti longsor, banjir, angin topan, kekeringan, krisis air bersih dan kebakaran hutan. Seperti yang sering kita saksikan dan banyak terjadi di berbagai tempat di dalam maupun di luar negeri.
    Kerusakan lingkungan ini kebanyakan disebabkan oleh perbuatan manusia itu sendiri dan dampak negatifnya pun akan dirasakan oleh manusia juga. Kesadaran masyarakat cenderung menurun untuk menjaga, merawat, serta melestarikan lingkungan hidup. 
   Upaya untuk melestarikan lingkungan hidup tidak hanya tanggung jawab perorangan saja, akan tetapi tanggung jawab dari semua pihak yang hidup di bumi ini.

Manfaat Dan Tujuan Peringatan Hari Bumi
   Tujuan di peringatinya Hari Bumi itu sendiri untuk menilmbulkan kesadaran untuk melestarikan lingkungan hidup. Hal ini tidak terlepas dari kesadaran sosial yang dapat ditumbuhkan melalui penyuluhan atau pemberian informasi yang lengkap tentang pelestarian lingkungan kepada masayarakat umum. 
   Selain itu, perubahan iklim di bumi sangat sulit untuk dicegah meskipun berbagai upaya antisipasi dan pencegahan telah banyak dilakukan. Keadaan ini memaksa manusia untuk dapat beradaptasi dengan perubahan iklim tersebut.
   Hari Bumi juga bertujuan mengubah mensed dan perilaku manusia yang merusak lingkungan/alam menjadi perilaku yang selalu cinta dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya.
   Dengan adanya peringatan hari bumi, Bumi akan menjadi terjaga dari kerusahakan lingkungan yang tidak kita inginkan, bisa juga untuk media mengingatkan kepada semua manusia bahwa pentingnya menjaga Bumi tempat kita berpinjak.

   Supaya bumi ini terpelihara menjadi tempat yang indah sebagai pesona wisata alam dan masih banyak lagi manfaat dan tujuan di peringatinya Hari Bumi Sedunia. Karena Menjaga Bumi adalah kewajiban kita bersama.
    Hari bumi bukan diperingati hanya dalam sekala nasional berita hari ini international juga sedang hangat memperingati hari bumi. Agar bisa ambil bagian dalam rangka memperingati hari bumi berikut Tips-tips yang bisa anda lakukan untuk merayakannya. 
Pertama hal yang paling penting yang dapat anda lakukan adalah mendidik diri sendiri mengenai bumi. Anda tidak dapat beraksi dan tidak dapat mengajak orang lain untuk beraksi sampai anda memahami terlebih dahulu semua faktanya. Jadi sisihkan waktu untuk melakukan riset terhadap masalah seperti pemanasan global, daur ulang, konsumsi energi, dll. Setelah anda mendidik diri anda bisa katakan atau  mengagajak teman, rekan kerja, anggota keluarga atau bahkan orang asing untuk lebih peduli diantara sesama, ini adalah cara luar biasa untuk memperingati Hari Bumi dan menyebarkan gerakan hidup ramah lingkungan.
    Anda bisa juga dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat lainnya, salah satunya untuk menjaga bumi agar tetap bersih adalah dengan cara melakukan kegiatan Daur ulang. Kegiatan Daur ulang akan menurunkan jumlah sampah di tempat sampah yang memenuhi serta akan dapat menurunkan emisi karbon melalui pengurangan emisi manufaktur dan kendaraan.
   Kita memerlukan pemerintah untuk membuat undang-undang agar bisa merubah kegiatan bisnis agar bisa lebih ramah lingkungan serta bisa mendanai pembangunan proyek energi ramah lingkungan. Untuk mencapai hal ini, kita perlu memilih politisi yang bisa memberi dukungan serta bisa memberi tekanan terhadap agenda yang sangat penting ini. 

Penyebab utama pemanasan global
   Emisi karbon dari kendaraan adalah salah satu penyebab utama pemanasan global. Gantikan mengemudi mobil dengan berjalan kaki, bersepeda, dan memakai transportasi massal. Kegiatan tersebut selain menyehatkan badan juga bisa melindungi bumi ini menjadi bebas dari berbagai macam polusi kendaraan khususnya.
   Bisa juga di rumah kita dengan cara berhemat yaitu seperti menghemat listrik. Seperti mematikan lampu yang tidak diperlukan, komputer, TV dan peralatan elektronik lain jika tak digunakan. Sepertinya hal ini mudah. Namun susah untuk mengaplikasikannya jika tidak dibiasakan. Cara ini terbukti efektif untuk menjaga energi listrik yang dihasilkan dari sumber daya alam yang ada dibumi.
Saat ini juga kita tahu Kebutuhan akan air bersih semakin hari semakin meningkat. Jadi Hematlah air seperti saat mandi, membersihkan toilet dan mencuci pakaian. Matikan keran saat air tersebut sudah tidak digunakan lagi. Begitulah tips-tips cara merayakan hari bumi yang baik. Dengan melakukan hal-hal kecil namun memiliki dampak yang besar. Bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia di Bumi yang kita tempat saat ini.
Sumber Referensi : Wikipedia Indonesia, Www.Traveluxion.Web.Id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.