"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Rabu, 25 November 2015

REPTILIA INDONESIA, LANGKA DAN TERANCAM PUNAH

   Ada beberapa jenis Reptilia Indonesia yang terancam punah diantaranya adalah spesies Penyu, Jenis reptilia yang hidup didua alam namun banyak menghabiskan waktu di laut. Dari 5 spesies Penyu yang ditemukan di Indonesia yaitu Penyu Hijau, Penyu Sisik, Penyu Belimbing, Penyu Lekang dan Penyu tempayan : Penyu Sisik dan Penyu Belimbing paling terancam kelestariannya. Populasinya sedikit dan terancam punah demikian pula penyu Hijau semakin sedikit populasinya karena diburu dan dikonsumsi daging dan telurnya. Walaupun masa hidup penyu cukup lama lebih dari 100 tahun namun keberadannya terancam , dari ratusan tukik yang menetas hanya 1 yang bertahan sampai usia dewasa . Pemerintah dalam hal ini Instasni terkait dengan lingkungan hidup harus bekerja keras menjaga kelestarian penyu-penyu ini dari ancaman kepunahan.
   Biawak, adalah jenis reptil kedua yang perlu dijaga kelangsungan hidupnya. Dari puluhan jenis biawak di Indonesia, Biawak Komodo adalah yang terbesar dan menjadi ikon Hewan endemik asli Indonesia yang hanya dapat ditemukan di P.Komodo, P.Rinca, P.Padar dan P.Flores bagian barat. Spesies ini adalah salah satu reptil purba dan fosil hidup yang dimiliki Indonesia serta menjadi kebanggaan bangsa Indonesia maka perlu dijaga kelestariannya.
   Buaya adalah Reptilia berdarah panas dan berbahaya terutama Buaya Muara : Buaya terbesar yang dimiliki Indonesia. Jenis Buaya lainnya yang ditemukan di Indonesia adalah Buaya air tawar Jawa, Buaya Senyulong, Buaya air tawar Papua, Buaya Mindoro, Buaya Siam, Buaya Sahul dan Buaya Kalimantan. Seluruhnya ada 7 spesies Buaya yang ditemukan di perairan Indonesia. Keberadaannya terancam karena spesie ini tetap diburu untuk diambil kulit atau dagingnya. Namun upaya perkembangbiakan Buaya melalui penangkaran cukup berhasil dan dapat memberi harapan akan kelestarian spesies ini di Indonesia.
   Berikut ini disajikan galery foto jenis reptil yang ditemukan di Indonesia.
Buaya Sinyulong
Biawak Air
Biawak Biru
Biawak Pohon
Biawak Komodo
Biawak Papua
Buaya Muara
Buaya Mindoro
Buaya Siam
Bunglon Pohon
Biawak Sungai
Kadal Kebun
Kadal Kebun Maby
Kadal Lidah Biru
Kadal Bengkarung
Kadal Lokal
Londok
Tokek Ekor Daun
Tokek pohon
Penyu Belimbing
Penyu Lekang
Penyu Pipih
Penyu Tempayan
Penyu Hijau
Penyu Sisik
Bunglon Pohon
Tukik Penyu Belimbing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.