"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Sabtu, 28 November 2015

BURUNG ELANG YANG LANGKA DAN BURUNG EKSOTIS INDONESIA LAINNYA

    Burung Elang termasuk burung pemangsa (Predator/Carnivora) yang memangsa hewan hewan kecil lainnya termasuk Ular, Tikus, unggas, kelinci, tupai, katak, ikan dan beberapa macam serangga. Penampilannya gagah dan Usianya bisa mencapai lebih dari seratus tahun. Untuk mencapai usia itu Elang memang harus menyakiti diri karena harus mematahkan paruhnya yang sudah mulai tumpul di batu-batu cadas gunung, mematahkan kuku-kuku jari kakinya yang panjang termasuk mengganti bulu-bulunya dengan merontokkan bulunya yang sudah mulai tebal sehingga Burung ini bisa kembali tampil muda dan terbang bebas lagi di angkasa. Bangsa Indonesia menjadikan Burung Elang sebagai lambang negara melalui maskot Burung garuda yang membawa Ideologi negara Pancasila digantung dilehernya yang kokoh.
   Saat ini Burung Elang termasuk burung yang langka dan dilindungi Undang-Undang, terutama Elang Jawa yang populasinya semakin terancam di alam bebas. Keberadaanya di Taman-Taman Nasional sudah mulai jarang terlihat, apalagi Pulau Jawa wilayah hutan yang tersisa semakin sempit lebih didominasi lahan pertanian dan pemukiman yang padat. Burung Elang Jawa juga menjadi inspirasi saya dalam melambangkan ketabahan menghadapi hidup, karena terbukti hewan ini tahan uji dan gigih dalam mempertahankan hidupnya, termasuk dari ancaman oknum-oknum pemburu dan perusak alam yang selalu mengincarnya. Lagu Elang Jantan Yang terluka yang sempat saya tulis di TN.G.Halimun-Salak menceritakan daya tahan Burung ini menghadapi ujian dan alam yang keras, tidak mudah putus asa dalam mengarungi hidup.
   Berikut ini kami tampilkan beberapa jenis burung Elang di Indonesia dan juga Burung Elang negara bersuhu dingin yang bermigrasi ke Indonesia untuk menghindari musim dingin di negara asalnya juga, termasuk jenis burung Eksotis lainnya yaitu Burung Cendrawasih yang dapat ditemukan di wilayah Timur Indonesia yaitu Maluku dan Papua. Mudah-mudahan Foto-foto Burung ini makin menambah kecintaan kita pada kekayaan alam Indonesia sehingga generasi muda ikut tergerak untuk menjaga, melindungi dan melestarikannya.
Burung Bondol Haji
Burung Brallyidae Porphyrio
Burung Sriti
Burung Serindit Jawa
Burung Cendrawasih Biru
Burung Cendrawasih Raja
Burung cendrawasih Kuning Kecil
Burung Cendrawasih Merah
Burung Cendrawasih Panji
Burung Cendrawasih Regiana
Burung Cici Merah
Burung Cinenen Kelabu
Burung Cendrawasih Panji
Burung Elang Dada Merah
Burung Elang Bahu Coklat Papua
Burung Elang Ekor Totol Sulawesi
Burung Elang Kelabu Nusa Tenggara
Burung Elang Mantel Hitam Papua
Burung Elang Nippon yang bermigrasi ke Indonesia dimusim dingin
Burung Elang Jambul Jawa-Sumatera
Burung Elang Brontok
Burung Elang Flores
Burung Elang Jawa
Burung Elang Maluku
Burung Elang Coklat Sulawesi
Burung Elang Sulawesi
Burung Gelatik Jawa
Burung gelatik Timor
Burung Kucican Kampung
Burung Love Bird
Burung Luntur Jawa
Burung Madi Perut Hijau
Burung Merpati Hutan
Burung Opior Kalimantan
Burung Pergam Hijau
Burung Perkutut
Burung Perling Ungu
Burung Pipit
Burung Prenjak Jawa
Burung Rangkong Badak
Burung Sirpu
Burung Tekukur Jawa
Burung Walet
Burung Wergan Jawa
Burung Yuhina Kalimantan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.